Ruben Onsu Ungkap Trauma yang Dialami Betrand Peto, Keluarga Jadi Penyebabnya

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 21 April 2021 07:37
Ruben Onsu Ungkap Trauma yang Dialami Betrand Peto, Keluarga Jadi Penyebabnya
Ruben Onsu bagikan cerita menguak trauma Betrand Peto.

Membesarkan anak bukanlah hal yang mudah. Kita harus sangat berhati-hati dalam mendidik dan merawat anak sejak dini agar mereka bisa tumbuh menjadi manusia yang bahagia di masa depan.

Namun terkadang banyak orang tua yang nggak sadar menyakiti anaknya sendiri dengan sikap mereka. Padahal hal itu bisa menimbulkan trauma berkepanjangan dalam diri anak.

Tampaknya hal itu juga yang dialami oleh Betrand Peto, anak angkat dari pasangan selebriti Ruben Onsu dan Sarwendah. Dalam video yang diunggah di channel Youtube The Onsu Family, Ruben mengatakan bahwa Betrand memiliki trauma yang disebabkan oleh keluarganya yang dulu.

1 dari 4 halaman

Trauma pada keluarganya

Ruben Onsu © Diadona

Dalam video tersebut, Ruben melakukan obrolan dengan ibu kandung Betrand. Ruben bercerita bahwa dia sempat merekam beberapa pengakuan yang dibuat oleh Betrand saat pertama kali dia datang ke keluarganya. Setelah itu, Ruben mengirimkannya ke seorang psikolog anak. Ruben kemudian mengetahui bahwa Betrand mengalami trauma dengan keutuhan keluarga.

" Saya tanya ada yang salah sama anak ini. Jadi punya traumatik tentang keutuhan mama dan papanya. Tapi kan dia ini nggak mengerti kalau mamanya berpisah berarti ada yang nggak nyaman," ungkap Ruben.

2 dari 4 halaman

Trauma dengan benda tajam

The Onsu Family © Diadona

Selanjutnya Ruben juga menjelaskan bahwa Betrand punya trauma pada benda tajam. Hal itu pun nggak diketahui oleh Vivi, ibu kandung Betrand.

" Dia bercerita tentang di mata dia ada yang bawa parang. Apa mama tau? Traumanya dia dengan benda tajam, dia tidak bisa dibentak," kata Ruben.

3 dari 4 halaman

Ingin mengatasi trauma Betrand

The Onsu Family © Diadona

Ruben mengatakan bahwa dia bersama dengan psikolog Betrand berusaha untuk menemukan apa saja trauma yang dialami oleh anak itu. Dia mulai mengajak Betrand mengobrol dan mengirimkan video pada psikolog anaknya. Ruben merasa nggak bisa memaksa Betrand mengikuti budayanya jika anak itu masih memiliki trauma yang mendalam pada dirinya.

" Saya ngobrol sama dia, saya taruh handphone begini, dengan tujuan saya kirim ke psikolognya. Jadi psikolog sebelum kita datang ke dia, dia mau tahu dulu apa kendalanya, apa traumanya. Saya tidak mau membesarkan anak saya, anak ini pernah punya luka terus saya paksakan dengan budaya saya, nggak bisa," ujar Ruben.

4 dari 4 halaman

Punya cara sendiri dalam mendidik anak

The Onsu Family © Diadona

Ruben juga mengakui bahwa dia punya cara sendiri dalam mendidik anaknya. Dia nggak bisa memaksa orang lain suka dengan cara yang digunakannya.

" Saya punya anak, saya tidak pernah meminta netizen atau siapapun yang menyaksikan kalian suka dengan cara saya, enggak. Tapi kalau kalian ikut dengan saya, ini gayanya," tutur Ruben.

Semoga cerita dari Ruben Onsu tentang Betrand Peto ini bisa menginspirasi kita untuk menjadi orang tua yang lebih baik ya, Moms!

Beri Komentar