Terbukti, Anak Kurang Bergaul Cenderung Lahir dari Orang Tua yang Kaku

Reporter : Audila Rima Ndani
Sabtu, 27 Juni 2020 07:37
Terbukti, Anak Kurang Bergaul Cenderung Lahir dari Orang Tua yang Kaku
Penelitian udah membuktikannya lho, Moms!

Sebagai orang tua kita memiliki kewajiban untuk mendidik anak agar memiliki kepribadian yang baik. Sikap-sikap seperti mandiri dan disiplin juga merupakan hal yang wajib kita biasakan pada anak.

Tapi banyak orang tua yang nggak sadar telah bersikap kaku dalam mendidik anaknya. Sebenarnya kita memang harus memiliki ketegasan sebagai orang tua, tapi bukan berarti kita harus keras pada anak.

Banyak yang nggak sadar bahwa perilaku keras ternyata bisa membuat anak menjadi seorang anti sosial yang nggak mau bergaul.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi anak sedih © Diadona

Dilansir dari Times of India, beberapa orang tua setuju bahwa seharusnya metode pengasuhan yang keras pada anak sebaiknya ditinggalkan. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mendidik anak dengan keras membuat mereka menjadi antisosial dalam jangka waktu yang lama.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania ini telah mengamati lingkungan tempat anak-anak dibesarkan. Mereka mengatakan bahwa keluarga yang nggak hangat dalam mendidik anak serta kekerasan yang terjadi di rumah membuat anak-anak lebih agresif dan kurang empati.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi anak sedih © Diadona

Cara mendidik anak mempengaruhi perilaku sosial mereka. Perlakuan keras dan sedikit kehangatan dalam keluarga membuat anak menunjukkan keterampilan sosial yang kurang.

Hyde, seorang profesor di Departemen Psikologi Michigan, mengatakan penelitian ini menunjukkan bahwa nggak hanya gen saja, tapi cara mendidik anak juga berkontribusi pada pengembangan sifat mereka yang sangat berisiko. Meskipun anak memiliki DNA yang sama, tapi perbedaan cara mendidik bisa mempengaruhi perkembangan sifat-sifat mereka.

Makanya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan mendidik anak dengan keras. Kita tetap bisa kok membuat mereka disiplin tanpa menjadi keras.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya!

Beri Komentar