Tumbuhkan Kebiasaan Tidur yang Baik pada Anak dengan Cara Ini!

Family | Selasa, 4 Mei 2021 07:37
Tumbuhkan Kebiasaan Tidur yang Baik pada Anak dengan Cara Ini!

Reporter : Audila Rima Ndani

Yuk, ikuti caranya agar anak mendapat waktu tidur yang berkualitas.

Banyak orang masih menyepelekan waktu tidur dalam kehidupan. Padahal mengistirahatkan tubuh dengan tidur adalah hal yang sangat penting.

Tidur nyenyak di malam hari juga sangat penting untuk anak-anak. Di masa pertumbuhan dan perkembangan mereka, anak-anak membutuhkan tidur yang cukup agar mereka memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Times of India, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa memengaruhi emosi, perilaku, dan kemampuan anak dalam mempelajari hal-hal baru. Maka dari itu, penting untuk memastikan agar anak mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari.

Berikut beberapa tips menumbuhkan kebiasaan tidur yang baik pada anak.

2 dari 7 halaman

Membuat Rutinitas

 Ilustrasi Anak TidurIlustrasi Anak Tidur © shutterstock

Menyusun rutinitas di malam hari adalah hal yang penting untuk memumbuhkan kebiasaan tidur yang baik pada anak. Kita bisa membuat ritual di malam hari seperti mengganti baju hingga menyikat gigi untuk dilakukan oleh anak.

Menjalani rutinitas yang dibuat secara konsisten bisa membantu anak lebih cepat tidur. Dengan begitu, mereka akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang baik.

3 dari 7 halaman

Makan Malam di Waktu yang Tepat

 Ilustrasi Anak Makan Fast FoodIlustrasi Anak Makan Fast Food © 2020 https://shutterstock.com/KK Tan

Banyak dari kita yang sering menyepelekan waktu makan malam anak. Padahal idealnya, anak harus makan 2-3 jam sebelum tidur.

Tidur setelah makan bisa membuat anak merasa nggak nyaman. Untuk itu, sebaiknya atur jadwal makan malam jauh dari waktu tidur anak ya, Moms!

4 dari 7 halaman

Kamar Harus Nyaman

 Ilustrasi Anak TidurIlustrasi Anak Tidur © https://www.shutterstock.com/g/varunyu

Ruangan kamar ternyata bisa memengaruhi kebiasaan tidur anak. Pastikan kamar anak nyaman digunakan untuk tidur.

Sebaiknya kamar nggak dalam keadaan panas atau terlalu pengap. Cahaya lampu juga harus diantur agar nggak terlalu terang.

5 dari 7 halaman

Batasi Penggunaan Gadget

 Ilustrasi anak dan gadgetIlustrasi anak dan gadget © shutterstock.com

Gadget bisa membuat anak susah tidur lho! Jangan biarkan anak menggunakan gadget mereka sebelum tidur.

Hal ini akan membuat anak sulit tidur dan ingin terus bermain dengan gadget. Jika dibiarkan, anak tentu nggak akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

6 dari 7 halaman

Hindari Kafein

 Ilustrasi CokelatIlustrasi Cokelat © unsplash.com/Tamas pap

Seperti yang kita ketahui, kandungan kafein bisa membuat kita sulit tidur. Pastikan anak nggak mengonsumsi kafein sebelum mereka minum.

Nggak cuma ada pada kopi, kandungan kafein juga bisa kita temukan pada minuman energi, teh, coklat, dan minuman bersoda. Untuk itu, jangan biarkan anak mengonsumsinya sebelum tidur ya, Moms!

7 dari 7 halaman

Tidur Sesuai Jadwal

 ilustrasi anak tidurilustrasi anak tidur © Shutterstock.com

Penting untuk menentukan waktu tidur untuk anak. Selain itu, anak juga harus selalu mengikuti jadwal tidur yang kita tetapkan.

Dengan begitu, anak akan terbiasa tidur di waktu yang telah ditetapkan. Hal ini juga berlaku untuk waktu bangun di pagi hari.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Join Diadona.id