Nenek Lebih Sayang Pada Cucu daripada Anak Sendiri? Ini Sebabnya

Family | Selasa, 20 Juli 2021 09:17
Nenek Lebih Sayang Pada Cucu daripada Anak Sendiri? Ini Sebabnya

Reporter : Riza Umami

Ternyata ini penyebabnya.

Biasanya, nenek dan kakek begitu sayang dan dekat dengan cucunya. Kedekatan mereka ini bahkan terkadang melebihi kedekatan anak kepada orang tuanya sendiri, apalagi kalau kakek nenek ini selalu memanjakan cucunya.

Dilansir dari laman liputan6.com, kasih sayang nenek yang begitu besar ini biasanya juga membuat cucunya begitu menjaga dan menyayangi neneknya. Keduanya saling menghibur, curhat dan bercanda bersama.

Menurut sebuah penelitian yang dikutip dari brightside.me, cucu yang punya hubungan emosional yang dekat dengan neneknya ini biasanya jauh dari depresi. Salah satu sebabnya karena nenek banyak menunjukkan cinta kepada cucunya. Lantas apakah penyebab nenek lebih sayang kepada cucu daripada anaknya sendiri?

2 dari 6 halaman

Makin Tua Makin Lembut dan Dewasa

Ilustrasi Kakek-Nenek dan CucuIlustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © pinterest.com/OurFamilyWorld Magazine

Biasanya, nenek makin tua akan makin lembut dan juga dewasa. Ia ingin menerima perhatian dari orang terdekatnya. Oleh sebab itulah, dia memperlakukan cucunya dengan penuh kasih sayang, kenyamanan dan juga kelembutan. Selain itu, mereka mempunyai pengalaman lebih banyak dalam hidupnya yang bisa diajarkan kepada para cucunya.

3 dari 6 halaman

Punya Prioritas yang Berbeda

Ilustrasi Nenek dan CucuIlustrasi Nenek dan Cucu © https://www.shutterstock.com/id/g/wongszeyuen

Saat sudah memasuki usia lansia, biasanya prioritas pun akan berubah. Anak-anak sudah tumbuh besar dan tak perlu usaha lebih keras untuk membantu kehidupan mereka. Nenek pun jadi punya lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama dengan cucunya. Saat bersama cucu-cucunya ini, nenek mungkin akan mengajarkan apa-apa yang sudah ia dapatkan dalam hidupnya serta memberikan cinta tanpa syarat kepada mereka.

4 dari 6 halaman

Nenek Mungkin Merasa Tak Sepenting Orang Tua

Ilustrasi Kakek-Nenek dan CucuIlustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © shutterstock.com/g/AmornSuriyan

Anak-anak tentu cenderung mencintai orang tua mereka yang senantiasa mengurus dan merawat mereka, tentunya tercipta ikatan yang kuat di antara mereka. Sedangkan, nenek dan kakek biasanya tinggal jauh dengan cucunya dan tak bisa bertemu setiap saat. Oleh sebab itulah, nenek pun juga berusaha memenangkan hati cucunya yaitu dengan cara memanjakan mereka dan memberikan kasih sayang yang melimpah kepada cucunya.

5 dari 6 halaman

Nenek Bisa Melakukan Hal kepada Cucunya yang Mungkin Tak Bisa Dilakukan pada Anaknya

Ilustrasi Kakek-Nenek dan CucuIlustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © shutterstock.com/g/stockbroker

Saat menjadi seorang nenek, ia bisa melakukan hal-hal dengan cucunya yang mungkin tak pernah dilakukan dengan anaknya sendiri dulu. Nenek pun bisa menganalisis apa-apa yang sudah mereka lakukan pada anaknya dulu, kemudian ia pun bisa berbuat lebih baik kepada cucunya sekarang. Nenek bisa mengekspresikan cintanya pada cucunya tanpa semua tekanan, tanggung jawab dan kekhawatiran seperti orang tua.

6 dari 6 halaman

Peran Nenek Tidak Rumit dan Bikin Stres

Ilustrasi Kakek-Nenek dan CucuIlustrasi Kakek-Nenek dan Cucu © pinterest.com/grandparents roles in Japan

Pastinya orang tua yang memiliki tanggung jawab yang lebih besar kepada anaknya yaitu menyediakan kebutuhan dasar, pendidikan dan kasih sayang untuk anak-anaknya. Sedangkan, nenek tak mempunyai tanggung jawab sebesar itu kepada cucunya karena sudah ada orang tua mereka. Biasanya, peran nenek ini lebih kepada memberi dukungan dan juga bimbingan emosional kepada cucu mereka. Tentunya peran tersebut tak serumit jadi orang tua.

Join Diadona.id