Tips Ajarkan Budi Pekerti Sejak Dini pada Anak

Reporter : Riza Umami
Senin, 7 Maret 2022 17:17
Tips Ajarkan Budi Pekerti Sejak Dini pada Anak
Berikut beberapa caranya.

Orang tua tentu senang bila mempunyai anak yang sopan dan memiliki budi pekerti. Budi pekerti ini pun akan sangat berguna dalam kehidupan anak ke depannya karena ini berkaitan erat dengan perangai dan sifat baik sang anak.

Dilansir dari laman orami.co.id, budi pekerti ini ada beberapa macam yaitu dalam keluarga, masyarakat serta berbangsa dan bernegara. Dr. Bill Sears, seorang dokter anak dan pakar perilaku anak, berpendapat bahwa perilaku anak ini adalah cerminan dari perilaku kedua orang tuanya.

1 dari 4 halaman

Hal inilah yang menyebabkan ada anak yang bisa diajarkan dan menyerap budi pekerti dengan cepat serta ada pula sejumlah anak yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama, bergantung dari cerminan orang tuanya.

Sebenarnya, sejak bayi seorang anak sudah memperhatikan dan meniru perilaku orang tuanya. Jika ibu dan ayah konsisten menunjukkan budi pekerti yang baik pada anak, tentu hal ini akan berefek positif kepada si kecil. Ini beberapa tips dalam mengajarkan budi pekerti sejak dini pada anak.

2 dari 4 halaman

1. Dorong Anak Selalu Bersikap Baik dan Sopan

Ilustrasi keluarga © Diadona

Anak tentu harus diajarkan untum bersikap baik dan sopan sedari usianya masih kecil. Dengan begini, anak pun akan terbiasa dan dapat terbawa hingga dewasa. Jangan ragu untuk memberikan pujian serta hadiah saat anak senantiasa bersikap baik dan sopan.

3 dari 4 halaman

2. Beri Contoh yang Baik pada Anak

Ilustrasi keluarga Jepang © Diadona

Sebagaimana dijelaskan tadi bahwa perilaku anak adalah cerminan orang tua. Ibu dan ayah sebisa mungkin harus memberikan contoh yang baik pada anak bila ingin ia tumbuh jadi pribadi yang memiliki budi pekerti baik. Pastinya dalam mendidik anak butuh kedisiplinan dan juga ketegasan, tetapi imbangi pula dengan perhatian serta kasih sayang.

4 dari 4 halaman

3. Berikan Pemahaman kepada Buah Hati

ilustrasi keluarga © Diadona

Bila anak menunjukkan perilaku yang buruk, sebisa mungkin berikan anak pemahaman bahwa itu adalah hal yang tidak baik. Katakan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak dan jangan marah-marah karena anak jadi kesal serta malas mendengarkannya. Sebaliknya, semangati anak agar tidak mengulangi perilaku tersebut. Semoga beberapa tips ini bisa berguna ya Mom.

Beri Komentar