Tips Urus Anak Tanpa Bantuan Pengasuh

Reporter : Riza Umami
Rabu, 14 Juli 2021 09:17
Tips Urus Anak Tanpa Bantuan Pengasuh
Berikut beberapa tipsnya.

Sejumlah ibu memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga agar lebih fokus dalam mengurus anak, suami serta rumah. Mereka pun biasanya memilih untuk tidak menggunakan jasa pengasuh karena ingin merawat buah hatinya sendiri.

Namun, membesarkan dan merawat anak ini terkadang mungkin akan terasa melelahkan dan cukup sulit apalagi bagi para ibu baru yang masih belum banyak pengalamannya dalam mengurus anak. Oleh sebab itu, ibu perlu mempelajari beberapa tips dalam mengurus anak tanpa bantuan pengasuh.

Dilansir dari laman halodoc.com, ada beberapa tips dalam mengasuh buah hati tanpa menggunakan jasa babysitter atau pengasuh.

1 dari 5 halaman

1. Belajar Mengurus Bayi dengan Benar

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Ibu tentu sangat perlu belajar bagaimana cara mengurus anak dengan benar apalagi sekarang begitu mudah untuk mengakses ilmu parenting seperti itu. Pelajari bagaimana cara memandikan bayi, menyusui anak yang benar, menggendong bayi, belajar tentang MPASI dan masih banyak lagi. Upgrade terus ilmu tentang parenting agar ibu bisa membesarkan anak dengan baik.

2 dari 5 halaman

2. Persiapkan Mental

Ilustrasi Ibu dan Anak © Diadona

Mengurus anak sendirian mungkin bukanlah hal yang mudah apalagi untuk ibu baru. Akan banyak kebiasaan yang harus berubah, mungkin ibu pun jadi kurang tidur dan kelelahan karena harus mengurus anak yang masih kecil. Oleh sebab itulah, persiapkan mental dengan sebaik-baiknya apalagi sindrom baby blues biasa terjadi kepada ibu yang baru melahirkan anaknya. Pastikan ibu sudah benar-benar siap mental dalam mengurus buah hati.

3 dari 5 halaman

3. Pahami Tahapan Perkembangan Anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Selain mempelajari cara mengurus anak dengan benar, ibu pun juga perlu memahami tahapan-tahapan dalam perkembangan anak gunanya tentu untuk membantu tumbuh kembang buah hati. Ibu bisa membantu dengan cara melakukan stimulasi tertentu sesuai dengan usia anak. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari media sosial seperti TikTok, Instagram, YouTube atau bisa juga dengan membaca buku.

4 dari 5 halaman

4. Bagi Waktu dengan Baik

Ilustrasi Ibu dan Anak di Jepang © Diadona

Karena Mom mengerjakan semuanya sendiri baik mengurus anak, suami dan rumah, tentu ibu pun perlu pintar-pintar dalam membagi waktu untuk semuanya. Ibu bisa membuat jadwal kegiatan yang harus diikuti sehari-hari beserta dengan waktunya mulai dari bangun tidur di pagi hari sampai nanti kembali tidur ketika malam hari.

5 dari 5 halaman

5. Jangan Sungkan Minta Bantuan Pasangan atau Keluarga

Ilustrasi keluarga © Diadona

Mengurus anak seorang diri terkadang memang sangat melelahkan. Untuk menjaga kewarasan ibu, jangan sungkan meminta bantuan kepada pasangan atau keluarga untuk mengurus buah hati ketika ibu merasa begitu lelah dan stres. Istirahatlah sejenak agar pikiran ibu kembali fresh dan bisa lanjut mengurus anak lagi nanti.

Beri Komentar