12 Makanan untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 30 Januari 2020 13:20
12 Makanan untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi
Hindari minuman manis, makanan dengan lemak berlebih, dan makanan dengan jumlah karbohidrar terlalu banyak untuk kamu yang sedang mengalami diabetes.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandaii dengan kadar gula darah yang tinggi. Proses penyembunyahannya memang tergolong lama, namun perubahan pola makan yang tepat bisa membantu mengendalikan gejala diabetes. Selain lebih cermat memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi, pengidap diabetes juga perlu menghindari beberapa makanan tertentu. Lalu apasaja makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi? Simak terus infonya ya.

1 dari 4 halaman

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi Makanan Pokok © Diadona

Tidak semua makanan yang kita konsumsi sehari-hari akan langsung cepat meningkatkan kadar gula darah. Kelompok makanan yang menjadi pantangan dan harus dihindari oleh pengidap diabetes adalah makanan tinggi kalori dari karbohidrat dan gula sederhana. Nah, berikut kami ulas beberapa pantangan makanan untuk penderuta diabetes yang harus dihindari.

Nasi Putih

Nasi putih merupakan sumber utama dari karbohidrat sederhana. Di antara jenis karbohidrat lai. karbohdirat sederhana menjadi karbohidrat yang paling mudah dicerna dan diserap tubuh. Untuk mengurangi konsumsi makanan pantangan untuk penderita diabetes ini, kamu bisa menggantina dengan makanan kaya serat dan protein agar kebutuhan energi pada tubuh tak kurang. Dengan begini sudah jelas bila nasi tidak menjadi makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi.

Minuman Manis

Minuman manis jelas bukan jenis makanan untuk penderita diabetes. Karena memang musuh utama bagi pengidap diabetes adalah segala sesuati yang manis atau yangditambahkan gula, baik gula buatan maupun alami. Agar jumlah gula darah tetap seimbang, sebaiknya hindari minuman manis yang ada.

Makanan Kaya Lemak Trans

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Jenis makanan ini adalah bukan makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan. Meski tidak benar-benar langsung menaikkan gula darah, lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik. Lemak trans juga meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah dan mengurangi kadar kolesterol baik HDL.

Mematuhi pantangan makanan tinggi lemak trans dapat membantu mencegah kerusakan pembuluh darah akibat diabetes. Terutama bagi diabetesi yang juga berisiko tinggi kena penyakit kardiovaskuler.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Dianjurkan Penderita Diabetes

Pengidap diabetes rasanya perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Alasannya jelas, tedapat beberapa makanan yang justru membuat diabetes semakin menjadi-jadi. Sebut saja jeroan, daging merah, makanan laut, hingga makanan minuman manis.

Jangan murung dulu, masih banyak kok makanan lezat lainnya yang bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita diabetes. Bahkan, ada pula beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar diabetes dalam tubuh.

Penasaran? Berikut makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat baik jika dijadikan sebagai makanan untuk penderita diabetes. Karena minyak zaitun mengandung lemak sehat yang dibutuhkan tubuh, selain itu minyak sehat ini juga punya kandungan anti-oksidan dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga produksi diabetes tetap pada kadar normal.

Apel

ilustrasi buah apel © Diadona

Makanan untuk penderita diabetes jenis buah-buahan ini mengandung serat yang tinggi. Selain itu apel juga memiliki kandungan asam malat yang mampu menetralkan diabetes dalam aliran darah. Buat kamu yang memiliki diabetes tinggi coba rutin mengkonsumsi apel setiap hari

Kacang-Kacangan

Makanan untuk penderita diabetes termasuk pula kacang-kacangan. Bahan makanan satu ini rendah kadar puring sehingga aman dikonsumsi sebagai camilan.

Kacang pinto adalah salah satu jenis kacang yang mengandung folic acid, yang mampu menurunkan kadar diabetes secara alami.

3 dari 4 halaman

Menu Makanan Penderita Diabetes

Ilustrasi Teh Hijau © Diadona

 

Bagi penderita diabetes mengonsumsi makanan bukan hanya dilihat enak atau tidaknya saja. Namun juga kandungan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut juga harus dipertimbangkan untuk membantu menunjang proses penyembuhan penyakit kolesterol dan diabetes.

Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, risiko kolesterol tinggi dan diabetes juga akan semakin meningkat. Bukan hanya rasa sakit atau rasa tidak nyaman, namun kedua penyakit tersebut sangat rentan menimbulkan risiko yang cukup berbahaya bagi penderitanya.

Adapun beberapa menu makanan untuk penderita diabetes yang akan membantu menunjang sistem kesehatanmu di antaranya ialah sebagai berikut.

Buah Ceri

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Professor Yiqing Zhang di Boston Universitymenyatakan bahwa buah ceri sangat aman dikonsumsi sebagai makanan untuk penderita diabetes. Mengapa? penelitian ini menunjukan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah ceri setiap hari akan membantu mnurunkan kadar diabetes yang tinggi di dalam tubuh. Selain itu, buah ceri juga sangat berkhasiat untuk menghancurkan lemak jahat dan menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Teh Hijau

Kalau kamu kebetulan sedang mengalami diabetes dan suka untuk meminum secangkir teh pada pagi atau sore hari, ada baiknya kamu mencoba teh hijau sebagai makanan untuk penderita diabetes. Sebab rutinitas ini dapat menurunkan resiko terkena diabetes dan mengendalikan hiperurisemia atau kadar diabetes yang tinggi.

Pisang

Buah-buahan lain yang bisa dijadikan sebagai alternatif makanan untuk penderita diabetes adalah pisang. Selain mudah didapatkan dengan harga yang juga terjangkau, pisang juga bermanfaat bermanfaat untuk menurunkan kadar diabetes yang berlebih. Dengan rajin mengkonsumsinya maka diabetes akan terhindar dari penggumpalan dan penumpukkan di sendi.

4 dari 4 halaman

Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi obat-obatan untuk mengobati diabetes merupakan langkah tepat untuk menurunkan kadar diabetes dan mengatasi nyeri. Namun menjaga pola makan sehat untuk penderita diabetes juga penting untuk membantu meminimalkan potensi kambuh dan membatasi tingkat keparahan penyakit diabetes yang mungkin kamu alami.

Berikut kami rekomendasikan beberapa makanan yang baik untuk penderita diabetes dan kolesterol yang bisa kamu coba.

Ubi Jalar

Ilustrasi Ubi Jalar © Diadona

Makanan untuk penderita diabetes yang bisa dengan mudah kita temui adalah ubi jalar. Selain mengenyangkan dan memiliki rasa yang enak ini, ternyata bisa bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Pasalnya, ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni 44 untuk satu buah ubi jalar rebus.

Karena, semakin rendah nilai glikemik makanan, maka semakin lambat pula makanan tersebut diproses menjadi glukosa. Sehingga, makanan yang memiliki nilai glikemik yang rendah, artinya tidak akan langsung melonjakkan gula darah, setelah makan. Tidak hanya direbus, kamu juga bisa memanggang ubi, dan disarankan tidak digoreng bersama terigu.

Gandum utuh

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah gandum utuh. Tidak hanya baik untuk mengendalikan kadar gula darah, gandum utuh juga merupakan makanan yang disebut-sebut, sebagai makanan paling sehat untuk penderita diabetes.

Meski rasanya sedikit hambar, namun kamu bisa mengonsumsinya didampingi dengan buah atau makanan pendamping lainnya.

Gandum utuh juga memiliki nilai glikemik yang rendah, serta serat yang tinggi. Nah, dua kombinasi tersebut bisa memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Tidak hanya itu, gandum utuh juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Jagung

ilustrasi jagung © Diadona

Makanan untuk penderita diabetes berikutnya adalah jagung. Pasalnya jagung juga memiliki nilai glikemik yang rendah, sehingga jagung bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes.

Selain itu, jagung juga mengandung serat pati resisten, yang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Bahkan, pernah ada sebuah studi juga yang menyebutkan bahwa seseorang yang makan jagung setiap hari, bisa membantu mengendalikan gula darah yang lebih baik.

Yuk, jaga kesehtan tubuh kita dari penyakit berbahaya dengan mengonsumsi makaan sehat dan berolahrga dengan teratur.

Beri Komentar