Yuk Ajarkan Anak Makan Sendiri, Biar Nggak Terus-terusan Minta Disuapin

Family | Jumat, 3 Juli 2020 13:15
Yuk Ajarkan Anak Makan Sendiri, Biar Nggak Terus-terusan Minta Disuapin

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Biar si kecil nggak makin manja, Moms..

Sebagaimana yag kita tahu, nggak semua anak kecil mau makan dengan begitu mudahnya. Kadang, ada berbagai drama yang harus dilewati sampai si kecil benar-benar mau makan.

Bisa jadi karena merasa masih kenyang, kurang enak badan, atau bahkan tidak berselera dengan makanan yang disajikan. Meski si kecil kadang kesulitan menyampaikan apa yang dirasakannya, Mama harus tetap peka nih.

2 dari 4 halaman

Saat menyediakan makanan bagi si kecil, Mama juga perlu memperhatikan kondisi mereka. Nggak harus mahal atau mungkin berbagai macam, yang penting porsinya tetap sesuai dan bisa memenuhi kebutuhan si kecil.

Akan lebih baik jika Mama mengajarkan sedari dini untuk makan di meja makan. Bisa sejak berusia 2 tahun, Mama membiasakan si kecil untuk makan bersama di meja makan.

3 dari 4 halaman

 Ilustrasi Anak MakanIlustrasi Anak Makan © liputan6.com

Berilah contoh pada si kecil untuk makan dalam kondisi tenang dan sebisa mungkin menghabiskan makanan yang sudah disediakan. Perkenalkan juga beragam makanan termasuk buah-buahan dan sayur mayur agar si kecil tidak pilih-pilih makanan nantinya.

Ajarkan juga mengenai beragam alat makan yang seringkali digunakan. Mungkin akan lebih baik jika Mama memilih alat makan yang aman untuk usia mereka, sehingga mereka pun bisa membiasakan diri untuk menggunakannya saat makan.

4 dari 4 halaman

Cara mengajarkan yang paling tepat yakni dengan menyiapkan satu waktu untuk makan bersama. Supaya lewat momen ini, si kecil juga bisa belajar dari Mama dan Papa atau bahkan saudaranya bahwa semua harus bisa makan sendiri-sendiri.

Perlu diingat, semua sebaiknya diajarkan secara perlahan ya Moms. Jangan terlalu memaksa tapi jangan juga terlena untuk memanjakan si kecil.

Join Diadona.id