11 Tips Cara Membuat Kue Kering Lebaran Anti Gagal

Food | Senin, 19 April 2021 22:14
11 Tips Cara Membuat Kue Kering Lebaran Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Cara membuat kue lebaran berikut mungkin sepele, tapi melewatkan satu langkah saja bisa bikin kue bikinanmu jadi tak sesuai harapan

Resep dan cara membuat kue kering lebaran bisa dengan mudah kamu temukan di internet, mulai dari yang versi ekonomis sampai yang menggunakan bahan-bahan premiun. Satu jenis kue kering saja ada banyak sekali versi resep dan cara membuatnya.

Cara membuat kue kering lebaran sebenarnya nggak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Karena salah satu langkah saja, kue kering bakalan keras, bantat, bahkan gosong atau justru kurang matang di bagian dalam. Padahal, membuatnya saja perlu banyak tenaga, waktu dan juga uang. Sayang sekali kan kalau harus dibuang?

Tapi tenang aja, kali ini Diadona bakalan menyuguhkan tips dan cara membuat kue kering agar kue buatanmu setara dengan produk di toko kue favorit.

2 dari 6 halaman

Tips dan Cara Membuat Kue Kering

 Tips dan Cara Membuat Kue KeringTips dan Cara Membuat Kue Kering © 2021 cookingclassy.com

Dari Tasty, begini nih tips penggunaan bahan dan proses sama membuat kue kering lebaran anti gagal.

Sangrai dan Ayak Tepung Kering

Tahapan dalam cara membuat kue kering lebaran ini memang merepotkan, tapi nggak akan sia-sia. Bahkan kalau diskip, bukan nggak mungkin kue keringmu tak sesuai dengan yang diinginkan.

Menyanggrai tepung akan menghilangkan kadar air dalam tepung yang mungkin saja terikut di proses penyimpanannya. Kadar air tersebut akan berpengaruh pada tektur kue yang dihasilkan.

Sementara itu, mengayak tepung berguna banget untuk menyingkirkan kotoran yang terikut dalam tepung serta butiran tepung yang menggumpal, yang membuat adonan kue kering tak tercampur rata.

Gunakan Telur dengan Ukuran Tepat

Seperti yang kita tahu, kebanyakan resep dan cara membuat kue kering lebaran menuliskan takaran telur dalam butir. Padahal, ukuran telur bisa sangat berbeda-beda. Misalnya ada telur sedang, kecil, atau ekstra besar.

Menggunakan telur ukuran besar namun dalam jumlah yang sesuai dengan resep berati menambah penggunaan telur. Akibatnya, adonan jadi lembek. Sebaliknya, telur dengan ukuran terlalu kecil berarti akan mengurangi jumlah telur yang masuk.

Tips untuk menangani masalah tersebut yakni dengan menggunakan telur dengan ukuran seragam.

Gunakan Mentega Suhu Ruang

Kalau resep kue kering yang kamu gunakan menyarankan untuk menggunakan mentega suhu ruang, jangan dilawan! Kenapa ini penting?

Mentega dengan suhu ruang memungkinkan kantong-kantong udara kecil terperangkap saat bahan ini dikocok dengan gula. Hasilnya, kue kering bakalan mengembang. Beda ceritanya kalau kamu menggunakan menetga yang terlalu lunak karena sedikit terkena panas. Nggak ada udara di dalamnya sehingga kue jadi nggak bisa mengembang dengan maksimal.

Tipsnya adalah dengan menekan jari ke permukaan mentega. Bila mentega melunak tanpa perlawanan, berarti dia berada di suhu yang pas.

3 dari 6 halaman

 Tips dan Cara Membuat Kue KeringTips dan Cara Membuat Kue Kering © 2021 misstamchiak.com

Tambahkan Garam dalam Adonan

Bahkan kalau di resep kue yang kamu gunakan tidak garam dalam salah satu bahan pembuatnya, jangan ragu untuk memasukkan komponen satu ini. Garam adalah salah satu pemberi rasa yang utama. Dan kebanyakan, respe kue favorit menambahkan setidaknya setengah sendok garam dalam adonan mereka.

Nggak perlu ragu dengan tips ini. Dalam cara membuat chocholate cookies saja, garam juga biasa ditambahkan kok!

Panggang Sedikit Adonan Terlebih Dahulu

Adonan kue yang terlalu lembek bakalan menyebar saat dipanggang dan bentuknya jadi melebar. Nah sayangnya, kita nggak tahu apakah adonan kita punya tekstur yang cukup pas sebelum adonan tersebut kue kering kita matang.

