Seberapa Penting Menjaga Kebersihan Selimut Bayi?

Reporter : Riza Umami
Rabu, 27 Januari 2021 08:17
Seberapa Penting Menjaga Kebersihan Selimut Bayi?
Ini jawabannya Mom.

Selimut adalah salah satu benda yang sangat diperlukan untuk memberikan kenyamanan saat si kecil tidur dan ia tak sampai kedinginan. Apalagi di musim hujan seperti ini, suhu menjadi lebih dingin sehingga penting untuk memberikan selimut saat bayi tidur. Tentu Mom memiliki selimut bayi bukan di rumah?

Bila Mom memang menggunakan selimut untuk si kecil terutama di malam hari, ibu pun perlu memperhatikan kebersihan selimut yang terus-menerus dipakai oleh anak tersebut. Jangan sampai selimut yang seharusnya memberikan kenyamanan saat anak tidur ini, malah memberikan efek buruk pada buah hati.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Ternyata penting sekali untuk menjaga selimut agar tetap bersih karena selimut yang kotor ini mungkin mengandung liur, keringat, sisa-sisa kulit mati, remahan makanan, urine bahkan sampai feses bayi. Hal ini pun akan menyebabkan bakteri bisa berkembang biak di selimut anak yang dapat mendatangkan penyakit untuk buah hati.

Beberapa penyakit yang bisa disebabkan dari selimut yang kotor ini misalnya yaitu alergi. Selimut kotor sangat mungkin sekali dihinggapi partikel debu, kotoran bahkan tungau yang bisa menyebabkan anak mengalami alergi apalagi kulit bayi ini biasanya masih sensitif dan belum setebal orang dewasa.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Reaksi alergi yang terjadi pada anak ini biasanya kulit jadi gatal, muncul ruam, mata berair, hidung jadi meler bahkan anak bisa mengalami asma jika terdapat riwayat penyakit tersebut. Tentu ibu tak mau anak tercinta yang masih mungil sampai mengalami hal seperti itu bukan?

Selanjutnya, selimut yang kotor ini juga bisa menyebabkan infeksi kulit pada anak. Selimut yang kotor bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Anak pun jadi mengalami infeksi kulit di mana tanda-tandanya adalah muncul ruam kemerahan, bentol-bentol, sampai rasa gatal dan panas di kulit.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Tidur © Diadona

Terakhir, ada skabies yaitu penyakit kulit yang diakibatkan karena parasit tungau yaitu Sarcoptes scabiei. Tungau yang satu ini akan menyebabkan rasa gatal yang parah pada kulit yang dihinggapi apalagi pada anak yang masih bayi. Wah, bahaya juga ya Mom.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk menjaga kebersihan selimut bayi. Usahakan ibu punya lebih dari satu selimut untuk anak agar ketika selimut yang satu sedang dicuci, ibu pun bisa memakaikan selimut yang lain pada si kecil dan ingat sering-sering dicuci ya Mom biar bersih.

Beri Komentar