Tips Jitu Membangunkan Si Kecil untuk Sahur

Reporter : Riza Umami
Senin, 12 April 2021 18:17
Tips Jitu Membangunkan Si Kecil untuk Sahur
Tips membangunkan anak untuk sahur.

Bulan Ramadan telah tiba yang artinya umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa. Pada tahun ini, mungkin ibu sudah mulai mengajarkan anak untuk berpuasa. Salah satu tantangan yang mungkin dihadapi adalah anak yang susah dibangunkan sewaktu sahur.

Anak tentunya terbiasa bangun di pagi hari, tetapi kalau puasa mereka harus bangun lebih dini daripada biasanya untuk sahur. Pasti anak susah dibangunin karena mereka masih ngantuk. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara yang bisa ibu lakukan untuk membangunkan anak waktu sahur.

1 dari 4 halaman

1. Siapkan Menu Favorit Anak

Ilustrasi Anak Makan Fast Food © Diadona

Anak-anak pasti punya makanan kesukaan mereka misalnya nasi goreng, chicken katsu, atau masakan yang lainnya. Pancing anak agar mereka makin semangat untuk sahur dengan makanan kesukaannya ini. Sebelum tidur pada malam harinya, katakan pada anak kalau dia harus bangun misalnya jam 3 untuk sahur dan nanti ibu akan membuatkan makanan kesukaannya.

2 dari 4 halaman

2. Atur Jam Tidur Anak

ilustrasi anak tidur © Diadona

Saat puasa, biasanya pola tidur anak akan berubah karena dia harus bangun lebih dini untuk sahur. Agar waktu tidur anak tak berkurang meski di bulan puasa, ibu bisa mengatur jam tidurnya lebih cepat daripada biasanya di malam hari. Bila anak biasa tidur jam 9, untuk sekarang ajak dia tidur di jam 8. Kemudian, kalau anak sudah selesai sahur dan shalat shubuh, ibu juga bisa membiarkan anak untuk tidur lagi sampai pagi hari.

3 dari 4 halaman

3. Bangunkan Buah Hati dengan Cara yang Lembut

Ilustrasi Anak Tidur © Diadona

Salah satu yang terpenting yaitu pastikan ibu membangunkan si kecil dengan cara yang lembut misalnya dengan mengelus rambutnya sambil memanggil namanya dengan lembut. Kalau anak masih belum bangun juga, coba untuk memeluknya sambil katakan kalau sudah waktunya untuk sahur. Sebaliknya, kalau ibu berteriak-teriak untuk membangunkan anak, biasanya mereka jadi jengkel bahkan jadi males untuk sahur. Oleh sebab itu, lebih baik gunakan cara yang lembut.

4 dari 4 halaman

4. Berikan Anak Penghargaan

Ilustrasi hadiah © Diadona

Menjalankan puasa ini mungkin terasa cukup berat untuk anak. Oleh sebab itu, berikanlah dia penghargaan misalnya pujian manis agar anak pun makin semangat untuk sahur dan menjalankan puasa. Kalau ibu ada rezeki berlebih, Mom juga bisa menjanjikan akan memberikan hadiah untuk anak kalau dia bisa puasa penuh selama Ramadan. Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan anak waktu sahur. Semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar