Sambut Ramadhan 1443 H, Ini 5 Tips Penting Untuk Melatih Si Kecil Berpuasa Sejak Dini

Reporter : Kurnia
Selasa, 8 Maret 2022 13:57
Sambut Ramadhan 1443 H, Ini 5 Tips Penting Untuk Melatih Si Kecil Berpuasa Sejak Dini
sudah pernah Moms terapkan?

Tak terasa ya, Moms. Tinggal menghitung hari, 1 Ramadhan 1443 Hijriah sudah di depan mata yang akan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022.

Di hari yang suci dan penuh berkah ini, Moms dan keluarga sudah menyiapkan apa saja nih? Si kecil pasti udah nggak sabar mengikuti berbagai rangkaian tradisi, acara keagamaan, dan kewajiban umat muslim untuk berpuasa bukan.

1 dari 6 halaman

Tentu tidak bisa langsung berjalan dengan sempurna, Moms perlu mengajari dan memberikan simulasi pada si kecil untuk mulai mengajarkan puasa kepada mereka. Moms bisa dengan hal-hal kecil dengan memperkenalkan anak-anak tentang apa sih ‘ibadah puasa’ di bulan Ramadhan itu.

Tentu saja bukanlah hal yang mudah, tapi Moms bisa mulai memberikan tanggung jawab pada si kecil untuk latihan berpuasa sejak dini. Memberikan bekal agama tentu adalah kewajiban orang tua, untuk itu peran Moms sangat penting untuk mengajarkan puasa sejak dini agar anak-anak bisa tumbuh dengan karakter agama yang kuat dan positif.

Dikutip dari Liputan6.com, berikut in adalah beberapa tips dan cara yang bisa Moms gunakan untuk melatih anak-anak berpuasa sejak dini.

2 dari 6 halaman

Menjelaskan Konsep Puasa pada Si Kecil

Melatih Anak Berpuasa © Diadona

Hal yang penting bagi orang tua agar si kecil mau berpuasa adalah dengan menjelaskan maksud dan manfaat dari puasa Ramadan ini terlebih dahulu.

Agar si kecil mau dan mengerti makna puasa, Moms sebelumnya perlu memastikan bahwa selama ini anak-anak benar-benar mengerti tanpa menakut-nakuti anak-anak mengenai dosa dan neraka jika tidak menjalankan puasa.

3 dari 6 halaman

Memberikan Contoh pada Si Kecil

Setelah menjelaskan konsep berpuasa, selanjutnya Moms bisa mulai mengajarkan si kecil untuk ikut berpuasa di bulan Ramadhan yang dimulai dengan memberikan contoh. Dengan memberikan contoh, maka anak-anak akan mulai praktik dan mengikuti apa yang orang tuanya lakukan.

Ketika Moms sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, pasti muncul serangkaian pertanyaan dari si kecil tentang diri Moms yang sudah seharian tidak makan dan minum. Hal-hal semacam ini akan menimbulkan rasa penasaran yang pada akhirnya akan anak ingin mencobanya sendiri.

4 dari 6 halaman

Ajari Si Kecil Berpuasa Secara Bertahap

Melatih Anak Berpuasa © Diadona

Mengajari si kecil berpuasa sejak dini bisa dimulai dengan melatih anak untuk berpuasa secara bertahap sesuai dengan kemampuan fisik mereka ya, Moms.

Pastikan Moms melatih si kecil dengan mengawali puasa hanya sampai waktu Zuhur selama beberapa hari. Kemudian bisa melanjutkan berpuasa hingga waktu Asar jika anak mampu. Jika dirasa si kecil sudah merasa kuat, Moms boleh melatih si kecil untuk berpuasa hingga Maghrib.

5 dari 6 halaman

Ajak Si Kecil Ngabuburit

Saat anak-anak mulai kuat dan mau menjalankan ibadah puasa sampai waktu Magrib, Moms bisa mengajak si kecil untuk melakukan beberapa hal seru untuk menunggu waktunya berbuka.

Tentu saja dengan ngabuburit dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.  Seperti memasak dan membuat takjil bersama, membaca buku, bermain bersama saudara, atau bahkan berburu kuliner bisa jadi kegiatan seru untuk mengisi waktu, loh.

6 dari 6 halaman

Memberikan Penghargaan pada Si Kecil

ilustrasi puasa © Diadona

Memberikan apresiasi apapun kepada si kecil sangatlah penting. Termasuk saat mereka sudah mau berpuasa, berikan penghargaan sekecil apapun seperti bentuk pujian untuk menambah semangat anak da kembali ikut menjalankan ibadah puasa keesokan harinya.

Tidak harus memberikan hadiah berupa barang, Moms cukup memberikan pujian dan mengatakan bahwa si kecil adalah anak yang hebat akan membuat mereka senang dan semakin semangat untuk berpuasa.

Beri Komentar