13 Cara Membuat Bakpao Lembut Aneka Isian Beserta Tips Anti Gagal

Food | Jumat, 22 Oktober 2021 21:58

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Cara membuat bakpao memerlukan beberapa tips yang tak boleh dilewatkan

Bakpao adalah makanan tradisional Tionghoa dan lalu berkembang di Indonesia. Awalnya, bakpao berisi daging babi. Namun seiring dengan perkembangan kuliner, isian dalam cara membuat bakpao pun berubah. Ada beragam varian mulai dari isi coklat, kacang hijau, bahkan ada juga lhobakpao vegan berisi sayuran.

Dilansir dari laman wikipedia.com, bakpao berasal dari bahasa Hokkian, Roubao. Kata 'bakpao' adalah gabungan dari kata 'Pao' yang berarti bungkusan dan 'Bak' yang berarti 'daging'. Jadi bisa dibilang, bakpao berarti bungkusan yang berisi daging, atau daging yang terbungkus.

Membuat bakpao bisa dibilang mudah dan simple. Asalakn menggunakan resep yang tepat, diuleni dengan benar maka akan menghasilkan bakpao sepert yang diidamkan. Pantengin resep dan cara membuat bakpao yang udah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber berikut ini yuk!

13 Cara Membuat Bakpao Lembut Aneka Isian Beserta Tips Anti Gagal
2 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakpao Lembut

Cara Membuat BakpaoCara Membuat Bakpao © 2021 instagram.com/stefanielaz/

Bakpao yang lembut bisa didapat dengan kombinasi komposisi bahan, jenis bahan serta adonan yang kalis. Belajar resepnya dulu yuk!

Bahan :??

  • 200 gr tepung kunci??
  • 27 gr gula pasir??
  • 1sdt atau 3 gram ragi instan
  • 1/2 sdt baking powder??
  • 110 ml air /susu cair (disesuaikan)??
  • 1/4 sdt garam??
  • 20 gram minyak????

Cara membuat bakpao :

  • Campur semua bahan kering lalu aduk menggunakan whisk sampai rata??
  • Selanjutnya masukkan susu cair perlahan2 sampai adonan tercampur rata dan menyatu. Jangan terlalu banyak menuang cairan ya.
  • Uleni setengah kalis lalu masukkan mingak dan garam??
    lanjutkan menguleni adonan sampai kalis elastis
  • Bulatkan adonan lalu langsung bagi masing-masing seberat @45gr??
  • Setelah dibagi, langsung dirounding dan letakkan diatas kertas pao. Langsung letakkan pao yg sudah dirounding di wadah kukusan lalu diamkan selama 30 menit
  • Panaskan kukusan sampai mendidih lalu masukkan pao ke dalam, selanjutnya kecilkan apinya
  • Kukus selama 6 menit lalu matikan. Selanjutnya, diamkan selama 2 menit lalu dibuka perlahan. Jika menggunakan kukusan biasa jgn lupa tutupnya dilapisi kain??.
3 dari 8 halaman

Tips dalam Cara Membuat Bakpao

Dalam cara membuat bakpao yang lenbut dan berhasil nggak cuman dibutuhkan resep yang pas, namun juga langkah-langkah yang benar. Setiap proses dalam membuat makanan pasti memiliki alasan tersendiri, jadi patuhi dan jangan sampai diskip ya!

Dikutip dari Endeus.tv, berikut tips membuat bakpao yang lembut anti gagal.

Menggunakan Tepung Terigu Protein Rendah

Bukan tanpa alasan menggunakan tepung terigu protein rendah, seperti Kunci Biru contohnya. Tepung ini punya ukuran partikel kecil sehingga tepungnya terasa seperti sutera. Ini penting nih untuk menghasilkan cake yang bertekstur halus dan juga rata.

Selain itu, tepung terigu protein rendah menghasilkan pori bakpao yang lebih kecil. Pori yang kecil inilah yang membuat bakpao lembut saat digigit. Menggantinya dengan tepung terigu protein tinggi bakal menghasilkan pori pori bakpao yang lebih besar sehingga bakpao jadi kurang lembut.

Menggunakan Air Es

Mengapa? Dalam cara membuat bakpao, adonan akan diuleni dalam waktu yang lama. Nah, air es yang dingin akan mencegah adonan jadi matang dalam proses pembuatan. Jangan lupa tambahkan air sedikti demi sedikit ya!

Tambahkan Garam dan Mentega di Akhir

Nggak cuman dalam cara membuat bakpao namun dalam membuat roti yang difermentasi lainnya, garam ditambahkan di akhir. Alasannya karena kedua bahan tersebut menghambat kerja ragi sehingga bila ditambahkan di awal maka kerja ragi akan terganggu.

Uleni Adonan Sampai Kalis Elastis

Adonan yang kalis adalah kunci dalam cara membuat bakpao yang lembut. Nah untuk mencapai itu, adonan harus dimixer dengan benar selama waktu tertentu. Bila menguleni dengan tangan, adonan bisa elastis dalam waktu 20 sampai 30 menit. Bila adonan diuleni dengan mixer, biasanya membutuhkan waktu skeitar 15 menit.

Cara mengeceknya adalah dengan menariknya hingga terbentuk lembaran tipis. Bila adonan tak mudah putus, maka adonan sudah kalis.

Rounding Adonan Harus Mulus

Merounding adonan artinya membuat adonan berbentuk bulat dengan permukaan yang rata sampai seluruh adonan mulus. Bila adonan mulus maka bakpao yang dihasilkan juga akan memiliki permukaan yang mulus juga.

Waktu Fermentasi

Waktu fermentasi tak bisa disamakan karena kondisi lingkugan yang berbeda, misalnya lebih panas atau lebih dingin. Semakin tinggi suhu maka fermentasi akan lebih cepat begitu juga sebaliknya.

Mengukus dengan Benar

Dalam cara membuat bakpao, pastikan bakpao dikukus saat kukusan sudah panas ya. Bila belum maka bakpau tidak akan mengembang sempurna.

Perhatikan juga api yang digunakan. Jangan menggunakan api yang terlalu besar, karena api yang besar menghasilkan banyak uap dan bakpao bisa mengembang terlalu cepat. Lho, bukannya bagus? Tidak dong, Saat bakpao dikeluarkan maka bakpao akan langsung kempes.

4 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakpao Isi Daging

Cara Membuat Bakpao Isi AyamCara Membuat Bakpao Isi Ayam © 2021 instagram.com/buikfijn/

Begini resep dan cara membuat bakpao isi daging original sesuai dengan asalnya.

Bahan-bahan:

  • 400 gr terigu cakra
  • 1 sdm ragi instan
  • 200 ml air hangat kuku
  • 1 sdm mentega putih
  • 1 sdm gula pasir

Bahan isian:

  • 250 gram daging, boleh apa saja sesuai selera
  • 1 buah bawang bombai iris
  • 5 butir bawang merah iris
  • 7 butir bawang putih tumbuk kasar
  • kecap manis, dan kecap asin dan saus tiram secukupnya
  • garam, gula pasir dan lada bubuk secukupnya
  • air bersih sedikit

Cara membuat:

  • Tumis bawang bombai dan bawang merah dan putih sampai harum
  • Masukkan daging cincang, tambahkan kecap, saus tiram, lada bubuk, garam, gula diaduk sampai rata, terus tambahkan sedikit air, masak hingga daging matang
  • Aduk daging jangan terlalu kering, tes rasa angkat dan sajikan.

Cara membuat:

  • Campur gula, air dan ragi instan di air lalu aduk, masukkan mentega putih dan terigu
  • Uleni adonan sampai kalis lalu tutup dengan serbet bersih sampai mengembang kira-kira sekitar 30 menit.
  • Setelah mengembang, uleni adonan dengan membantingya sampai licin dan kalis. Potong bentuk bulat, diamkan lagi
  • Tunggu sampai adonan mengembang dan masukkan isian, biarkan mengembang lagi. Bentuk adonan menjadi seperti yang diinginkan
  • Siapkan kukusan dengan air mendidih, kukus bakpao selama sepuluh menit. Jangan lupa alasi serbet pada tutup kukusannya.
5 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakpao Unti Kelapa

Cara Membuat Bakpao Isi Unti KelapaCara Membuat Bakpao Isi Unti Kelapa © 2021 instagram.com/chingyu_may/

Bukan cuman dadar gulung saja yang bisa diisi dengan unti kelapa, namun bakpao juga kok. Ini cocok banget untuk kamu yang suka dengan rasa manis gurih unti kelapa. Intip resep dan cara membuat bakpao unti kelapa dari Chingyu May ini yuk! 

Bahan :

  • 500 gram tepung pao
  • 100 gram gula halus
  • 6 gram ragi
  • 250 ml air putih
  • 50 gram mentega putih

Cara membuat bakpao isi unti :

  • Campur tepung, ragi, gula lal aduk rata. Tambahkan pewarna bila ingin.
  • Tuang air sedikit demi sedikit sambil uleni/mixer sampai setengah kalis
  • Lalu masukkan mentega putih dan uleni sampai kalis mixer
    Bagi adonan masing-masing 45 gram atau sesuai selera, bulatkan sampai licin
  • Diamkan kurang lebih 10 menit
  • Dimulai dari adonan pertama, rolling adonan lalu masukkan isian bentuk sesuai selera
  • Diamkan 45 menit dari adonan pertama
  • Panaskan kukusan sampai beruap
    Masukin bakpao dari yang pertama kedalam kukusan
    Tutup kukusan kemudian matikan kompor selama 1menit
    Lalu hidupkan kembali dan kukus selama 10 menit dengan api sedang
    Setelah matang, matikan kompor lalu tunggu 1 menit dan buka tutup kukusan pelan
6 dari 8 halaman

Chicken Bao Bun

Cara Membuat Chicken Bao BunCara Membuat Chicken Bao Bun © 2021 instagram.com/ancilladhian/

Konsepnya sih sama dengan sandwich hanya saja menggunakan roti bakpao yang lembut. Melihat gambar dan resep dari @ancilladhian ini, apakah kamu tidak tertarik mencobanya?

Bahan isian :

  • 500 gr daging ayam giling / cincang halus
  • 1 buah bawang bombay atau 6 buah bawang merah cincang
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 2 batang daun bawang, pisahkan batang putih dan hijau.
  • 2 cm jahe geprek
  • 2 sdm saus tiram
  • 4 sdm kecap manis (sesuaikan)
  • 1 sdt kecap ikan (optional)
  • 1 sdm kecap asin
  • Secukupnya gula garam kaldu jamur lada
  • Secukupnya air
  • 1 sdm maizena atau boleh jg sagu larutkan dgn sedikit air.

Cara membuat isian:

  • Tumis bawang merah / bombay, bawang putih dan jahe daun bawang bagian putih sampai wangi.
  • Masukan daging ayam tumis sampai berubah warna.
  • Tambahkan saus tiram, kecap asin, kecap ikan. Masukan
  • Kecap manis sesuaikan sampai warna cukup coklat.
  • Tambahkan sedikit air. Tes rasa tambahkan gula garam kaldu lada secukupnya. Rasa dari isian ini harus kuat untuk mengangkat cita rasa pao yang tidak berbumbu.
  • Jika rasa sudah pas, masukan daun bawang hijau dan tunggu sampai mendidih kentalkan kuah dengan larutan maizena. Isiannya harus benar-benar kental ya supaya mudah saat mengisi roti.

Sementara untuk paonya sendiri bisa kamu intip dari resep dan cara membuat bakpao di artikel ini ya!

7 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakpao Berbentuk Jamur

Cara Membuat Bakpao Berbentuk JamurCara Membuat Bakpao Berbentuk Jamur © 2021 instagram.com/hen.christy/

Bosan degan bentuk bakapo yang itu-itu saja? Ada berbagai macam kreasi tampilan bakpao yang menggugah selera lho, mulai dari berbentuk jamur dan masih banyak lagi. Intip resep dari Rondut berikut ini ya.

Olesan Coklat :

  • 10 gram coklat bubuk
  • 25 gram air panas
  • Campur semua jadi seperti pasta lalu sisihkan

Bahan bakpao:

  • 250 gram terigu protein rendah
  • 120 gram air
  • 30 gram gula
  • 4 gram ragi
  • 12 gram minyak sayur atau bsia diganti dengan mentega putih

Cara membuat:

  • Larutkan gula dalam air tapi sisakan air 10gr untuk larutkan ragi lalu campurkan ke tepung, uleni sampai rata dan diamkan diamkan kurang lebih dua jam
  • Setelah autolyse selesai, campur ragi dalam sisa air 10gr, aduk sampai larut, masukan ke adonan autolyse dan uleni.
  • Terakhir masukan minyak, uleni rata sampai kalis elastis
  • Bagi adonan menjadi masing-masing 35 gram untuk jamur dan 5 gram untuk batangnya. Bulatkan lalu oles coklat.
  • Proofing selama 45 menit atau sesuaikan dengan suhu masing-masing
  • Panaskan panci kukusan sampai mendidih baru masukkan pao. Kukus selama 15 menit lalu setelah matang diamkan selama 3 menit dalam kukusan. Selanjutnya keluarkan, biarkan dingin, lubangi dengan sumpit bagian bawah di tengah-tengah jamur dan tambahkan selai coklat lalu tempelkan bagian batangnya.
8 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau

Cara Membuat BakpaoCara Membuat Bakpao © 2021 instagram.com/cynthiahali/

Selain rasa coklat dan daging, kacang hijau adalah isian bakpao yang juga paling favorit. Kepoin resep isian bakpao dari Ny. Liem berikut yuk!

Bahan Isi :

  • 200 gram kacang hijau kupas,rendam selama 1 jam
  • 250 ml santan
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan

Bahan biang:

  • 65 gram tepung terigu kunci
  • 1,5 sdt ragi instant
  • 50 ml air hangat

Bahan lainnya:

  • 185 gram tepung kunci
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2,5 sdt mentega putih
  • 60 ml air

Cara membuat:

  • Pertama, campur bahan biang lalu uleni sampai menggumpal. Biarkan mengembang selama 15 menit.
  • Selanjutnya campur biang dengan tepung, baking powder, gula pasir, air dan uleni sampia setengah kalis. Masukkan mentega dan uleni lagi sampai kalis.
  • Diamkan adonan sampai 30 menit dan bagi menjadi beberapa bagian. Pipihkan dan beri isi. Biarkan selama 30 menit, dan kukus selama 10-15 menit. Jangan terlalu lama ya karena bisa menyebabkan bakpao jadi kisut.

Dari beragam cara membuat bakpao di atas, mana yang pengen kamu segera coba?

Join Diadona.id