Punya Ayah Penyayang Ternyata Bisa Bikin Anak Tumbuh Lebih Cerdas

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 25 Mei 2021 08:37
Punya Ayah Penyayang Ternyata Bisa Bikin Anak Tumbuh Lebih Cerdas
Ayah yang penyayang ternyata memberi banyak manfaat untuk anak.

Hingga saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa mengasuh anak adalah tanggung jawab seorang ibu. Padahal peran ayah juga dibutuhkan dalam hal ini.

Dalam sebuah keluarga, seharusnya ayah dan ibu bekerja sama untuk mendidik dan membesarkan buah hati mereka. Hal ini tentu akan membuat hubungan dalam keluarga menjadi harmonis dengan ikatan yang kuat.

Bahkan ayah yang penyayang juga memberikan kontribusi yang besar bagi kebahagiaan anak lho. Dilansir dari Brightside.me, berikut beberapa manfaat memiliki ayah yang penyayang bagi anak.

1 dari 5 halaman

Anak Bisa Punya IQ yang Lebih Tinggi

Ilustrasi Ayah dan Anak © Diadona

Penelitian yang dilakukan oleh Erin Pougnet di Concordia University menunjukkan bahwa ayah memberikan kontribusi yang besar terhadap fungsi kognitif dan perilaku anak. Anak perempuan dan laki-laki menunjukkan kinerja IQ yang lebih tinggi dan lebih sedikit masalah yang diinternalisasikan.

Anak perempuan dengan ayah yang perhatian menunjukkan lebih sedikit ganguan emosi dan perilaku pada masa pra-remaja. Hal ini tentu akan sangat baik untuk perkembangan anak hingga dewasa.

2 dari 5 halaman

Anak Perempuan Lebih Pintar dan Tegas

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Ayah juga memainkan peran penting pada jalur akademis anak perempuan. Ayah yang penyayang cenderung akan membantu anak mereka dalam menentukan karier yang tepat.

Menurut sebuah penelitian, anak perempuan yang dengan ayahnya cenderung menempati pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh laki-laki. Ayah penyayang cenderung memberikan dukungan dan memotivasi anak untuk terus maju.

3 dari 5 halaman

Hubungan Sosial Anak Laki-Laki

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Ayah juga punya pengaruh besar pada perkembangan identitas dan hubungan sosial anak laki-laki. Anak-anak dengan ayah penyayang cenderung nggak melakukan kenakalan remaja.

Mereka jauh dari risiko kecanduan zat adiktif. Selain itu bimbingan yang tepat dari orang tua juga akan menghindarkan anak dari penyalahgunaan obat.

4 dari 5 halaman

Punya Kecerdasan Emosional yang Lebih Tinggi

Ilustrasi Ayah dan Anak © Diadona

Terkadang beradu argumen bersama ayah juga memberikan manfaat untuk anak. Hal ini meningkatkan rasa percaya diri pada anak secara signifikan.

Banyak tertawa bersama juga akan menambah kecerdasan emosional pada anak. Dekat dengan ayah akan membuat anak belajar empati dan mengendalikan emosi mereka dengan lebih baik.

5 dari 5 halaman

Anak Lebih Percaya Diri

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Ayah yang percaya diri dan membantu ibu merawat anak secara langsung akan meningkatkan kesejahteraan anak secara keseluruhan. Anak-anak yang punya hubungan hangat dengan ayahnya biasanya menjadi orang dewasa yang percaya diri.

Dalam hal ini, ayah berperan sebagai teman yang membimbing anak ke arah yang benar. Bukan memanjakan atau mengatur kehidupan anak, ayah akan membantu saat anak memerlukannya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar