Sebenernya Penting Nggak sih Membiasakan Anak untuk Tidur Siang?

Family | Senin, 14 September 2020 07:37
Sebenernya Penting Nggak sih Membiasakan Anak untuk Tidur Siang?

Reporter : Audila Rima Ndani

Sering dilakukan, tapi kenapa harus ya?

Apakah kamu punya kebiasaan tidur siang saat masih kecil? Banyak orang tua yang menerapkan kebiasaan ini pada anak-anak mereka.

Saat sudah dewasa dan menjadi orang tua, beberapa dari kita mungkin menerapkan hal yang sama pada anak sendiri. Tapi apakah kalian sudah tahu alasan di balik membiasakan anak untuk tidur siang?

Penasaran nggak sih apakah hal itu sebenarnya memang penting untuk dilakukan oleh anak? Yuk, simak ulasan berikut.

2 dari 6 halaman

 ilustrasi anak tidurilustrasi anak tidur © 2020 https://www.diadona.id / @ youtube

Dilansir dari Kidshealth.org, tidur merupakan hal yang baik bagi kesehatan anak. Agar kesehatan anak selalu terjaga, waktu tidur yang cukup sangat dibutuhkan sehingga sebagian besar dari mereka membutuhkan tidur juga di siang hari.

Tidur siang merupakan cara untuk memberikan waktu istirahat yang sangat dibutuhkan anak. Hal ini bisa membantu perkembangan mereka secara fisik dan mental terutama pada anak usia dini.

3 dari 6 halaman

Selain itu, tidur siang juga bisa membantu agar anak nggak kelelahan. Rasa lelah tentu akan memengaruhi suasana hati anak dan justru membuat mereka sulit tidur di malam hari.

Sementara perlu kita ketahui bahwa kebutuhan tidur anak berbeda-beda berdasarkan usia mereka. Untuk itu, berikut informasi waktu tidur yang dibutuhkan anak berdasarkan usianya.

4 dari 6 halaman

 Ilustrasi Bayi Tidur TengkurapIlustrasi Bayi Tidur Tengkurap © shutterstock

Baru lahir sampai 6 bulan

Bayi membutuhkan sekitar 14-18 jam tidur dalam sehari. Biasanya mereka akan cenderung lebih mudah tidur nyenyak sepanjang waktu.

Bayi akan bangun setiap 1-3 jam untuk makan. Mendekati usia 4 bulan biasanya bayi akan punya jam tidur yang lebih teratur.

6 sampai 12 bulan

Pada usia ini, bayi biasanya tidur sebanyak 14 jam dalam sehari. Selain itu mereka mungkin nggak perlu bangun di malam hari untuk susu. Tapi di usia ini bayi biasanya mulai mengalami rasa cemas saat berpisah dengan orang tua sehingga bisa mengganggu tidur mereka.

5 dari 6 halaman

 ilustrasi anak tidurilustrasi anak tidur © iStock.com / Sasha_Suzi

Balita (1 sampai 3 tahun)

Sementara usia balita membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-14 jam. Jumlah ini termasuk tidur siang selama 1-3 jam.

Balita mungkin masih membutuhkan tidur siang sebanyak dua kali. Tapi usahakan waktunya nggak terlalu dekat dengan tidur malam supaya mereka nggak sulit tidur di malam hari.

3 sampai 5 tahun

Di usia ini, anak-anak biasanya butuh tidur sebanyak 11-12 jam di malam hari, ditambah tidur siang. Banyak anak yang mulai berhenti tidur siang pada usia 5 tahun.

6 dari 6 halaman

Usia sekolah (5 sampai 12 tahun)

Anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur sebanyak 10-11 jam di malam hari. Pada usia 5 tahun, beberapa anak masih butuh tidur siang. Tapi jika kegiatan nggak memungkinkan mereka untuk tidur siang, maka anak akan butuh waktu tidur lebih awal.

Semoga informasi ini bisa menjawab rasa penasaran kamu ya!

Join Diadona.id