20 Makanan khas Cirebon yang Paling Populer dan Recomended untuk Dicoba

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 31 Januari 2020 13:54
20 Makanan khas Cirebon yang Paling Populer dan Recomended untuk Dicoba
Tak hanya terkenal dengan Bati Trusminya saja, Makanan khas Cirebon juga tak kalah menggiurkan untuk dicoba.

Sebagai daerah yang berbatasan wilayah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, Cirebon memliki banyak Makanan khas dengan cita rasa yang bisa menggugah seleramu. Perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda yang mengakar kuat pada masyarkatnya memunculkan banyak Makanan khas Cirebon yang tak akan kamu temukan di daerah lain. Makanaya akan sayang banget kalau kamu tak mencicipi Makanan khas Cirebon saat kau berkunjung ke kota udang ini.

1 dari 4 halaman

Makanan Ringan Khas Cirebon

Makanan khas Cirebon tak hanya menyediakan makanan berat, kamu bisa mencicipi maknaan khas Cirebon yang cocok dijadikan sebagai jajanan atau camilan saat bersantai. Lalu apa saja makaman ringan khas Cirebon yang bisa kamu coba? berikut rekomendassinya untukmu.

Tahu Gejrot

Ilustrasi Tahu Gejrot © Diadona

kalau kamu maniak banget dengan makanan bercita rasa pedas, kamu bisa lho mencicipi Makanan khas Cirebon satu ini. Saking populernya, makanan ini sampai sudah tersebar ke daerah lain. Sebenarnya, makanan ini dibuat dengan bahan dari tahu kempus goreng yang disajikan dengan kuah berbumbu bawang merah, bawang putih, cabai, asam, dan gula merah. Disebut tahu gejrot karena tahu disiram kuah gula merah dari botol, sehingga terdengar suara 'jrot' saat dituang.

Serabi

Ilustrasi Serabi Cirebon © Diadona

Siapa yang tak tahu serabi? Salah satu Makanan khas Cirebon ini ternyata masih cukup populer dan cocok dijadikan oleh-oleh. Makanan tradisional yang terbuat dari campuran tepung, gula, dan telur ini memiliki tekstur yang lembut saat disantap. Umumnya, serabi dijual pada pagi atau malam hari. Jadi, pastikan kamu datang di waktu yang tepat ya.

Meski merupakan penganan tradisional, kini serabi tak hanya dipadukan dengan telur ataupun oncom. Di Cirebon, kamu akan menemukan serabi dengan tambahan topping yang beragam. Mulai dari cokelat, keju, hingga greentea bisa kamu coba di sini. Jika kamu ingin menjadikan serabi sebagai oleh-oleh, sebaiknya perhatikan masa konsumsinya ya.

Tape ketan

Ilustrasi Tape Ketan © Diadona

Ada lagi olahan ketan yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu tape ketan. Makanan khas Cirebon ini merupakan hasil fermentasi ketan yang dibungkus dengan daun pisang. Cukup didiamkan beberapa hari, makanan ini akan menghasilkan rasa asam saat disantap. Agar lebih nikmat, biasanya tape ketan disantap dengan emping.

Melalui proses pembuatan cukup sederhana, makanan satu ini akan mudah kamu jumpai di pasar tradisional Cirebon. Harganya juga cukup terjangkau, sehingga bisa kamu bawa dalam jumlah banyak untuk orang-orang terdekat.

Emping

Ilustrasi Emping Cirebon © Diadona

Orang Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan kudapan satu ini. Makanan khas Cirebon yang terbuat dari melinjo juga menjadi salah satu penganan khas yang layak kamu jadikan oleh-oleh. Tak hanya menghadirkan rasa orisinal, emping di sini juga diberikan berbagai varian rasa. Makanan yang cocok dijadikan camilan juga pendamping menu utama, bukan?

Di Cirebon, kamu bisa membeli emping siap makan atau yang masih mentah sebagai persediaan. Khusus yang siap makan, ada beberapa rasa yang bisa kamu pilih yaitu bumbu manis, asin, udang, maupun rumput laut. Jika tertarik membelinya, sebaiknya kamu siapkan uang sekitar Rp20.000 – Rp50.000.

Kue Gapit

Ilustrasi Kue Gapit © Diadona

Kalau kamu penyuka kue, kue gapit Makanan khas Cirebon, tentu tak boleh kamu lewatkan. Menurut, masyarakat setempat, “ gapit” memiliki arti jepit. Proses pembuatan penganan ini pun dijepit oleh sebuah alat, sehingga nama tersebutlah yang dipilih.

Kue berbahan dasar tepung tapioka dan berbentuk tipis ini kerap dianggap menyerupai kue simping. Tekstur kue ini renyah, sehingga cocok dijadikan camilan saat bersantai. Jika tertarik, kamu bisa membawa pulang kue tradisional ini dengan memilih beberapa varian rasa seperti balado, bawang, udang, manis, keju, hingga kacang. Umumnya, kue ini dijual seharga Rp25.000 per kilogram.

2 dari 4 halaman

Makanan khas Cirebon Jawa Barat

Selain mempunyai bergaam kebudayaan yang begitu melekat di masyaraktnya, Kota Udang ternyata juga memiliki sederet Makanan khas Cirebon yang wajib banget kamu coba saat kamu kesana. Jangan khawatir dompet kamu jebol, karena Makanan khas Cirebon yang tersedia bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau. Nah, berikut kami rekomendasikan Makanan khas Cirebon Jawa Barat yang siap bikin kamu ketagihan.

