Stop Menjadikan Badan Gemuk Anak Sebagai Candaan!

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 6 Agustus 2020 16:37
Stop Menjadikan Badan Gemuk Anak Sebagai Candaan!
Obesitas bukan bahan candaan.

Masalah obesitas seringkali dialami oleh anak-anak bahkan di usia yang cukup muda. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Dilansir dari Boldsky, ahli kesehatan menyatakan bahwa angka obesitas pada anak meningkat hampir dua kali lipat dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini menujukkan bahwa semakin banyak anak yang mengalami obesitas di sekitar kita.

Beberapa orang tua nggak menyadari efek buruk dari obesitas pada anak. Meskipun sudah sadar pada bahayanya, beberapa bahkan nggak punya waktu untuk mengambil tindakan dan melakukan pencegahan pada kondisi ini.

1 dari 4 halaman

ilustrasi anak obesitas © Diadona

Menurut banyak pakar kesehatan, orang tua memiliki peran sangat penting dalam menangani masalah obesitas pada anak. Orang tua punya kendali lebih besar atas pilihan makanan dan aktivitas anak mereka sehari-hari.

Namun, para pakar kesehatan juga menganjurkan agar orang tua lebih hati-hati dalam menangani masalah obesitas pada anak. Nyatanya beberapa orang tua masih ada yang menjadikan badan gemuk anak mereka sebagai bahan candaan dalam keluarga.

2 dari 4 halaman

Meski hal itu membuat anak menjadi sadar akan kondisi tubuhnya, tapi tindakan itu justru bisa menumbuhkan rasa rendah diri dalam diri mereka. Tanpa disadari ucapan orang tua bisa menyakiti perasaan anak-anak dan nggak mudah untuk mereka lupakan.

Untuk membuat anak sadar bahwa obesitas membuat kondisi tubuhnya nggak sehat, orang tua harus menggunakan pendekatan yang lebih baik. Umumnya anak-anak obesitas memang akan merasa malu saat ada orang lain yang menyadarkan mereka akan kondisi tubuhnya.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Beberapa kasus bahkan menunjukkan bahwa anak bisa mengalami depresi karena diolok-olok tentang tubuhnya. Makanya sebagai orang tua jangan sampai kita menjadi penyebab depresi yang dialami oleh anak.

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa orang tua mungkin harus benar-benar menahan diri untuk nggak membuat komentar apa pun tentang berat badan atau penampilan anak. Sebaliknya, orang tua mungkin perlu membiasakan anak makan sehat dan bermain sebanyak mungkin untuk membakar kalori.

4 dari 4 halaman

Selain itu, kita bisa mendidik anak tentang makanan sehat dan makanan nggak sehat tanpa membuat mereka merasa sadar akan tubuh mereka. Dengan begitu, kita bisa menangani masalah obesitas pada anak tanpa menyakiti hati mereka.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya, Moms!

Beri Komentar