Seru-seruan Bareng Si Kecil, Apa Sih Manfaat Face Painting untuk Anak-anak?

Family | Sabtu, 16 April 2022 10:42

Reporter : Kurnia

moms udah pada tahu belum nih, gak cuma asik tapi juga banyak manfaatnya loh

No gadget dan Tv, alihkan perhatian si kecil dengan permainan yang mengedukasi untuk anak-anak seperti face painting. Permain ini bisa menjadi salah satu cara yang paling menyenangkan loh.

Anak-anak bisa berkreasi sepuasnya. Saat seru-seruan bareng si kecil dengan face painting, bukan hanya menyenangkan tapi juga ada beragam manfaat untuk tumbuh kembang si kecil dan perkembangan anak loh, Moms.

Seru-seruan Bareng Si Kecil, Apa Sih Manfaat Face Painting untuk Anak-anak?
2 dari total 6 halaman

Dikutip dari laman sehatq.com, seni seperti face painting bisa membantu si kecil untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar yang melibatkan koordinasi tangan dan mata loh. Selain itu, jari-jari tangan anak juga akan dilatih untuk memegang kuas dengan baik saat melukis.

Selain asik dan seru untuk dilakukan bersama, face painting juga akan mengajari si kecil untuk belajar mengenal warna sampai mengenal bentuk lukisan yang mereka bayangkan. Dengan face painting, secara tidak langsung kreativitas anak-anak akan terasah perlahan.

Jadi, Moms hanya perlu mendampingi dan biarkan anak-anak berkreasi sesuai dengan keinginannya ya.

3 dari total 6 halaman

King Faaz Bareng Queen Eijaz © Diadona

Saat berhasil mengaplikasikan imajinasinya, anak-anak akan merasa lebih percaya diri. Selanjutnya, Moms bisa mengapresiasi hasil gambar face painting anak dengan memberinya pujian seperti, “Wah, anak mama jago melukis wajah.” 

Pujian akan membuat anak merasa mendapat dukungan dan merasa dihargai. Jangan memberikan kesan negative dan pujilah mereka seperti yang dilakukan salah satu selebriti Indonesia, Fairuz A Rafiq kepada dua buah hatinya, King Faaz dan Queen Eijaz.

No gadget dan televisi, begini cerita Fairuz A Rafiq saat mengajari face painting untuk kedua buah hatinya, “Abang @kingfaazarafiqreal sama kakak @queeneijazslofareal lagi hobi banget face painting,karena abang faaz dan kakak eijaz anak-anak NO GADGET jadi mommy daddy kalau beliin mainan yang mengedukasi biar kakak sama abang semakin kreatif,membangun keterampilan motorik dasar dan juga meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata.”

4 dari total 6 halaman

Face Painting dengan si kecil © Diadona

Jika Moms, mau mencoba seru-seruan bareng si kecil dengan face painting, apa saja sih yang perlu diperhatikan?

Cat lukis tidak boleh mengandung bahan berbahaya

Hal pertama yang perlu Moms perhatikan yaitu membaca informasi mengenai komposisi bahan pada label kemasan cat lukis. Hindari cat yang mengandung logam berat, seperti arsenik, kadmium, merkuri, dan timbal karena bisa menjadi racun untuk si kecil loh.

Moms sebaiknya memilih cat khusus face painting yang water based atau berbahan dasar air yang lebih ramah untuk anak dan tentunya mudah dibersihkan.

5 dari total 6 halaman

Face Painting dengan si kecil © Diadona

Lakukan tes tempel pada lengan

Sebelum si kecil melukis wajah mereka, sabiknya Moms lakukan tes tempel pada lengan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah anak alergi terhadap cat lukis tersebut atau tidak. 

Jika tidak ada reaksi yang muncul, cat lukis dapat digunakan untuk gambar face painting. Namun, apabila timbul reaksi, misalnya ruam atau gatal-gatal, sebaiknya hindari melakukan face painting anak dengan cat lukis tersebut ya, Moms.

Join Diadona.id