Usia Berapa Bayi Seharusnya Sudah Bisa Berdiri?

Family | Minggu, 20 September 2020 07:37
Usia Berapa Bayi Seharusnya Sudah Bisa Berdiri?

Reporter : Audila Rima Ndani

Cari tahu di sini, Moms!

Bayi bisa tumbuh begitu cepat tanpa kita sadari. Dari seorang bayi yang awalnya nggak bisa apa-apa dan membutuhkan kehadiran kita, tiba-tiba tumbuh pesat dan mulai mengembangkan kemampuan-kemampuan baru.

Salah satu kemampuan yang akan dimiliki bayi seiring dengan pertumbuhan mereka adalah kemampuan untuk berdiri. Hal ini dianggap sebagai suatu fase yang penting untuk dicapai oleh para bayi.

Tapi apakah kamu sudah tahu kira-kira umur berapa sih bayi seharusnya sudah bisa berdiri?

2 dari 5 halaman

 ilustrasi bayi dan baby walkerilustrasi bayi dan baby walker © productnation.co

Dilansir dari Verywellfamily, kemampuan berdiri penting untuk membantu bayi mengembangkan otot lengan dan kaki mereka. Hal ini bahkan bisa memberi pandangan yang baru bagi anak tentang dunia.

Selain itu, berdiri merupakan pencapaian awal dari kemampuan untuk berjalan. Artinya setelah bisa berdiri, bayi akan segera bisa bergerak dengan lebih bebas.

3 dari 5 halaman

Menurut bagan Denver II Developmental Assessment, bayi biasanya mulai berdiri pada usia antara 6,5 hingga 8,5 bulan. Berikut beberapa tahapan perkembangan bayi.

1. Berdiri dan berpegang pada benda-benda (antara 6,5 hingga 8,5 bulan)
2. Menarik diri ke posisi berdiri (antara 8 hingga 10 bulan)
3. Berdiri sekitar 2 detik (antara 9 hingga 11,5 bulan)
4. Berdiri tanpa bantuan (antara 10,5 hingga 14 bulan)

4 dari 5 halaman

 Ilustrasi Bayi ManjaIlustrasi Bayi Manja © shutterstock

Penting untuk dipahami bahwa nggak semua bayi akan mencapai setiap tahapan sesuai dengan jangka waktu di atas. Informasi di atas hanya menunjukkan waktu yang dimiliki sebagian besar bayi untuk mendapatkan keterampilan tersebut.

Banyak bayi yang juga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Seiring berjalannya waktu, sebagian besar bayi pada akhirnya akan bisa berdiri sendiri.

5 dari 5 halaman

Kebanyakan bayi yang lebih muda juga mampu berdiri dengan penyangga. Mereka biasanya sudah bisa menanggung beban di kaki antara usia 2 dan 4,5 bulan.

Kondisi ini merupakan sebuah tahap perkembangan yang normal. Biasanya dari sini mereka akan mulai menarik ke atas secara mandiri dan nggak akan membuat anak mengalami kaki busur.

Selain itu, kebanyakan balita biasanya bisa berjala mundur antara usia 13 dan 17 bulan. Sementara balita akan mulai berlari dan menaiki tangga pada usia 14 bulan.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

Join Diadona.id