Tak Mau Anak Ketagihan Jajanan di Sekolah? Ini Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Reporter : Riza Umami
Senin, 12 Oktober 2020 19:17
Tak Mau Anak Ketagihan Jajanan di Sekolah? Ini Beberapa Cara untuk Mengatasinya
Kiat agar anak tak ketagihan jajanan di sekolah.

Biasanya, anak yang bersekolah di tingkat sekolah dasar sangat suka beli jajan di sekolahnya. Anak-anak ini pun terkadang masih sulit untuk menentukan mana makanan yang sehat untuknya dan tidak.

Pokoknya banyak yang beli dan rasanya enak, pasti si anak pun akan ikut beli juga. Tentu orang tua menjadi khawatir anak-anak di sekolah sampai jajan sembarangan seperti itu. Lantas bagaimana caranya agar anak tak sampai ketagihan jajan di sekolah begitu?

1 dari 2 halaman

Dilansir dari laman klikdokter.com, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membawakan anak bekal ke sekolah. Biasanya, anak yang sudah bawa bekal ini, jadi malas untuk beli jajan di sekolah karena perutnya sudah kenyang. Agar anak makannya lebih lahap, Mom bisa menyiapkan bekal semenarik dan secantik mungkin untuk anak.

Nasi Kepal Onigiri Gekijou © Diadona

Dalam membawakan bekal untuk anak ini, sebaiknya ia pun diikutkan dalam memilih menu apa saja yang dia inginkan untuk bekalnya nanti tanpa mengabaikan aspek gizinya. Anak bisa minta dibuatkan omelette, onigiri, nasi goreng, dan lain sebagainya.

2 dari 2 halaman

Berikutnya, agar anak tak suka jajan di luar seperti di sekolah, ibu bisa membuatkan anak jajanan tersebut di rumah. Jajan homemand begini tentunya lebih baik untuk anak karena ibu bisa memastikan sendiri kebersihan dan keamanannya. Kalau belum tahu cara membuatnya, Mom pun bisa mencari resepnya di Google, YouTube atau yang lainnya.

Terakhir, berikan contoh pada anak. Hal ini sebenarnya sepele tetapi bisa sangat berpengaruh pada anak karena ia memang cenderung meniru sikap dan sifat orang tuanya. Kalau ibu tak mau anak suka jajan di sekolah atau luar rumah, Mom pun harus melakukan hal yang sama. Kurangi kebiasaan suka jajan di luar dan beralihlah dengan mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak tak ketagihan jajan di sekolah. Selamat mencoba Mom dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar