Yuk, Kenali Karakter Anak untuk Mengetahui Cara Tepat Membesarkan Mereka!

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 19 Oktober 2020 10:37
Yuk, Kenali Karakter Anak untuk Mengetahui Cara Tepat Membesarkan Mereka!
Setiap anak tentu membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda.

Setelah memutuskan punya anak, kita mendapatkan tanggung jawab baru sebagai orang tua. Salah satunya adalah untuk membesarkan dan mendidik anak hingga menjadi manusia yang baik di masa depan.

Sementara itu, setiap anak terlahir dengan karakter yang berbeda-beda. Antara satu dan yang lainnya pasti punya sifat dan ciri khas tersendiri yang membuat mereka spesial.

Sebagai orang tua, kita harus paham betul dengan karakter atau sifat anak-anak kita. Jika kita telah memahami karakter anak, kita akan mengetahui cara yang tepat untuk membesarkan mereka.

Dilansir dari Verywellfamily, berikut beberapa karakter anak yang bisa membantu kamu menghadapi mereka.

1 dari 5 halaman

Anak yang sensitif

ilustrasi anak sedih © Diadona

Anak-anak yang sensitif biasanya sangat perhatian dan punya empati yang besar. Mereka cenderung menggunakan hati saat menghadapi sesuatu.

Anak yang memiliki karakter ini membutuhkan kepastian agar mereka merasa aman dan terjamin. Selain itu, mereka juga cenderung memasukkan ucapan yang didengarnya ke dalam hati sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berkomentar.

2 dari 5 halaman

Anak yang punya tekad

Ilustrasi anak belajar di rumah © Diadona

Anak yang punya tekad biasanya lahir dengan sikap mandiri dan suka memimpin secara alami. Mereka terlahir dengan dorongan untuk belajar dan menyelesaikan sesuatu.

Memberi mereka kebebasan sebanyak mungkin adalah cara yang tepat untuk membesarkan mereka. Kita juga nggak boleh lupa memberikan pujian atas usaha yang mereka lakukan bahkan ketika mereka gagal.

3 dari 5 halaman

Anak yang menyenangkan

Ilustrasi Anak Tertawa © Diadona

Anak yang ceria, bahagia, dan senang berteman ini biasanya suka bermain dan humoris. Mereka senang menjadi pusat perhatian dan mungkin sering mengganggu kita.

Sebagai orang tua, kita harus memahami karakter ini sebagai sifat yang positif dan mencari cara untuk menyalurkan semangat anak. Anak tipe ini menginginkan dunia yang bahagia sehingga sebaiknya kita menggunakan cara yang lembut untuk mengajarkannya tentang disiplin.

4 dari 5 halaman

Anak serius

Ilustrasi Anak Belajar © Diadona

Anak yang serius cenderung logis, mandiri, fokus dan dewasa. Orang bahkan sering takjub dengan kedewasaan mereka.

Untuk membesarkan mereka, kita harus memberikan banyak kesempatan baginya untuk menyampaikan pendapat mereka. Dengarkan apa yang mereka katakan dan tanggapi dengan logis pemikiran mereka.

5 dari 5 halaman

Anak yang punya banyak energi

Ilustrasi Anak Bermain © Diadona

Anak yang punya banyak energi biasanya senang melakukan banyak aktivitas. Sebagai orang tua, kita perlu menyadari bahwa mereka harus cukup mendapatkan stimulasi.

Makanya cara terbaik menghadapi mereka adalah dengan memberikan banyak kesempatan untuk aktif dan mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Mereka membutuhkan cara untuk menyalurkan energi ke luar agar nggak menciptakan kekacauan di rumah.

Semoga informasi ini bisa membantu ya, Moms!

 

Beri Komentar