10 Top Food Influencer Bedasarkan Akun Instagram, Siapa Saja Mereka?

Reporter : Sheila Fathin
Selasa, 30 November 2021 12:41
10 Top Food Influencer Bedasarkan Akun Instagram, Siapa Saja Mereka?
Mendalami dunia kuliner memang asyik. Beberapa influencer ini berhasil meraih kesuksesannya dengan konten-konten makanan yang mereka suguhkan

Derasnya arus komunikasi dalam dunia yang serba digital ini, membuat penyebaran informasi menjadi lebih mudah. Di sisi lain, penggunaan media sosial dan internet juga membuat sulitnya untuk terus mengikuti trend dan informasi terbaru. Banyak orang juga yang mengalami FOMO (fear of missing out) di mana mereka merasa ketakutan untuk ketinggalan suatu trend atau berita yang ada di sosial media.

Influencer muncul tidak luput dari keberadaan media sosial. Influencer sendiri adalah pembuat konten yang memiliki sejumlah pengikut yang banyak dan bisa menarik audience tertarik untuk terlibat dengan apa yang dilakukan oleh influencer.  Tentunya, di era seperti ini sosok influencer dapat memberikan aset unik yang dibutuhkan untuk bisnis. Influencer bisa disebut sebagai Key Opinion Leader (KOL) yang pendapatnya atau perilakunya banyak diikuti oleh banyak orang.

Para influencer ini biasanya berasal dari berbagai platform sosial media yang sering digunakan oleh banyak orang, salah satunya adalah Instagram. Konten-konten yang disuguhkan oleh para influencer ini pun juga beragam.

Salah satu konten yang menarik minat orang Indonesia adalah konten makanan. Nah, Cruseinesia melakukan sebuah riset untuk memetakan Top Food Influencer di beberapa platform media sosial, salah satunya adalah Instagram. Siapa saja Top Food Influencer di platform media sosial Instagram ini? Mari kita baca artikel ini lebih lanjut.

1 dari 5 halaman

Renatta Moeloek

      View this post on Instagram      

A post shared by Renatta Moeloek (@renattamoeloek)

 

Renatta Moeloek merupakan seorang chef ternama di Indonesia. Kehadirannya di dunia kuliner saat berpengaruh. Apalagi ia merupakan juri di Master Chef yang merupakan ajang pencarian bakat di bidang makanan yang paling bergengsi di Indonesia. Walau meraih Engagement rate sebesar 4,93 % tapi chef Renatta mampu mendapatkan jumlah orang terpengaruh paling tinggi di akun sosial media Instagram sebesar 118,320. 

Sisca Kohl

      View this post on Instagram      

A post shared by Sisca Kohl (@siscakohl)

 

Sisca Kohl adalah influencer yang terkenal dengan konten-konten makanannya. Walau memang konten makanan sudah banyak yang bikin, tapi Sisca Kohl berhasil membuatnya dengan sangat unik. Ia bisa membuat konten makanan hingga puluhan juta dan bahkan ada salah satu makanan tradisional seperti rendang dibuat menjadi ice cream, lho. Tentu saja dari konten yang unik ini ia bisa meraup engagement rate yang cukup tinggi kedua yaitu sebesar 6,68% dengan total orang yang terpengaruh dengan konten-kontan Sisca Kohl sebanyak 101,397.

2 dari 5 halaman

Aliyyah Kohl

      View this post on Instagram      

A post shared by Aliyyah Kohl (@aliyyah.kohl)

 

Adik Sisca Kohl yaitu Aliyyah Kohl ini sama-sama seorang influencer di bidang konten makanan. Aliyyah memiliki total engagement rate paling besar yaitu 12,27% dan jumlah orang yang terpengaruh sebesar 60.737 orang. 

Tasyi Athasyia

      View this post on Instagram      

A post shared by Tasyi Athasyia (@tasyiiathasyia)

 

Tasyi Athasyia yang merupakan kembaran dari Tasya Farasya ini adalah seorang konten kreator di bidang makanan. Memang berbeda dari kembarannya yaitu Tasya Farasya yang berfokus pada bidang kecantikan. Tasyi cukup berpengaruh di dunia kuliner. Banyak orang yang sudah terpengaruh dengan konten-konten yang disuguhkan Tasyi melalui akun Instagramnya. Jumlah orang yang terpengaruh dengan konten-kontennya ada 35.982 orang dengan perolehan engagement rate sebesar 3,91%

3 dari 5 halaman

Mgdalenaf

      View this post on Instagram      

A post shared by Magda | BAR-BAR KUY! (@mgdalenaf)

 

Magdalena Fridawati atau yang dikenal dengan Mgdalenaf ini merupakan seorang konten kreator di bidang makanan atau kuliner. Ia memiliki keunikan dalam mereview makanan yaitu dengan makan secara bar-bar dengan porsi yang besar dan pedas. Di Instagram konten yang diberikan oleh Mgdalenaf berhasil meraup 29.676 orang yang berhasil terpengaruh dengan konten-kontennya.

Cooking with Hel

      View this post on Instagram      

A post shared by Cooking With Hel (@cookingwithhel)

 

Cooking with Hel ini merupakan konten kreator yang kontennya tentang kuliner makanan. Seringnya, ia memberikan konten tentang cara membuat kreasi makanan yang unik dari yang paling mudah hingga sulit. Cooking with Hel termasuk orang berpengaruh di Instagram di bidang kuliner makanan. Ia berhasil meraup 17.490 ribu orang yang berhasil terpengaruh dengan konten-kontennya.

4 dari 5 halaman

Farida Nurhan

      View this post on Instagram      

A post shared by ????????FARIDA NURHAN???????? (@farida.nurhan)

 

Sama halnya dengan Farida Nurhan, ia juga merupakan seorang konten kreator di bidang kuliner makanan asal Lumajang. Ia terkenal dengan kontennya yang unik. Ia suka sekali dengan makanan bakso dan makanan lokal khas daerah setempat. Berkat itu, ia merupakan konten kreator paling berpengaruh di Instagram dengan perolehan 17,100 orang yang terpengaruh dengan kontennya. 

Tanboy Kun

      View this post on Instagram      

A post shared by BARA ILHAM (@tanboy_kun)

 

Tanboy Kun yang memiliki nama asli Bara Ilham Bhakti Perkasa, S.E. ia juga seorang konten kreator di bidang kuliner makanan. Sosoknya ini sangat berpengaruh di dunia perkulineran makanan. Ciri Khas Tanboy Kun sendiri adalah dengan mukbang porsi super banyak yang super pedas. Yang nonton konten-kontennya saat dia makan pasti ngiler dan pengen banget nyoba. Nah, dari situ makannya ia termasuk orang yang berpengaruh karena berhasil memperoleh 14.978 ribu orang yang terpengaruh dengannya. 

5 dari 5 halaman

Eatandtreats

      View this post on Instagram      

A post shared by ???? HANS DANIALS ???? (@eatandtreats)

 

Han Daniels yang merupakan pemilik akun dari Eatandtreats adalah orang yang cukup berpengaruh juga dalam bidang kuliner makanan. Ia berhasil meraih 13.961 orang yang terpengaruh dengan konten-kontennya. 

Nanakoot

      View this post on Instagram      

A post shared by @nanakoot_

 

Pada akun Instagramnya, ibu satu anak ini selalu mengunggah konten-konten yang berbau makanan. Ia merupakan konten kreator kuliner makanan yang dikenal oleh penggemarnya. Uniknya, konten-konten yang disuguhkan cukup menarik karena ia juga membuat konten bersama anaknya. Nanakoot merupakan salah satu konten kreator di bidang kuliner yang juga memiliki pengaruh di bisnis makanan. Konten-konten dia berhasil meraup 12.838 ribu orang yang berhasil terpengaruh.

 

Beri Komentar