Pentingnya Memberi Tugas Pekerjaan Rumah untuk Anak, Moms Sudah Lakukan?

Reporter : Kurnia
Sabtu, 26 Februari 2022 09:13
Pentingnya Memberi Tugas Pekerjaan Rumah untuk Anak, Moms Sudah Lakukan?
memberi tugas kepada anak-anak baik loh untuk tumbuh kembang di kecil, berikut deretan manfaatnya

Moms sudah memberikan tugas-tugas ringan pada si kecil hingga saat ini?

Jika belum, yuk intip saja dulu ragam manfaat yang  bisa diberikan pada anak-anak yang terbiasa menjalankan pekerjaan rumah mereka dengan baik berikut ini.

Seperti Diadona.id rangkum dari laman verywellfamily.com, memberikan tugas-tugas kecil pada anak-anak di masa-masa pertumbuhan mereka ternyata memiliki manfaat penting untuk tumbuh kembang mereka loh.

1 dari 5 halaman

Membangun Harga Diri

Memberikan tugas-tugas dan pekerjaan rumah sesuai porsinya pada si kecil  bisa membangun harga diri mereka loh, Moms. Menyelesaikan tugas dan melakukannya dengan baik bisa memberikan rasa pencapaian yang besar untuk si kecil.

Moms bisa mulai memberikan tugas ringan seperti mengelap meja, kursi, lemari, atau mencuci piring mkannya sendiri.

Hal-hal kecil semacam ini  bisa mendorong kemandirian anak-anak karena mereka melakukan pekerjaan dengan baik sendiri. Saat mereka berhasil dan medapatkan pujian dari Moms, ekspresi kebahagiaan si kecil tentu tidak ternilai harganya.

2 dari 5 halaman

Memiliki Tanggung Jawab

ilustrasi ibu dan anak memasak © Diadona

Mulai memberikan tanggung jawab ringan pada si kecil itu penting untuk tumbuh kembanng anak. Dengan memberikan anak-anak tugas, secara tidak langsung Moms dapat mengajarkan pentingnya menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan. 

Memberikan pekerjaan rumah sesuai dengan porsinya juga akan menjadi lebih berguna seiring bertambahnya usia. Pastinya, anak-anak kan memiliki lebih banyak tanggung jawab di sekolah dan di rumah.

3 dari 5 halaman

Menjadi Lebih Teratur

Sudahkah Moms mengajari anak-anak untuk mulai membersihkan kamar tidurnya sendiri?

Memberi pekerjaan rumah ringan kepada anak-anak dapat mengajari si kecil untuk menjaga segala sesuatunya tetap bersih dan teratur, terutama kamar tidurnya sendiri. 

Saat kamar mereka bersih, anak-anak akan lebih mudah untuk berpikir jernih loh. Selain mengajari membereskan kamar tidur, Moms jujga bisa membiasakan si kecil untuk mengambil sendiri makanan atau pakaian yang dibutuhkan ya.

Hal semacam ini akan membangun rutinitas yang baik dan nantinya bermanfaat untuk anak-anak selama hidupnya.

4 dari 5 halaman

Kebiasaan Baik

Ilustrasi Ibu dan Anak Memasak © Diadona

Memiliki kebiasaan baik itu harus ditanamkan sejak dini loh, Moms. Dengan memberi anak-anak pekerjaan rumah, itu dapat mengatur pola dan kebiasaan baik mereka.

Saat Moms mulai mengajarkan anak-anak terbiasa dengan pekerjaan rumah tangga, hal ini akan menjadi bagian dari hidup mereka yang akan berlanjut hingga masa remaja dan seumur hidupnya.

Beri Komentar