Tak Melulu Negatif, ini Lho Manfaat Sosial Media untuk Anak-anak dan Remaja

Family | Rabu, 22 September 2021 16:26

Reporter : Kurnia

Apa saja sih Moms? Simak manfaat, dampak, sampai cara menanganinya yuk

Dewasa ini, sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, sampai TikTok bukanlah hal yang baru bagi Moms dan Daddy. Begitu juga sebaliknya untuk anak-anak, platform sosial media itu adalah hal yang penting bagi mereka.

Games dan berbagai jenis sosial media menjadi ruang interikasi bagi mereka, terutama remaja yang sedang mencari jati dirinya. Sosial media akan memberi remaja Moms peluang seperti membuat profile, mengunggah komentar, saling berinteraksi dengan mengobrol, mengunggah foto dan video, berbagi tautan, sampai menandi konten.

Apakah hal-hal semacam itu selalu berdampak negative? Tidak demikian, Moms. Media sosial yang bergantung pada perkembangan teknologi ini memiliki manfaat yang bisa mencakup berbagai hal. Terlebih lagi pada musim pandemi seperti ini.

Tak Melulu Negatif, ini Lho Manfaat Sosial Media untuk Anak-anak dan Remaja
2 dari 6 halaman

Lantas, apa sih manfaat sosial media untuk anak-anak dan remaja?

Dilansir dari halaman risingchildren.net.au, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh remaja dan anak-anak yang menggunakan sosial media sebagai sarana komunikasi mereka.

Ilustrasi anak dan gadgetIlustrasi anak dan gadget © netnanny.com

3 dari 6 halaman

Media sosial adalah bagian besar dari kehidupan sosial dan kreatif bagi remaja dan anak muda.

ilustrasi anak dan gadgetilustrasi anak dan gadget © Shutterstock.com

Anak-anak, remaja, bahkan sampai orang dewasa menggunakan media sosial untuk bersenang-senang , menjalin, dan memelihara persahabatan, berbagi minat, mengeksplorasi identitas dan mengembangkan hubungan dengan keluarga. 

Media ini adalah perpanjangan dari interaksi offline dan tatap muka mereka. Khususnya untuk remaja yang lebih tua, ini sering menjadi bagian penting dari cara mereka terhubung dengan teman.

Media sosial dapat  menghubungkan anak-anak dan remaja ke komunitas global online berdasarkan persamaan minat mereka. Media sosial menjadi sarana pendukung bagi mereka. Misalnya, untuk kaum muda penyandang disabilitas atau kondisi medis, atau anak-anak dari latar belakang budaya tertentu. 

Sambungan melalui sosial media juga mungkin akan menghubungkan mereka dengan situs-situs tertentu untuk mengomentari dan berbagi konten tentang minat tertentu seperti game, serial TV, musik, atau hobi mereka.

4 dari 6 halaman

Manfaat lain dari penggunaan sosial media adalah:

ilustrasi anak dan gadgetilustrasi anak dan gadget © Shutterstock.com

Literasi media digital: menjelajahi dan bereksperimen di media sosial dapat membantu anak-anak Moms membangun pengetahuan dan keterampilan untuk menikmati aktivitas online dan menghindari risiko online.

Pembelajaran kolaboratif: remaja Moms dapat menggunakan media sosial untuk berbagi konten pendidikan, baik secara informal maupun di lingkungan sekolah formal.

Kreativitas: buah hati Moms dapat berkreasi dengan halaman profil, foto dan video, serta modifikasi untuk permainan.

Kesehatan dan kesejahteraan mental: terhubung dengan keluarga besar dan teman-teman dan mengambil bagian dalam komunitas online lokal dan global dapat memberikan anak-anak rasa terhubung dan memiliki.

5 dari 6 halaman

Dari berbagai manfaat yang didapat, media sosial juga dapat menimbulkan risiko untuk buah hati Moms yang meliputi:

ilustrasi anak dan gadgetilustrasi anak dan gadget © Shutterstock.com

1. Terpapar konten yang tidak pantas atau menjengkelkan, seperti komentar atau gambar yang kejam, agresif, kekerasan, atau seksual.

2. Mengunggah konten yang tidak pantas, seperti foto atau video yang memalukan atau provokatif tentang diri mereka sendiri atau orang lain.

3. Berbagi informasi pribadi dengan orang asing seperti nomor telepon, tanggal lahir, atau lokasi tertentu.

4. Perundungan siber.

5. Paparan terlalu banyak iklan dan pemasaran bertarget yang akan membahayakan mereka.

6. Pelanggaran data dengan menjual data dirinya atau bahkan orang lain ke organisasi tertentu.

6 dari 6 halaman

Lalu, bagaimana Moms bisa membantu mengelola risiko media sosial untuk anak-anak dan remaja?

Berbicara tentang penggunaan media sosial

1. Berbicara adalah cara terbaik untuk melindungi buah hati dari risiko media sosial dan memastikan keamanan internet mereka. Berbicara akan memberikan Moms kesempatan untuk membantu anak untuk:

2. Cari tahu bagaimana mereka ingin memperlakukan orang lain dan diperlakukan secara online. Misalnya, Moms dapat mendorong remaja untuk hanya membuat komentar yang positif di sosial media yang mereka gunakan.

3. Memahami risiko yang terlibat dalam penggunaan media sosial. Seperti, anak Moms mungkin ditandai dalam foto memalukan yang diambil di sebuah acara tertentu.

4. Mepelajari cara menavigasi risiko. Misalnya, jika anak-anak memposting selfie yang dapat diidentifikasi, mereka dapat mengurangi risiko dengan tidak menyertakan informasi pribadi lainnya.

5. Mempelajari apa yang harus dilakukan jika orang meminta detail pribadi, jahat atau kasar secara online, memposting foto memalukan remaja Moms, atau membagikan informasi yang menautkan kembali ke mereka.

Join Diadona.id