Musim Hujan, 5 Aktivitas Menyenangkan Dalam Ruangan ini Bisa Membuat Anak Berpikir Cerdas Loh

Family | Rabu, 24 November 2021 15:20

Reporter : Kurnia

Wah, bersenang-senang sekaligus belajar di dalam rumah nih Moms

Memang bisa ya?

Bisa dong. Di jaman yang serba digital ini tidak semua permainan yang menyenangkan ada di dalam genggaman.

Moms bisa mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain bersama di dalam ruangan selama musim hujan berlangsung loh. Selain aman untuk tetap menjaga kesehatan anak-anak, belajar dan bermain bersama anak di rumah selama musim hujan ini juga bisa membantu otak si kecil berputar lebih cepat.

Musim Hujan, 5 Aktivitas Menyenangkan Dalam Ruangan ini Bisa Membuat Anak Berpikir Cerdas Loh
2 dari 6 halaman

Gimana caranya? Nggak perlu bingung dan khawatir, beberapa permainan dan kegiatan menyenangkan berikut ini bisa jadi pilihan Moms di rumah loh.

Seperti dikutip dari laman familyeducation.com, ini loh aktivitas menyenangkan yang bisa Moms pilih sebagai alternative bermain anak. Jadi, Moms nggak perlu khawatir lagi dengan kesehatan si kecil selama musim hujan akhir tahun.

3 dari 6 halaman

Membuat kontes pesawat kertas

Anak bermain dengan orang tuanyaAnak bermain dengan orang tuanya © twitter.com / @universalxpics

Mengajak anak-anak yang cukup besar untuk merancang pesawat kertas mereka sendiri, dan kemudian bersaing untuk melihat desain siapa yang mampu terbang paling jauh adalah kontes menyenangkan yang bisa dilakukan bersama di dalam rumah selama musim hujan. 

Anak-anak harus menguji keterampilan sains, teknologi, teknik, dan matematika yang juga akan membuat otak anak-anak berputar sedikit keras. Sedikit rasa persaingan pasti akan membuat ide-ide mereka bergulir loh, Moms.

Aktivitas ini adalah cara yang paling tepat karena tidak memerlukan banyak waktu atau bahan persiapan. Moms cukup menyediakan lembaran kertas,dan kebebasan untuk mencari bahan di sekitar rumah untuk membuat pesawat terbang terbaik. Anak-anak besar dan bahkan remaja akan bersenang-senang merancang, mencoba, dan menyesuaikan pesawat mereka.

4 dari 6 halaman

Bereksperimen

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © unsplash.com/@daen_2chinda

Bereksperimen dengan sains adalah cara yang bagus untuk membuat otak berputar, mengajari anak-anak tentang sebab dan akibat, dan menyebabkan banyak kegembiraan. 

Moms dapat melakukan beberapa pencarian cepat untuk cetakan percobaan sains untuk diikuti, lihat pusat kegiatan sains di berbagai situs maupun tayangan video YouTube. 

Jika Moms berani, cobalah eksperimen yang akan cukup membuat berantakan seperti soda kue dan gunung berapi cuka atau membuat slime sendiri. Atau Moms juga bisa mencoba aktivitas yang tidak berantakan seperti melarutkan marshmallow. 

5 dari 6 halaman

Memasak bersama

Ilustrasi Ibu Memasak Bersama AnakIlustrasi Ibu Memasak Bersama Anak © https://www.shutterstock.com/g/bearinmind

Memasak bersama selama musim hujan adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain anak-anak senang, Moms dan si kecil juga bisa kenyang juga sehat bersama loh. Jadikan memasak menjadi hal yang menyenangkan dengan asisten koki Moms dengan menugaskan anak-anak dan memberikan mereka tanggung jawab. 

Seperti mencampur, mengiris dengan pengawasan, atau meletakkan piring kertas, ada pekerjaan untuk anak-anak dari segala usia. Mereka tidak hanya akan merasa penting dan berguna, tetapi mereka juga akan bangga telah membantu membuat sesuatu.

Belum siap untuk masak besar bersama si kecil? 

Cobalah campuran cupcake kotak dan bersenang-senang mendekorasi. Atau sebarkan pajangan topping dan nikmati es krim sundae untuk camilan spesial. Ini mungkin tampak sederhana, tetapi ini adalah kegiatan yang bagus untuk anak-anak prasekolah yang ingin membantu di dapur.

6 dari 6 halaman

Berkreasi bersama

Ilustrasi Anak BermainIlustrasi Anak Bermain © https://www.shutterstock.com/g/Dragon+Images

Sering berbelanja dan mendapatkan banyak kotak kardus? Moms bisa menyimpannya dan membuat beberapa mahakarya yang benar-benar kreatif dari kardus bekas tak terpakai di rumah. 

Sebuah kapal roket yang siap ke luar angkasa, sebuah toko es krim yang siap menyajikan sundae yang diselimuti berbagai topping, atau bahkan sebuah jip safari bisa dikreasikan dengan kardus bekas di rumah loh, Moms.

Ambil beberapa selotip, spidol, lem, kertas, krayon, sebut saja, dan biarkan kreativitas mulai mengalir. Moms bisa mengajak anak-anak akan mengembangkan kerjasama serta mengasah keterampilan mereka untuk memecahkan masalah. Pada akhirnya, anak-anak akan merasa bangga dengan hasil akhirnya.

Join Diadona.id