Tips Menjaga Bayi yang Baru Lahir di Masa New Normal

Family | Sabtu, 1 Agustus 2020 07:37
Tips Menjaga Bayi yang Baru Lahir di Masa New Normal

Reporter : Audila Rima Ndani

Ikuti tips ini yuk, Moms!

Menghadapi masa new normal bukan berarti kita bisa bebas melakukan kegiatan di luar rumah. Kita harus tetap waspada dan mengikuti aturan untuk menjaga keselamatan kita.

Bagi para ibu yang baru saja melahirkan di masa new normal ini, pasti merasakan kekhawatiran akan kondisi bayi kita karena wabah virus corona yang masih belum berakhir. Perasaan itu tentu wajar dirasakan di saat seperti ini.

Tapi mengikuti anjuran para ahli, sebaiknya kita juga jangan ikutan panik ya, Moms. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga bayi yang baru lahir di masa new normal ini.

2 dari 6 halaman

Jadikan keselamatan sebagai prioritas

 ilustrasi bayiilustrasi bayi © 2019 https://www.diadona.id / @ practicalparenting

Kelahiran anak tentu nggak hanya membuat kita sebagai orang tua bahagia tapi juga orang-orang di sekitar kita. Beberapa orang tua tentu sangat ingin memperkenalkan dan menunjukkan bayi mereka pada keluarga atau teman.

Namun sebaiknya di masa seperti ini, kita nggak melakukan hal itu dulu. Kita harus tetap melakukan physical distancing untuk melindungi anak kita dari virus corona.

Sebagian besar keluarga dan teman pasti memahami hal ini. Namun jika mereka memang ingin berkunjung dan melihat bayi kita, kita bisa menolak dengan halus dan memberikan pilihan lain seperti melakukan video call atau mengirimi foto.

3 dari 6 halaman

Menyusui bayi

 Ilustrasi MenyusuiIlustrasi Menyusui © huffpost

Usahakan untuk menyusui bayi sesering mungkin jika mereka memang ingin susu. ASI dapat membantu membangun kekebalan dan resistensi pada tubuh bayi terhadap infeksi.

Penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang disusui menunjukkan sedikit atau nggak ada dampak virus. Makanya sebaiknya berikan anak ASI eksklusif ya, Moms!

4 dari 6 halaman

Konsultasi dengan dokter

 Ilustrasi pergi ke dokterIlustrasi pergi ke dokter © statnews.com

Jika tubuh kita atau bayi menunjukkan tanda-tanda penyakit COVID-19, kita bisa melakukan konsultasi secara online dengan dokter terlebih dahulu. Saat sudah mendapatkan arahan dari dokter, barulah kita segera pergi ke rumah sakit. Konsultasi juga dibutuhkan sebelum kita memberi bayi obat untuk gejala yang mereka alami.

5 dari 6 halaman

Ikuti anjuran kebersihan dengan benar

 Ilustrasi Cuci TanganIlustrasi Cuci Tangan © nationalgeographic.com

Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin adalah suatu keharusan. Lebih lanjut, bayi di bawah usia 2 tahun nggak boleh memakai masker karena mereka memiliki saluran udara yang lebih kecil sehingga bernapas di bawah kain lebih sulit bagi mereka.

Pastikan siapa pun yang masuk ke rumah, membersihkan diri dengan benar dan menggunakan masker setiap saat. Selain itu kita juga harus selalu mengikuti perkembangan informasi terkait wabah ini dari sumber yang terpercaya.

6 dari 6 halaman

Meskipun sebagian besar penyakit COVID-19 ditemukan pada orang dewasa, tapi anak-anak juga dapat terinfeksi. Virus ini dapat menyebabkan penyakit ringan pada anak-anak atau kadang-kadang nggak menunjukkan gejala sama sekali.

Oleh karena itu, ini adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk melindungi bayi di masa new normal.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Join Diadona.id