Sempat Mampet, Ussy Sulistiawaty Bagikan Rahasia yang Bikin ASI-nya Lancar

Family | Sabtu, 24 Oktober 2020 07:37
Sempat Mampet, Ussy Sulistiawaty Bagikan Rahasia yang Bikin ASI-nya Lancar

Reporter : Audila Rima Ndani

Tips dari Ussy Sulistiawaty yang punya pengalaman ASI mampet dan kini justru lancar.

Tugas seorang ibu nggak selesai begitu saja setelah melahirkan. Selanjutnya mereka harus merawat dan membesarkan bayi bersama dengan sang ayah.

Ibu juga punya tugas untuk memenuhi nutrisi pada bayi melalui pemberian ASI. Meski beberapa ibu mungkin mengalami kendala dalam hal ini dan memutuskan untuk memberikan susu formula, namun kita harus tetap menjaga agar kebutuhan bayi tetap terpenuhi.

Menyusui juga bukan merupakan kegiatan yang mudah bagi seorang ibu. Ussy Sulistiawaty yang baru saja melahirkan anak kelimanya bahkan mengaku ASI-nya sempat mampet. Namun, dia memberikan tips yang membuat ASI-nya bisa kembali lancar.

2 dari 5 halaman

Dukungan suami

 Ussy dan AndhikaUssy dan Andhika © Youtube / Ussy Andhika Official

Dalam video yang diunggah di channel Youtube Ussy Andhika Official, Ussy dan Andhika membagikan beberapa rahasia yang membuat ASI Ussy lancar. Andhika mengatakan bahwa dukungan dari suami pada istri sangat dibutuhkan pada masa menyusui. Andhika selalu minta Ussy untuk makan banyak dan nggak memaksanya untuk menurunkan berat badan.

" Di posisi ini nih, urusan makanan. Peranan suami itu juga penting. Gini istri kita lagi hamil naik berapa kilo, udah gitu pas menyusui juga pasti butuh asupan makanan. Pasti badannya akan lebih lama untuk turun ke kondisi semula. Biasanya suami menuntut untuk ayo dong kamu cepet kurus. Kalau aku sih kebalikannya, maksudnya kalau dia udah mulai makannya dikit, aku yang rewel," ungkap Andhika.

3 dari 5 halaman

Air putih

 Ussy dan AndhikaUssy dan Andhika © Youtube / Ussy Andhika Official

Selanjutnya Ussy mengungkapkan rahasianya yang lain yaitu air putih. Dia banyak minum air putih agar produksi ASInya lebih banyak. Selain itu, Ussy juga mengatakan yang paling baik adalah minum air hangat.

" Nah selanjutnya tuh air putih. Jadi minum air putih sebanyak-banyaknya. Kembung, kembung. Itu air putih ngebantu banget soalnya. Biar ASInya tuh makin banyak, pipis kita juga makin banyak. Tapi ASInya makin banyak. Biasanya yang bagus tuh air anget. Makanya aku ampe bangun tidur berapa botol," kata Ussy.

4 dari 5 halaman

Mengubah mindset

 Ussy dan AndhikaUssy dan Andhika © Youtube / Ussy Andhika Official

Rahasia lainnya datang dari pikiran kita sendiri. Ussy mengatakan bahwa kita harus mengubah pikiran kalau kita nggak bisa memberikan ASI pada anak. Hal itu ternyata bisa memengaruhi produksi ASI.

" Pokoknya pertama kita harus mengubah mindset kita, yang tadinya aduh ASInya kayaknya dikit. Enggak, kita harus yakin, kita harus optimis ASInya tuh banyak," ujar Ussy.

5 dari 5 halaman

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

 Ussy dan AndhikaUssy dan Andhika © Youtube / Ussy Andhika Official

Selain itu, Ussy juga memberikan satu tips penting. Sebaiknya para ibu nggak membandingkan ASInya dengan ASI orang lain.

" Ohiya satu lagi ini yang paling penting. Jangan pernah membandingkan ASI kita sama ASI orang lain. Jadi misalnya kayak, ih dia kok bisa banyak banget sih pake apa, itu pasti stres," ucap Ussy.

Semoga tips dari Ussy ini bisa membantu kita ya, Moms!

Tonton selengkapnya di sini:

Join Diadona.id