Pentingnya Mengembangkan Tangan Dominan Anak dan Cara Mengetesnya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 6 April 2022 11:17
Pentingnya Mengembangkan Tangan Dominan Anak dan Cara Mengetesnya
Kira-kira, tangan dominan anak Mom yang mana ya?

Apakah Mom pernah mendengar tentang tangan dominan? Tangan dominan ini adalah tangan yang lebih sering dipakai oleh anak untuk melakukan sesuatu. Sedangkan tangan lain yang non-dominan bertugas membantu tangan dominan melakukan berbagai hal.

Dilansir dari akun Instagram @vijiclinic, tangan kanan dikontrol oleh otak kiri dan begitu pula sebaliknya. Ternyata, anak yang berusia 9 bulan sudah mulai memiliki salah satu tangan yang lebih sering dia gunakan. Hal ini pun akan makin terlihat saat usianya 3 tahunan.

1 dari 4 halaman

Anak yang mampu mengembangkan tangan dominan ini sejak kecil diperkirakan bisa mempunyai lebih banyak kosa kata di usia 3 tahun. Lantas, mungkin Mom bertanya-tanya mengapa penting untuk mengembangkan tangan dominan anak.

Hal ini disebabkan karena anak akan mulai belajar fungsi dari berbagai benda yang ada di sekelilingnya di usia 12 bulan ke atas. Hal ini pun akan membuat si kecil bisa memahami dunia serta mengembangkan kemampuan berpikir dan juga dasar dari bahasa.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Bila anak belum mengembangkan tangan dominan pada usia tertentu, maka hal ini bisa membuatnya kesulitan dalam berbagai hal yaitu membuka tutup botol, memakai sendok, hingga menulis. Ini disebabkan karena si kecil sulit untuk memahami fungsi benda disebabkan karena benda dinamakan berdasarkan fungsinya itu sendiri.

3 dari 4 halaman

Jika anak sudah bisa mengembangkan tangan dominannya sejak masih kecil, maka dia pun akan melakukan banyak aktivitas lebih sering memakai tangan yang sama dan mengembangkan skill memory atau muscle memory. Ini pun menyebabkan anak bisa melakukan aktivitas itu secara otomatis tanpa perlu diproses ke otak dulu.

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk mengetes tangan dominan anak. Yang pertama dengan meletakkan benda di tengah tubuh anak, lalu lihatlah tangan mana yang lebih sering dia gunakan untuk mengambilnya. Yang kedua, Mom bis memberikan mainan puzzle pada anak dan lihatnya anak memakai tangan yang mana untuk menyelesaikan puzzle tersebut.

4 dari 4 halaman

Yang ketiga, Mom dan ayah bisa mengajak anak main lempar bola dan perhatikan tangan mana yang lebih sering digunakan oleh si kecil untuk melempar bola tersebut. Yang terakhir, ibu bisa memberikan beberapa botol dan lihatlah tangan mana yang digunakan si kecil untuk membuka tutupnya serta tangan mana untuk menahan botol tersebut.

Kemudian, ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk melatih tangan dominan anak ini seperti mengajaknya untuk mengaduk adonan kue, mencuci kendaraan dengan sponge sabun, membereskan mainan serta aktivitas-aktivitas lain yang melibatkan tangan anak untuk digunakan. Semoga ulasan ini cukup membantu ya Mom.

Beri Komentar