Tak Mudik, Ini Alternatif Kegiatan Bareng Anak Saat Lebaran

Reporter : Riza Umami
Jumat, 14 Mei 2021 08:17
Tak Mudik, Ini Alternatif Kegiatan Bareng Anak Saat Lebaran
Meski gak mudik, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak lho Mom.

Masyarakat dilarang mudik lagi tahun ini karena pandemi yang masih belum berakhir. Tentu ini bukanlah hal yang mudah apalagi sudah dua kali lebaran berturut-turut tak bisa mudik ke kampung halaman bersama keluarga.

Walaupun tak bisa mudik tahun ini dan berkumpul bersama keluarga besar, tentunya Mom tak boleh larut dalam kesedihan dan perlu mencari alternatif kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak agar mereka pun tak bosan di rumah saja. Dilansir dari laman parenting.co.id, berikut ini alternatif kegiatan bareng anak saat lebaran selain mudik.

1 dari 4 halaman

Rayakan Malam Takbiran di Rumah

ilustrasi keluarga © Diadona

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan yaitu merayakan malam takbiran di rumah. Mom bisa menyiapkan rebana kecil kalau ada untuk ditabuh oleh buah hati sembari mengumandangkan takbir sambut Idul Fitri. Kemudian, siapkan pula camilan dan snack favorit anak agar mereka makin semangat.

2 dari 4 halaman

Menghias Parsel

Ilustrasi Parcel Lebaran © Diadona

Biasanya menjelang hari lebaran, kita akan mengirimkan parsel untuk kerabat dan sanak saudara. Coba ajak anak-anak untuk menghias parsel yang akan dikirim tersebut. Selain bisa meningkatkan kreativitas anak, kegiatan yang satu ini juga pasti terasa seru untuk mereka.

3 dari 4 halaman

Masak dan Makan Sajian Lebaran Bersama

ilustrasi keluarga © Diadona

Momen lebaran tentu gak akan terasa lengkap tanpa adanya beberapa masakan khas Hari Raya Idul Fitri seperti opor ayam, ketupat dan beberapa yang lainnya. Yuk Mom buat menu khas lebaran dan ajak buah hati untuk buat ketupat dan masak bareng. Kemudian nanti makan bersama keluarga.

4 dari 4 halaman

Video Call Keluarga Besar

Ilustrasi Keluarga © Diadona

Meski tak bisa mudik ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar, Mom dan anak-anak tetap bisa melakukan silaturahmi online dengan cara video call waktu keluarga besar lagi pada kumpul. Hal ini tentu akan mengobati kerinduan Mom sekeluarga yang belum bisa mudik lebaran tahun ini.

Nah, itulah beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan bersama buah hati selama lebaran karena belum bisa mudik ke kampung halaman. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Beri Komentar