Sering Digunakan, Ternyata Ini Dampak Negatif Pemakaian Bedak Bayi

Reporter : Riza Umami
Selasa, 16 Februari 2021 09:17
Sering Digunakan, Ternyata Ini Dampak Negatif Pemakaian Bedak Bayi
Ini ternyata dampak buruk penggunaan bedak tabur bayi.

Dari dulu penggunaan bedak tabur ini sering digunakan untuk bayi. Sejumlah ibu bahkan suka membedaki anaknya sampai putih semua di seluruh tubuh. Namun makin ke sini, manfaat penggunaan bedak bayi semakin dipertanyakan karena belum terbukti secara medis.

Sebaliknya, kini beredar kabar bahwa penggunaan bedak tabur ini malah menyebabkan kulit bayi mengalami ruam terutama yang sensitif bahkan bisa sebabkan penyakit berbahaya seperti kanker. Dilansir dari laman alodokter.com, endapan bedak dan keringat atau urine ternyata memang bisa menimbulkan terjadinya iritasi pada kulit bayi.

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi ngiler © Diadona

Selain itu, ada beberapa dampak negatif yang dari penggunaan bedak tabur untuk bayi. Salah satunya yaitu si kecil bisa mengalami gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan karena partikel bedak tabur yang sangat halus ini, bisa terhirup oleh bayi saat digunakan. Inilah yang dapat sebabkan terjadinya iritasi saluran pernapasan bayi.

Dampak yang lebih berbahaya yaitu bisa memicu kanker akibat penggunaan bedak tabur bayi yang terbuat dari talcum ini. Bedak tabur talcum biasanya mengandung zat berbahaya yang disebut dengan asbes yaitu sebuah zat karsinogenik yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

2 dari 3 halaman

Saat zat asbes ini terhirup terus-menerus oleh anak dalam waktu yang lama, maka bisa sebabkan kanker paru-paru. Tentu Mom tak mau sampai terjadi apa-apa pada buah hati tercinta. Dengan melihat beberapa risiko ini pun, sejumlah ahli tidak menyarankan penggunaan bedak tabur untuk bayi.

Ilustrasi Bayi © Diadona

Meski demikian, BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan menjelaskan bahwa produk bedak tabur bayi ini sudah terdaftar di BPOM yang telah dipastikan bahwa tidak mengandung zat berbahaya sehingga aman untuk digunakan pada bayi.

3 dari 3 halaman

Kemudian, pakaian bedak bayi ke anak ini sesuai dengan petunjuk pemakaian. Caranya yaitu dengan dituang dan diratakan di tangan Mom dulu. lalu dibalurkan ke tubuh bayi. Jangan sampai bedak langsung dituang ke tubuh bayi. Hindari pula membalurkan bedak ini pada area hidung dan juga mulut untuk menghindari partikel bedak terhirup anak.

Untuk alternatif produk pengganti bedak tabur bayi, ibu bisa menggunakan losion atau petroleum jelly yang juga bisa menjaga kelembapan kulit si kecil. Mom tentu juga bisa meminta rekomendasi produk yang aman untuk anak dari dokter. Semoga ulasan di atas bisa membantu ya Mom.

Beri Komentar