Penting untuk Bantu Anak Mengenali Apa yang Nyata dan Tidak di Internet

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 17 November 2020 11:37
Penting untuk Bantu Anak Mengenali Apa yang Nyata dan Tidak di Internet
Dunia internet memang sangat rumit dan anak membutuhkan kita.

Perkembangan teknologi menuntut kita untuk ikut berkembang dan mengikuti tren terbaru. Internet menjadi salah satu penemuan di bidang teknologi yang punya dampak besar dalam kehidupan manusia hingga saat ini.

Selain kita, anak-anak juga perlu melek teknologi dan memahami internet. Namun dalam proses memahami hal ini, peran kita sebagai orang tua dibutuhkan agar anak nggak belajar hal yang salah.

Apa yang nyata dan palsu di media sosial menjadi salah satu fenomena yang banyak disorot. Sebagai orang tua, kita harus membimbing anak untuk mengenali perbedaan dari keduanya agar dia nggak mudah terpengaruh oleh konten di media sosial.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Dilansir dari PBS KIDS for Parents, berbagai jenis foto bisa dengan mudah kita temukan di media sosial. Beberapa di antaranya terlihat nyata padahal sebenarnya palsu atau sengaja dibuat dan dibagikan di luar konteks.

Foto-foto yang beredar di media sosial kebanyakan melalui proses edit. Bahkan kita mungkin mengalami kesulitan untuk membedakan mana yang nyata dan tidak.

2 dari 4 halaman

Banyak dari kita yang berusaha mencari sebuah informasi secara online untuk mengetahui hal yang benar. Tapi semakin sering kita melakukannya, semakin banyak contoh informasi yang sengaja menyesatkan.

Sebagai orang tua, kita punya tugas yang sangat menantang dalam hal ini. Kita harus menunjukkan pada anak cara memutuskan mana yang nyata dan tidak.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi anak dan gadget © Diadona

Kenyataannya sulit untuk menemukan foto yang telah diedit dan sengaja dipalsukan. Semakin hari teknologi semakin canggih dan membuat hal ini semakin sulit.

Untuk itu, kita harus menjadi orang tua yang terbuka dengan anak. Buat mereka merasa nyaman untuk mendiskusikan apa pun, termasuk konten yang mereka temukan di internet.

Pada dasarnya, anak-anak memang pintar. Tapi mereka tetap membutuhkan bantuan untuk memahami cara menggunakan teknologi dengan aman.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Kondisi ini bahkan sama seperti anak yang membutuhkan bantuan untuk menyeberang jalan atau belajar membaca. Anak membutuhkan peran kita untuk mendidik dan membuat mereka merasa aman.

Selanjutnya cara terbaik untuk mengetahui apakah sebuah situs web tersebut akurat adalah dengan mencari petunjuk dari situs web lain. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah informasi yang sama muncul di banyak tempat berbeda.

Internet memang tempat yang rumit dengan banyak orang bahkan bot. Jadi kita nggak boleh lengah dan terus mendampingi serta memberikan pendidikan bagi anak agar menggunakan internet secara sehat.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

 

Beri Komentar