Menginspirasi, Orang Tua di Jepang Punya Cara Unik Mendisiplinkan Anak Mereka

Family | Jumat, 31 Juli 2020 07:37
Menginspirasi, Orang Tua di Jepang Punya Cara Unik Mendisiplinkan Anak Mereka

Reporter : Audila Rima Ndani

Cara mendisiplinkan anak ala orang tua di negara Jepang.

Setiap orang tua tentu wajib mendidik anak mereka dengan segala hal yang baik. Salah satunya adalah mengajarkan anak tentang kedisiplinan. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting karena kedisiplinan merupakan hal yang harus ditanamkan pada anak sejak kecil.

Sementara itu, orang tua di negara Jepang dikenal cukup baik dalam mendidik anak-anak mereka tentang kedisiplinan. Tentunya hal yang baik ini bisa menjadi inspirasi untuk kita lakukan di rumah saat mendidik anak.

Dilansir dari Savvytokyo, berikut beberapa cara yang dilakukan orang tua di Jepang untuk mendidik anak mereka tentang kedisiplinan.

2 dari 5 halaman

Membiarkan anak menangis

 Ilustrasi Anak MenangisIlustrasi Anak Menangis © shutterstock.com

Sikap anak yang tiba-tiba merengek dan menangis di depan umum tentunya sering kita temui di banyak kesempatan. Beberapa dari kita mungkin merasa hal itu adalah hal yang wajar meski agak sedikit terganggu. Orang tua biasanya akan berusaha menenangkan hingga memarahi anaknya agar berhenti menangis di tempat umum.

Tapi di Jepang saat anak mulai merengek, berteriak, hingga menangis di depan umum, orangtuanya akan membiarkannya begitu saja. Mereka terlihat nggak peduli saat anak mereka rewel di tempat umum.

3 dari 5 halaman

Mendisiplinkan anak secara pribadi

 Ilustrasi Ibu dan AnakIlustrasi Ibu dan Anak © 2020 https://www.PositiveParentingSolutions.com

Ternyata hal itu dilakukan karena kebanyakan orang Jepang memilih untuk mendisiplinkan anak mereka secara pribadi. Mereka nggak langsung memarahi anaknya di depan umum.

Orang tua di Jepang memilih untuk menunggu waktu yang tepat dan pribadi untuk berdiskusi dengan anak untuk mendisiplinkan mereka. Makanya jangan heran kalau di Jepang kita akan sering melihat orang tua dan anak berjongkok di balik pilar-pilar di stasiun kereta atau tepi taman. Mereka memberikan waktu khusus untuk mendisiplinkan anak-anak.

4 dari 5 halaman

Menjaga perasaan anak

 ilustrasi anak menangisilustrasi anak menangis © discoverypoint.ca

Mendisiplinkan anak secara pribadi ternyata dilakukan untuk menjaga perasaan anak. Saat dimarahi langsung oleh orang tua di depan umum, pasti kita akan merasa sedih dan malu. Makanya orang Jepang memutuskan untuk melakukannya di tempat yang sepi.

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk menjaga harga diri orang tua. Marah di depan umum tentu akan mengundang perhatian orang lain. Bisa aja orang yang melihat langsung menilai kita buruk sebagai orang tua karena memarahi anak.

5 dari 5 halaman

Menghukum perilaku, bukan anak

 ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Shutterstock

Kita tentunya sangat setuju dengan hal ini. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menghukum perilakunya, bukan anak kita.

Melatih kedisiplinan pada anak harusnya fokus pada mengajarkan anak untuk terbiasa melakukan hal yang baik dan memperbaiki sikap saat melakukan kesalahan. Anak harus dibiasakan memiliki rutinitas yang baik sejak dini agar menjadi disiplin.

Semoga cara ini bisa menginspirasi kamu ya!

Join Diadona.id