Nggak Selalu Buruk, Main Game Bisa Jadi Perawatan Kesehatan Mental Anak

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 25 Juni 2021 08:37
Nggak Selalu Buruk, Main Game Bisa Jadi Perawatan Kesehatan Mental Anak
Video game bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan mental anak.

Saat ini main game memang menjadi sesuatu yang terdengar buruk bagi anak-anak. Mungkin hal ini karena kita sering ditunjukkan fenomena di mana anak-anak mulai kecanduan karena permainan tersebut.

Kecanduan game memang sesuatu yang nyata dan terjadi. Namun perlu kita ketahui kalau main game nggak sepenuhnya buruk.

Main game juga bisa memberikan manfaat untuk anak. Salah satunya adalah sebagai perawatan bagi kesehatan mental mereka.

1 dari 3 halaman

ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Dilansir dari Moms.com, sebuah studi menemukan bahwa video game mungkin bisa menjadi perawatan bagi masalah kesehatan mental anak di masa muda. Bahkan perawatan menggunakan video game justru lebih berbiaya rendah dan efektif.

Kesadaran akan pentingnya kesehatan mental saat ini sudah menjadi lebih baik. Dengan adanya pandemi, kesehatan mental anak telah terdampak langsung dan mereka membutuhkan dukungan untuk hal itu.

Bermain game adalah salah satu kegiatan yang bisa menjadi dukungan untuk kesehatan mental anak. Perawatan ini dapat menghemat biaya karena mudah diakses oleh keluarga di mana saja.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Menurut Study Finds, sebuah penelitian menunjukkan bahwa video game yang tersedia di mana-mana bisa menjadi pengobatan yang bagus untuk kesehatan mental. Studi tersebut dilakukan oleh tim di Lero, Science Foundation Ireland Research Center for Software.

Para peneliti menyatakan bahwa metode pengobatan ini bisa bermanfaat bagi keluarga yang tinggal di daerah yang belum memiliki akses pada pengobatan kesehatan mental. Selain itu, cara ini juga bisa dimanfaatkan oleh keluarga yang nggak mampu membayar biaya pengobatan untuk mereka yang mengalami kecemasan dan depresi.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Dr. Mark Campbell, salah satu peneliti dalam studi tersebut, menyatakan bahwa bermain video game bisa menjadi pilihan alternatif yang bagus untuk dipertimbangkan oleh keluarga. Bentuk pengobatan ini adalah salah satu cara yang dapat menjangkau hampir semua keluarga, terutama bagi mereka yang punya akses terbatas pada sumber daya kesehatan mental.

Video game punya kekuatan untuk " membawa" orang yang bermain untuk merasakan dunia lain. Meskipun nggak selalu yang terbaik, namun bermain game bisa membantu mengalihkan depresi dan kecemasan pada anak agar mereka lebih tenang.

Saat remaja menghadapi banyak kekhawatiran dan kecemasan, mereka bisa menggunakan video game untuk menenangkan diri. Namun kita juga harus tetap mengawasi kegiatan anak agar penggunaan game nggak menjadi berlebihan dan berujung pada kecanduan.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Beri Komentar