Sandra Dewi Punya Cara Unik untuk Hibur Anaknya di Tengah Pandemi

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 22 September 2020 16:37
Sandra Dewi Punya Cara Unik untuk Hibur Anaknya di Tengah Pandemi
Cara unik yang digunakan Sandra Dewi ini bisa menstimulasi tumbuh kembang anak di masa pandemi.

Wabah corona membuat hampir semua orang tua jadi harus lebih bekerja keras dalam mengurus anak. Kegiatan sekolah yang harus dilakukan dari rumah mengharuskan orang tua untuk mendampingi anak-anak mereka saat belajar.

Nggak jarang beberapa orang tua akhirnya jadi pusing karena kesulitan dalam membagi waktu. Tapi perlu diingat bahwa nggak cuma orang tua aja yang stres menghadapi hal ini.

Anak-anak juga banyak yang tertekan dan stres karena nggak bisa melakukan kegiatan di luar rumah dan harus di rumah aja. Namun, di masa itu artis cantik Sandra Dewi tetap berusaha menghibur sang anak dengan cara yang unik.

1 dari 5 halaman

Mengajak anak bermain musik

Sandra Dewi © Diadona

Sandra Dewi mengunggah foto bersama dengan anak pertamanya, Raphael Moeis, di akun Instagramnya. Sandra menuliskan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukannya untuk membuat anaknya tetap bahagia adalah dengan mengajak Raphael bermain musik.

" Cara aku untuk dukung Rafa tetap happy salah satunya dengan ajak Rafa bermain dengan musik," tulis Sandra.

2 dari 5 halaman

Bukan menggunakan alat biasa

Nggak menggunakan alat musik khusus anak pada umumnya, Sandra justru menggunakan peralatan dapur untuk menambah keseruan permainan. Sandra juga mengajak anaknya untuk berjoget bersama.

" Biar seru, kita pake alat yang gak biasa, contohnya dengan peralatan dapur kaya gini sambil seru-seruan joget bareng," ungkap Sandra.

3 dari 5 halaman

Stimulasi perkembangan anak

Raphael Moeis © Diadona

Selain untuk membuat momen bahagia bersama dengan anak, Sandra menuliskan bahwa hal ini bisa juga memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang anak. Raphael tentu akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan menghabiskan waktu bermain bersama dengan sang ibu.

" Dengan cara seru ini, aku dan Rafa bisa bikin momen happy bersama sambil memberikan stimulasi untuk tumbuh kembangnya, dan pastinya membuat dia #GrowHappy!," tulis Sandra.

4 dari 5 halaman

Pandemi bisa menggangu perkembangan dan kesehatan mental anak

Dilansir dari Verywellfamily.com, sosialisasi merupakan proses penting dalam perkembangan anak. Dari sanalah anak-anak belajar keterampilan komunikasi yang memengaruhi interaksi mereka dengan orang lain setiap harinya.

Saat anak kehilangan kesempatan untuk membangun keterampilan selama tahap perkembangan sosial, bisa aja perkembangan mereka justru akan tertunda. Bahkan sebuah penelitian menemukan efek penutupan sekolah pada anak-anak remaja yang pernah mengalami masalah kesehatan mental.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa sebanyak 83% setuju bahwa wabah corona membuat kondisi mereka semakin buruk. Makanya sangat penting bagi kita untuk selalu memantau kesehatan mental anak-anak kita selama masa pandemi ini.

5 dari 5 halaman

Sandra Dewi, Raphael Moeis dan Mihkael Moeis © Diadona

Meski perkembangan dan kesehatan mental anak bisa terganggu selama isolasi diri di rumah, kita nggak bisa begitu saja membiarkan anak keluar rumah begitu saja. Hingga saat ini, self quarantine masih menjadi cara yang paling efektif untuk mengurangi penularan penyakit COVID-19.

Makanya kehadiran kita sebagai orang tua sangat dibutuhkan anak dalam kondisi seperti ini. Kita harus bisa setidaknya meluangkan sedikit waktu berkualitas untuk dihabiskan bersama dengan anak.

Cara yang diberikan Sandra Dewi ini juga bisa menjadi inspirasi kegiatan untuk dihabiskan bersama dengan anak di masa pandemi ini. Jadi, jangan lupa dicoba ya, Moms!

Beri Komentar