Pentingnya Bikin Jadwal Makan untuk Si Kecil Supaya Lebih Teratur

Family | Kamis, 12 Mei 2022 21:17

Reporter : Riza Umami

Anak usia 1-5 tahun penting lho punya jadwal makan.

Ketika usia anak sudah mencapai di atas 1 tahun, si kecil pun sudah bisa makan dengan menu keluarga. Anak pun makin suka mencoba berbagai menu makanan. Si kecil pun membutuhkan jadwal makan supaya lebih teratur di usia 1-5 tahun.

Dilansir dari laman hellosehat.com, jadwal makan ini juga mengajarkan si kecil kapan waktu yang tepat untuk makan, apalagi di usia anak 1-5 tahun ini dia mulai menunjukkan perkembangan emosional dan sosial yang cepat.

Pentingnya Bikin Jadwal Makan untuk Si Kecil Supaya Lebih Teratur
2 dari 5 halaman

Hal inilah yang menjadikan usia segini merupakan waktu yang tepat untuk membuat anak paham tentang keteraturan. Bila ibu membuatkan jadwal makan untuk si kecil, maka ia pun akan mengerti tentang waktu dan juga kebiasaan yang teratur.

Penting untuk membiasakan hal ini sedari kecil sehingga akan terbawa terus hingga anak dewasa nanti. Anak yang terbiasa makan dengan teratur di jam makannya, maka ia pun bisa terhindar dari sejumlah penyakit seperti maag.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Anak MakanIlustrasi Anak Makan © unsplash.com / Kazuend

Selain itu, proses metabolisme tubuhnya pun akan berjalan dengan teratur yang memberikan efek positif pada perkembangan si kecil. Kemudian, anak pun mulai memahami tentang rasa kenyang dan lapar.

4 dari 5 halaman

Jodie Shield dan Mary Mullen yang merupakan penulis Healthy Eating, Healthy Weight for Kids and Teens dari Academy of Nutrition and Dietetics, menjelaskan bahwa anak perlu makan tiap 3 atau 4 jam sekali dalam satu hari. Hal tersebut yaitu untuk memenuhi asupan nutrisi bagi si kecil.

Anak usia 1-5 tahun, biasanya diberikan makan sebanyak tiga kali dalam satu hari yaitu pagi, siang dan juga malam. Kemudian, anak diberi makan selingan atau camilan sebanyak dua kali di antara waktu makan utama.

5 dari 5 halaman
Join Diadona.id