Waspada, Jenis Masker yang Sedang Ngetren Ini Ternyata Bahaya untuk Anak

Family | Sabtu, 19 September 2020 07:37
Waspada, Jenis Masker yang Sedang Ngetren Ini Ternyata Bahaya untuk Anak

Reporter : Audila Rima Ndani

Hati-hati, Moms!

Wabah corona masih menjadi masalah yang tak kunjung usai di dunia. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari virus tersebut adalah dengan selalu mengikuti anjuran dan protokol kesehatan.

Salah satu anjuran yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah menggunakan masker. Penggunaan masker dianggap bisa mencegah penularan virus corona.

Di tengah kenyataan tersebut, tanpa kita sadari kini masker menjadi sebuah kebutuhan yang wajib dimiliki oleh semua orang. Para produsen masker pun membuat berbagai jenis masker yang nggak hanya untuk mencegah penularan virus, tapi juga untuk mempercantik penampilan.

2 dari 5 halaman

 masker dengan katupmasker dengan katup © iStock

Dilansir dari Today's Parent, saat ini banyak jenis masker yang beredar di tengah masyarakat. Bahkan sudah ada masker-masker khusus yang dibuat untuk anak-anak.

Tapi ada satu jenis masker yang sebenarnya berbahaya untuk digunakan. Lebih parahnya lagi jenis masker ini justru cukup populer di tengah masyarakat.

3 dari 5 halaman

Menurut Health Canada, jenis masker dengan katup pernafasan justru nggak aman untuk digunakan. Masker ini bahkan bisa menyebabkan orang lain berisiko tertular virus.

Masker dengan katup pernafasan nggak disarankan karena nggak bisa melindungi orang lain dari COVID-19. Masker ini nggak bisa membatasi penyebaran virus.

4 dari 5 halaman

 masker dengan katupmasker dengan katup © pncguam.com

Katup yang ada pada masker tersebut memungkinkan penyebaran virus tetap terjadi. Sehingga rasanya percuma saja jika kita menggunakan masker jenis itu.

Tujuan masker adalah untuk mencegah tetesan pernapasan kita mencapai orang lain. Masker dengan katup atau ventilasi satu arah memungkinkan udara yang dihembuskan dalam masker keluar melalui lubang pada masker.

5 dari 5 halaman

Hal itu berpotensi untuk menyebarkan virus COVID-19 pada orang lain. Makanya jenis masker ini benar-benar nggak direkomendasikan.

Beberapa orang mungkin memilih masker ini karena katup membuatnya lebih mudah untuk bernafas. Namun, sekarang kita tahu bahwa katup pada dasarnya membuat masker jadi nggak berguna.

Untuk itu sebaiknya hindari penggunaan masker ini pada orang dewasa dan anak-anak ya.

Join Diadona.id