Pengertian Zakat Mal dan Zakat Fitrah, Ketentuan serta Cara Menghitungnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 13 September 2021 17:48
Pengertian Zakat Mal dan Zakat Fitrah, Ketentuan serta Cara Menghitungnya
Memahami pengertian zakat nggak cukup tanpa tahu gimana ketentuan pembayaran dan cara menghitungnya, bukan?

Pengertian Zakat adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh seorang muslim atas kepemilikan hartanya.

Sebagai rukum Islam ketiga, zakat adalah salah satu solusi untuk membantu kemiskinan. Zakat juga merupakan hubungan spiritial antara seorang muslim dengan SAng Pencipta : untuk memurnikan harta yangdimilikinya dan mengakui bahwa apa yang seorang hamba miliki adalah milik-Nya juga.

Seorang muslim membayarkan zakat mereka kepada delapan kategori orang yang memenuhi syarat sebagaimana ditetapkan dalam Al Quran Surat Al-Taubah berikut.

Pengertian Zakat - At-Taubah Ayat 60

Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

1 dari 5 halaman

Secara harfiah, pengertian zakat adalah 'membersihkan'. Umat Islam percaya bahwa membayar zakat berarti membersihkan, meningkatkan sekaligus memberikan berkah kepada harta yang dimilikinya.

Ada dua jenis zakat yang wajib dibayarkan seorang muslim, antara lain:

  • Zakat Mal
  • Zakat Fitrah

Cari tahu lebih lanjut tentang dua jenis zakat tersebut yuk!

2 dari 5 halaman

Pengertian Zakat Mal

Pengertian Zakat © Diadona

Zakat Mal sering disebut sebagai 'zakat' saja oleh sebagian besar kaum muslimin. Pengertian zakat mal adalah zakat yang dikelaurakn oleh seorang muslim setiap tahun atas kekayaan yang dikumpulkannya meliputi : uang, emas, perak dan juga properti. Ini merupakan kekayaan bersih ya dan baru dikeluarkan setelah jumlah kekayaan tersebut mencapai ambang batas nilai tertentu yang disebut dengan nisab. Kalau kekayaan yang dimilikinya nggak mencapai nisab ini, maka zakat mal tidak wajib dikeluarkan. Berapa nilainya?

Nisab zakat mal yang disepakati adalah sebesar 85 gram emas (mengikuti harga Buy Back emas pada hari di mana zakat akan ditunaikan). Kadar zakatnya senilai 2,5%.

Selain itu, kepemilikan harta tersebut juag harus telah mencapai satu tahun trus terbebas dari hutan atau dimiliki secara penuh.

QS. Al-Baqarah ayat 267 menyebut bahwa harta yang dizakatkan atau zakat mal itu sendiri harus berasal dari harta yang halal.

3 dari 5 halaman

Penghitungan Zakat Mal

2,5% x Jumlah harta kepemilikan yang telah mencapai haul (1 tahun).

Contohnya, seorang muslim memiliki harta yang tersimpan berupa (emas/perak/uang) senilai Rp. 150 juta. Nah kalau harga emas saat ini adalah Rp. 868 ribu, maka harta yang dimilikinya ini setara dengan Rp. 150.000.000 / Rp. 868.000/gram = 172 gram.

Menurut ketentuan, jumalh tersebut telah memenuhi nisab sehingga pemiliknya wajib mengeluarkan zakat mal atas harta tersebut. Lalu berapa jumlah yang wajib dikeluarkan?

2.5% x Rp. 150.000.000 = Rp. 3.750.000

4 dari 5 halaman

Pengertian Zakat Fitrah

Pengertian Zakat © Diadona

Nah kalau ini pasti sdah pada tahu kan? Pengertian zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan atau Idul Fitri. Kewajiban ini sebagaimana hadist Ibnu Umar ra.

“ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih.

Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh muslim yang mampu.

Ibn Abbas berkata: “ Rasulullah (saw) mewajibkan zakat fitrah sebagai sarana menyucikan orang yang berpuasa dari omong kosong dan bahasa kotor, dan untuk memberi makan orang miskin."

Sementara itu, Waki' bin Jarrah mengatakan bahwa zakat fitrah untuk puasa adalah seperti manfaat sujud sahwi dalam sholat, yakni untuk melengkapi kekurangannya. Dan manfaat zakat fitrah dalam puasa adalan untuk melengkapi kekurangan puasa.

5 dari 5 halaman

Pengertian Zakat © Diadona

Berapa sih jumlah zakat fitrah?

Besaran zakat fitrah adalah 2.5 kg makanan pokok atau beras. Namun para ulama membolehkan zakat fitrah dkeluarkan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha' gandum atau beras dan harganya sesuai dengan harga beras yang biasa dikonsumi.

Contohnya nih untuk sehari-hari kamu mengkonsumsi beras dengan harga Rp. 13.000/kg, jadi bila kamu mengeluarkan zakat fitrah dalam jumlah uang maka besarnya adalag Rp. 13.000 x 2.5 kg = Rp. 32.500 per orang.

Untuk kamu yang tinggal di Jabodetabek, Ketua BAZNAS mengeluarkan SK No.27 tahun 2020 tentang Nilai Zakat Fitrah dan Fidyah di wilayah tersebut yakni setara dengan uang sebesar Rp40.000,-/jiwa.

Pengertian zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oelh umat muslim untuk mensucikan harta yang dimilikinya. Nggak cuman harus tahu jenisnya tapi kamu penghitungannya ya!

Beri Komentar