Mitos atau Fakta? Orang Tua Keras Justru Punya Anak dengan Sikap Lebih Baik

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 24 Maret 2020 06:00
Mitos atau Fakta? Orang Tua Keras Justru Punya Anak dengan Sikap Lebih Baik
Apa iya orang tua yang mendidik anakanya dengan keras justru bikin anak lebih baik?

Banyak mitos tentang parenting atau cara mengasuh anak yang tersebar di masyarakat. Beberapa orang percaya dengan hal itu dan mencoba menerapkannya secara langsung pada anak mereka dengan tujuan ingin membuat anak menjadi yang terbaik.

Salah satunya adalah mitos tentang orang tua dengan didikan keras yang katanya justru punya anak dengan sikap lebih baik. Mitos ini sering banget kita dengar di lingkungan kita. Hal itu lah yang kemudian membenarkan tindakan keras orang tua pada anak. Padahal dokter anak pun mengungkapkan bahwa mitos itu salah banget lho!

1 dari 3 halaman

via GIPHY

Dr. Aliza Pressman dan Dr. Blair Hammond menjawab dalam Tech Insider kalau mitos tentang orang tua yang mendidik anaknya dengan keras bisa membuat anak punya sikap lebih baik justru salah kaprah. Dr. Aliza mengatakan, saat orang tua bersikap otoriter dan selalu memaksakan pendapatnya ke anak, yang mereka dapat hanyalah seorang anak yang kaku dan takut sama orangtuanya sendiri. Jika hal itu terjadi, anak akan sangat takut untuk melanggar peraturan.

Selain itu, orang tua dengan sikap otoriter justru juga bisa membentuk anak yang luar biasa pembangkang dan malah sulit diatur. Hal itu biasanya dilakukan anak karena dia merasa nggak pernah punya kesempatan untuk bicara dan didengarkan.

2 dari 3 halaman

via GIPHY

Dr. Blair juga mengungkapkan bahwa nggak masalah saat orang tua ingin membuat anaknya menjadi disiplin, tetapi kita juga harus tahu batasannya agar anak merasa aman dan nyaman dengan orangtuanya sendiri.

Penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui cara yang lebih halus agar anak menjadi disiplin. Dr. Blair mengatakan bahwa akan lebih baik jika orang tua menggunakan pendekatan dengan cara mengobrol dan interaksi langsung dengan anak. Dengan begitu anak akan tahu bahwa orangtuanya mau mendengarkan mereka dan mulai terbuka tentang diri atau kesalahan yang mereka buat.

3 dari 3 halaman

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, entah itu anak atau orang tua sendiri. Sangat penting bagi setiap orang tua untuk menyadari hal ini agar mereka bisa lebih paham bagaimana menyikapi anak yang membuat kesalahan dan membantu mereka mengatasinya.

Bagaimana menurut kamu?

Beri Komentar