Mulai Kapan Mata Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?

Reporter : Riza Umami
Minggu, 17 Januari 2021 08:17
Mulai Kapan Mata Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?
Setelah lahir ternyata mata bayi tak bisa langsung melihat dengan jelas lho Mom.

Saat bayi baru lahir, ibu pasti udah gak sabar melihat si kecil bisa membuka matanya dengan lebar. Biasanya, bayi yang baru lahir baru bisa membuka matanya beberapa hari setelah lahir. Lantas, apakah si kecil sudah bisa melihat pada waktu tersebut?

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, bayi yang baru lahir ternyata belum bisa melihat dengan jelas. Si kecil hanya bisa mengenali cahaya, gerakan dan bentuk di sekitarnya yang ia tangkap melalui bola matanya. Pandangan bayi ternyata masih kabur.

ilustrasi bayi ngiler

1 dari 3 halaman

Jaraknya pun masih pendek yaitu antara 20-30 cm. Uniknya, jarak tersebut adalah jarak antara mata bayi dengan wajah ibu ketika sedang menyusu. Kondisi mata bayi yang demikian ini akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan setelah ia lahir ke dunia ini.

Bayi bisa bereaksi ketika ada cahaya dan ia sering menoleh ke jendela karena melihat ada sumber cahaya di sana. Saat seperti ini, mungkin ibu akan melihat bayi suka menerawang ke sana dan ke mari. Selain itu, bayi pun belum bisa membedakan warna-warna yang ada di sekitarnya. Pandangannya hanya hitam dan putih.

ilustrasi bayi merangkak © Diadona

2 dari 3 halaman

Bayi yang berusia 1-2 bulan, sudah mulai bisa memfokuskan matanya. Dekatkanlah wajah ibu saat berbicara dengan si kecil karena matanya belum bisa melihat jarak yang jauh. Bayi pun sudah bisa membedakan warna meski dia cenderung lebih tertarik pada warna hitam putih.

Ketika bayi berusia 4-5 bulan, matanya bisa melihat lebih jauh. Gerakan tangannya pun jadi lebih baik sehingga si kecil mungkin akan mencoba menggapai benda-benda yang ada di sekitarnya. Saat usianya 5 bulan, matanya pun bisa mengenali objek yang lebih kecil lagi.

Ilustrasi Bayi © Diadona

3 dari 3 halaman

Saat memasuki usia 8 bulan, kemampuan anak untuk melihat sudah mendekati normal. Si kecil pun sudah bisa mengenali objek yang letaknya lebih jauh di dalam ruangan tempatnya berada. Kemudian di usia 9 bulan, dia sudah bisa melihat benda-benda yang lebih kecil di lantai seperti remahan makanan.

Si kecil di usia 1 tahun, sudah bisa mengenali orang yang dilihatnya dalam jarak tertentu. Bayi pun sudah bisa membedakan jauh dan dekat dan dia pun jadi lebih aktif mengeksplorasi sekitarnya. Itulah ulasan mengenai kapan mata bayi sudah bisa melihat. Semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar