13 Kuliner Hits yang Ramai Diperbincangkan di Tahun 2021, Apa Aja?

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 11 Desember 2021 08:20
13 Kuliner Hits yang Ramai Diperbincangkan di Tahun 2021, Apa Aja?
Apa aja sih kuliner yang sempat ramai diperbincangkan di tahun 2021 ini?

Tahun 2021 ini, Indonesia masih harus berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Pandemi ini memaksa masyarakat harus banyak mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal inilah yang tentu juga mengubah tren kuliner yang ada di Indonesia.

Tahun 2020 lalu kita masih ingat dengan Dalgona. Nah, di tahun 2021 ini, apa aja sih tren makanan yang sempat ngehits? Yuk kita simak!

1 dari 13 halaman

1. Croffle

Ilustrasi Croffle © Diadona

Croffle merupakan singkatan dari croissant dan waffle. Croffle dibuat dengan memasukkan adonan croissant pada alat yang biasa digunakan untuk memasak waffle. Karena itu bentuk dari croffle ini mirip dengan waffle.

Tekstur dari croffle ini renyah, berbeda dengan waffle yang lembut. Croffle ini sangat cocok disatap dengan menggunakan banyak topping, kemudian cocok disantap dengan kopi atau susu hangat saat sarapan.

Croffle jadi hits setelah artis sekaligus penyanyi asal Korea, Kang Min-kyung menunjukkannya melalui akun YouTube pribadinya dengan 600 ribu subscribers. Dalam salah satu konten miliknya yang berjudul " My Lovely Kitchen" , Kang Min-kyung mengatakan bahwa croffle adalah camilan favoritnya yang kemudian membuat banyak orang mencari makanan tersebut.

2 dari 13 halaman

2. BTS Meal

BTS Meal © Diadona

Tanggal 9 Juni 2021 lalu, McDonald's meluncurkan BTS Meal, kolaborasi antara BTS dan McDonald's yang heboh dan viral di Indonesia. Dalam satu paket BTS Meal terdapat chicken nugget yang berisi kurang lebih 9 pcs. Satu medium cola dan medium fries. Harga yang dibanderol Rp50 ribu untuk satu set-nya.

3 dari 13 halaman

3. Susu Beruang

Bear Brand © Diadona

Pertengahan tahun 2021 lalu, Susu Beruang atau Bear Brand ini menjadi salah satu susu yang paling dicari. Hal ini karena adanya isu yang mengatakan jika Susu Beruang bisa menyembuhkan Covid-19.

Harganya yang saat itu sekitar Rp9 ribuan melonjak hingga Rp15 ribuan perkalengnya. Hal ini karena banyak yang memburu Susu Beruang hingga stoknya habis di semua toko.

4 dari 13 halaman

4. Subway

Subway sandwich © Diadona

Subway akhirnya hadir di Indonesia. Jika biasanya kamu harus ke Singapura terlebih dahulu untuk bisa menikmati sandwich dari Subway, kini kamu gak perlu lagi jauh-jauh karena Subway sudah masuk ke Indonesia.

Subway dibuka pada 15 Oktober 2021 lalu di Cilandak Town Square (Citos, Jakarta Selatan. Awal pembukaan, antreannya pun cukup panjang dan sempat jadi perbincangan di media sosial.

5 dari 13 halaman

5. Indomie Bulat

Indomie bulat © Diadona

Warganet sempat dihebohkan dengan penampakan Indomie Goreng yang berbentuk bulat. Mulai dari bungkus, isi, bahkan bungkus bumbunya juga berbentuk bulat, loh.

Ramai di media sosial, kebenraran foto inipun menjadi perdebatan netizen. Kalau beneran ada, lucu kali, ya?

6 dari 13 halaman

6. Cheetos, Lays, Doritoz

Cheetos Lay’s dan Doritos Hengkang dari Pasar Indonesia, ICBP Siapkan 'Baju' Baru untuk Foodie © Diadona

Cheetos, Lays dan Doritoz harus mengucapkan selamat tinggal kepada penikmatnya yang ada di Indonesia. Pasalnya, ketiga produk ini tak lagi diproduksi di Indonesia pada Agustus 2021 lalu.

Cheetos kini bisa kamu nikmati dengan nama Chiki Twist, Lays berganti nama menjadi Chitato Lite, dan Doritoz berubah menjadi Maxicorn.

7 dari 13 halaman

7. Bubur Masha and the Bear

Bubur Merah Masha and the Bear © Diadona

Di salah satu episode serial Masha and the Bear, ada sebuah bagian di mana Masha membuat bubur merah muda. Namun bahan yang dimasukkan terlalu banyak, alhasil bubur masha mengembang hingga hampir menutupi seluruh rumah Beruang.

Beberapa pengguna TikTok pun mencoba membuat bubur merah muda ini secara nyata. Bubur merah muda Masha ini pun menjadi perbincangan di kalangan warganet.

8 dari 13 halaman

8. KFC Menu Lawas

KFC Melawai © Diadona

Awal Juni 2021 lalu, KFC Melawai menghadirkan sebuah gebrakan yang cukup fenomenal. KFC hadir pertama kali di Indonesia tahun 1979. Fakta ini kemudian digunakan oleh KFC Cabang Melawai, Blok M, untuk melakukan inovasi dengan menghadirkan suasana KFC pada tahun tersebut ke masa sekarang.

Saat berkunjung ke sana, kita bisa melihat sign box berwujud bucket ayam yang merupakan logo lama KFC dipasang di tempat parkir. Semua dekorasi sangat jadul, membuat teringat suasana lawas KFC.

KFCF juga menghadirkan menu Classic Combo. Paket ini berisi satu potong ayam orignal, roti atau dinner roll, jagung rebus, mashed potato, dan coleslaw sederhana dengan tambahan mayonaise, kol, dan juga wortel. Satu paket ini dijual dengan harga Rp45 ribuan.

9 dari 13 halaman

9. Nugget bentuk Among Us

 Chicken Nugget Among Us © Diadona

Nugget termahal mungkin jatuh pada Chicken Nugget berbentuk Among Us ini. Chicken Nugget ini adalah nugget dari paket BTS Meal. Yang membuatnya unik adalah bentuknya yang menyerupai karakter di game fenomenal Among Us.

Bahkan, Nugget ini dijual dengan harga yang gak masuk akal. Di situs jual beli eBay, Nugget Among Us ini dilelang hingga mencapai harga Rp 1,1 Miliar.

10 dari 13 halaman

10. Tempe Indomie

Tempe Indomie © Diadona

Tempe biasanya terbuat dari kedelai. Namun, pernah bayangin nggak gimana kalau Tempe terbuat dari Indomie? Ya, Tempe Indomie ini beneran dibuat oleh ilmuwan pangan bernama dr. Driando Ahnan Winarno.

Sama halnya seperti tempe yang dibuat dari kedelai, Indomie yang telah direbus kemudian dicampurkan dengan ragi. Setelah difermentasi, maka akan timbul benang-benang pengerat tipis sama halnya seperti tempe pada umumnya.

Penampakan Tempe Indomie inipun sempat viral di media sosial dan ramai diperbincangkan oleh netizen.

11 dari 13 halaman

11. Kue Batu Bata

Hampers Kue Batu Bata © Diadona

Hampers Kue berbentuk Batu Bata sempat viral di media sosial. Bentuknya benar-benar mirip dengan batu bata beserta semennya.

Cara memakan kue yang diberi nama Kue Kering Cap Tiga Bata ini juga terbilang unik.

12 dari 13 halaman

12. Es Krim Seblak Sisca Kohl

Es Krim Seblak © Diadona

Sejak masa pandemi, nama Sisca Kohl memang selalu menjaadi perbincangan. Hal ini karena konten TikTok-nya yang selalu unik dan bikin penonton geleng-geleng kepala.

Mulai dari mengolah makanan dengan harga selangit, hingga membuat es krim dengan rasa yang sangat nyeleneh. Salah satunya adalah Es Krim Seblak.

Dia dan sang adik mencampurkan kuah seblak dengan bubuk es krim menggunakan blender. Kemudian memasukkan bahan yang telah tercampur itu ke dalam mesin pembuat es krim. Es krim rasa seblak pun jadi dengan tambahan topping ceker, bakso dan makaroni basah.

13 dari 13 halaman

13. Mentai

Ilustrasi Mentai © Diadona

Mentai menjadi makanan yang cukup banyak diperbincangkan di tahun 2021 ini. Di masa pandemi, para pengusaha kecil menengah banyak yang menjual Mentai sebagai barang dagangannya. Mentai pun kini banyak tersedia di berbagai aplikasi ojek online.

Beberapa pengguna TikTok pun banyak yang mengunggah video resep saus mentai simpel yang bisa dibikin sendiri di rumah.

Dilansir dari Nibble.id, istilah mentai sebenarnya datang dari bahasa Jepang, yaitu Mentaiko. Di Jepang sendiri, mentaiko adalah telur Ikan Kod yang dimarinasi dengan beragam bumbu untuk menciptakan rasa yang berbeda.

Mentaiko kemudian diolah jadi banyak jenis makanan. Beberapa di antaranya digunakan sebagai isian Onigiri, topping untuk spaghetti, donburi, garnish sushi, dan dijaikan saus yang kini populer.

Saus Mentai awalnya diciptakan dari gaya makanan Western yang mengombinasikan Mayonaise dan Mentaiko. Di Indonesia sendiri, rasanya disesuaikan. Bahkan dengan bahan Mayonaise, saus tomat, saus sambal, dan nori, sudah tercipta saus mentai dengan rasa yang khas.

Beri Komentar