Nah, biar satu loyang adonan kamu nggak terbuang sia-sia karena bentuknya yang tak sesuai dengan harapan, kamu bisa mengujinya dulu dengan memanggang satu atau beberapa adonan. Bila terlalku lembek, masukkan adonan yang belum dipanggang ke dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit.

Masukkan Adonan ke Lemari Es bila Terlalu Lembek

Berhubungan dengan tips dalam cara membuat kue kering lebaran sebelumnya, bila adonan terlalu lembek, itu kemungkinan karena mentega sudah mencair terkena suhu panas ruangan dan tangan saat menagduk adonan. Menambahkan sedikit tepung memang bisa membantu, namun bila terlau banyak maka akan memmbuat komposisi kue jadi berubah dan jadi keras.

Tips agar kue tidak melebar adalah dengan memasukkannya ke lemari es selama kurang lebih 15 menit. Cara membuat kue kering ini akan membantu memadatkan mentega sehingga lebih sedikit menyebar saat dipanggang.

4 dari 6 halaman

 Tips dan Cara Membuat Kue KeringTips dan Cara Membuat Kue Kering © 2021 cookingclassy.com

Jangan Mengocok Adonan Berlebihan

Dalam cara membuat kue kering lebaran, biasanya mentega dan gula dikocok terlebih dahulu. Jangan berlebihan di proses ini ya!

Mengaduk berlebihan berati menambhakn udara dalam jumlah banyak ke dalam adonan kue. Hasilnya, kue memang akan mengembang saat dipanggang tapi akan runtuh.

Jangan Mengaduk Berlebihan

Sama halnya dengan tips untuk tidak mengocok berlebihan karena bisa bikin adonan mengembang trus runtuh saat dipanggang. Chef pasty Nicole Weston menulis di blognya, Baking Bites, kalau pengadukan harus segera dihentikan saat goren tepung sudah nggak lagi terlihat di adonan.

 

5 dari 6 halaman

 Tips dan Cara Membuat Kue KeringTips dan Cara Membuat Kue Kering © 2021 shutterstock.com

Perhatikan Masa Expired Baking Powder atau Soda Kue

Menggunakan baking soda atau soda kue yang udah expired adalah kesalahan yang paling umum karena lupa kalau bahan-bahan ini punya masa waktu. Dalam cara membuat kue kering lebaran, bahan-bahan ini membantu proses kimia saat memanggang.

Dan bahan yang sudah expired akan menyebabkan peran mereka kurang ampuh, kue jadi nggak terpangang dengan benar dan berakhir dnegan hasil tektur yang padat.

Baking soda atau soda kue punya masa kadaluarsa sekitar 2 tahun bila kemasan belum terbuka, dan hanya bertahan selama 6 bulan pada kemasan yang terbuka.

Campurkan Bahan Basah lalu Bahan Kering

Selain taat pada resep, memasukkan adonan di waktu dan urutan yang tepat juga penting dalam cara membuat kue kering. Seringnya nih, bahan kering dimasukkan ke dalam adonan sekaligus. Akibatnya, pencampuran jadi tak maksimal.

Courtney Cowan, pendiri Milk Jar Cookies memberikan tips yakni dengan mencampur bahan basah terlebih dahulu trus memasukkan bahan kering secara perlahan.

Sebelum memasukkan bahan kering, disarankan ada sedikit sisa mentega dalam adinan. Bagi bahan kering jadi tiga bagian, masukkan setiap bagiannya dan aduk sampai tercampur rata tapi jangan berlebihan.

6 dari 6 halaman

 Tips dan Cara Membuat Kue KeringTips dan Cara Membuat Kue Kering © 2021 misstamchiak.com

Aduk Secara Merata

Meski begitu, pastikan semua bahan sudah tercampur rata dan sempurna ya. Tips dalam cara membuat kue kering ini penting untuk menghindari adanya gumpalan bahan kering di dalam kue. Perhatikan pencampuran tepung dan bahan kering lainnya yang merupakan penyebab terbesar dalam pertarungan pencampuran adonan.

Jangan Terlalu Sering Membuka Pintu Oven

Meskipun menggiurkan, tapi jangan terlalu sering membuka pintu oven saat sedang memanggang ya! Ini bisa bikin oven mengeluarkan panas yang bisa mempengaruhi kue di dalamnya. Kalau pengen tahu banget gimana kue di dalam, gunakan lampu oven saja.

Tips dan cara membuat kue kering berikut bila kamu praktikkan dengan resep yang oke, dijadimin bikin kue keringmu nikmat dan mirip dengan kue kering premium di toko.

Join Diadona.id