Tips Mudah untuk Menstimulasi Kecerdasan Otak Bayi

Reporter : Riza Umami
Jumat, 21 Mei 2021 08:17
Tips Mudah untuk Menstimulasi Kecerdasan Otak Bayi
Berikut ini beberapa caranya Mom.

Tiap orang tua tentu berharap bayinya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Ternyata, kecerdasan anak ini bisa dirangsang sedari dia masih bayi lho Mom. Masa 1000 hari pertama anak adalah waktu yang sangat tepat untuk menstimulasi kecerdasan otak anak.

Dilansir dari laman alodokter.com, hal ini disebabkan karena pada masa 1000 hari pertama ini, otak anak dapat berkembang sampai 80% dari kapasitas otak orang dewasa. Ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan untuk menstimulasi kecerdasan otak bayi.

1 dari 4 halaman

Lakukan Bonding Time

Ilustrasi Bayi Minum Susu © Diadona

Cara paling mudah untuk menstimulasi kecerdasan otak bayi ini adalah dengan melakukan berbagai kegiatan untuk menjalin ikatan emosional (bonding time) dengan anak. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ini misalnya menyusui, menggantikan popok bayi, dan juga bermain bersama anak.

2 dari 4 halaman

Sering Ajak Anak Bicara

Ilustrasi bayi dan kedua orangtuanya © Diadona

Walau tampak sederhana, ternyata sering mengajak bayi berbicara bisa menstimulasi kecerdasan otaknya lho Mom terutama untuk kemampuannya dalam berbahasa. Saat bicara dengan anak, sebisa mungkin gunakan kontak mata karena hal ini akan memudahkan bayi untuk membangun memori di otaknya.

3 dari 4 halaman

Ajak Anak Mengenali Lingkungan Sekitar

Ilustrasi Bayi © Diadona

Mengajak anak mengenal lingkungannya juga perlu untuk dilakukan Mom. Namun, di masa pandemi seperti ini mungkin ibu bisa memilihkan tempat-tempat yang relatif lebih aman untuk anak dan tak terlalu ramai misalnya di taman rumah, kebun kakek dan lain sebagainya. Kenalkan anak dengan bunga, tanaman atau hewan yang dijumpai.

4 dari 4 halaman

Berikan Mainan Pada Anak Sesuai Tahap Usianya

ilustrasi bayi main © Diadona

Terakhir, ibu bisa memberikan mainan untuk anak yang memang sesuai dengan tahap usianya untuk membantu stimulasi kemampuan sensorik dan motorik anak. Pada bayi berusia 1-3 bulan, ibu bisa memberikan mainan yang mudah digenggam dan mengeluarkan bunyi.

Usia di atas 3 bulan, berikan anak mainan dengan berbagai tekstur. Selanjutnya untuk anak yang usianya 9 bulan ke atas, ibu bisa menggunakan mainan ketangkasan seperti balok susun, puzzle atau yang lainnya untuk stimulasi kecerdasan anak. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

Beri Komentar