Empal Gentong Haji Apud

Ilustrasi empal gentong © Diadona

Makanan khas Cirebon yang berada di daerah Plered, Cirebon ini memang menjadi salah satu tempat makanan khas legendaris di kota Cirebon. Yang khas dari Empal Gentong Haji Apud adalah makanan khas Cirebon satu ini menyajikan daging empal yang empuk dan gurih. Selain itu, tenpat Makanan khas Cirebon ini juga menyajikan menu empal asem yang tak kalah menggugah selera. Rasa kuah empla asmanya pun sangat menyegarkan dengan bumbu yang begitu meresap. Wajib banget pokonya menikmati sajian Makanan khas Cirebon satu ini

Jamblang Ibu Nur

Ilustrasi Nasi Jamblang © Diadona

Makanan khas Cirebon selanjutnya adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang tak pernah sepi pembeli. Jadi jangan heran kalau kamu harus antre dulu untuk menikmati kelezatan nasi jablangnya. Buat kamu yang belum tahu, nasi jamblang adalah nasi yang dilapisi alas daun jati. Sebagai lauknya, kamu bisa memilih berbagai menu masakan yang tersedia, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel dan lainnya. Paduan cita rasa nasi yang gurih dan aromanya yang wangi dijamiin akan sukses bikin kamu ketagihan.

Restoran Seafood Jumbo

Ilustrasi Restoean Seafood Jumbo © Diadona

Sebagai daerah yang berbatasan dengan laut Jawa utara, tak heran kalau Makanan khas Cirebon banyak menggunakan bahan dasar makanan laut yang masih segar. Salah satu yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan Makanan khas Cirebon adalah Restoran Seafood Jumbo.

Sesuai dengan namanya, tempat Makanan khas Cirebon satu ini menyediakan berbagai menu olahan makanan laut dengan ukuran yang tak biasa alias jumbo. Seperti kepiting jumbo, dan kerang Jumbo. Kebayang dong gimana lezatnya menyantap sajian makanan laut dengan cita rasa mantap ini?

Bubur M. Toha

ilustrasi bubur M. Toha © Diadona

Kalu Makanan khas Cirebon satu ini memang surganya makanan bubur. Berbagai jenis bubur dengan cita rasa terbaik se-kota Cirebon bisa kamuu nikmati di sini. Berbagai jenis bubur yang bisa kamu nikmati8 diantaranya adalah bubur ayam, bubur kacang hijau, dan bubur ketran hitam. Jangan khawatir kehabisan, kamu bisa kesini kapanpun kamu mau. Pasalnya, tempat Makanan khas Cirebon satu ini buka 24 jam nonstop. Buruan cobain deh.

Rumah Makan Haji Moel

Ilustrasi Rumah Makan Haji Maoel © Diadona

Rumah Makan Haji Moel ini sudah sangat terkenal. Saking terkenalnya banyak wisatawan yang memang senagaja mampir kesini hanya untuk menikmati kelzatan cita rasanya. Sajian spesial dari restoran ini adalah makanan seafood yang bebrbeda dengan restoran seafood lainnya. Selain itu, kamu bisa juga menikmati menu lain seperti kwetiau goreng, kwetiau rebus, dan capcai. Semua menu makanan khas Cirebon yang teresedia di sini, dijamin bakal bikin kamu ketagihan.

3 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Khas Cirebon

Menghabiskan waktu untuk berwisata atau berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kulinernya yang istimewa, pasti kerasa ada yang kurang bukan? Nah, jika kamu berkunjung ke salah satu kota dikawasan Jawa Barat yang terkenal dengan semboyan Esa Hilang Dua Terbilang ini, kamu harus coba beberapa makanan khas yang jadi andalan kota ini. Yap, kota ini adalah Kota Cirebon. Kalau bingung harus berwisata kuliner kemana, simak rekomendasi makanan dan minuman khas Cirebon berikut ini!


Ayam Goreng Bahagia 71

Ilustrasi Ayam Goreng Bahagia 71 © Diadona

Makanan khas Cirebon satu ini selalu dissaki para pembel karena kelezatan makanannya. Kalu kamu sedang mencari makanan ayam goreng khas Cirebon, barangkali Ayam Goreng Bahagia adalah jawabannya. Menagapa? karena restorang ini menyediakan berbagai menu olahan ayam seperti dada yaam, paha ayam jantung ayam, ampela ayam, kepa ayam, sop ceker, dan menu lainnya. Tekstur daging yang lebut, kelezatan cita rasabumbunya yang masuk hingga ke dalam daging dijamin nggak akan bikin kamu kecewa deh. Kalu kamu mencicipi Makanan khas Cirebon satu in kamu bisa datang ke alamttnya di Jalan Bahagia No.69-71, Lemahwungkuk, Cirebon.

Sate Kalong

Ilustrasi Sate Kalong © Diadona

Jika di daerah lain sajian sate biasanya menggunakan bahan dasae daging sapi atau ayam, namun jika di Cirebon, sate akan disajikan dengan bahan dasar daging kerbau. Walaupun disuguhkan dengan bumbu kacang layaknya sate pada umumnya, namun cita rasa yang dihasilkan akan berbeda. Daging kerbau yang memliki sedikit serat, membuat cita rasanya menjadi semakin lezat dan gurih. Kalau kamu ingin mencari makanan khas Cirebon satu ini, kamu bisa mencarinya di sekitar pasar Kanoman.

Bubur Sop Ayam

Ilustrasi Bubur Sop Ayam © Diadona

Bisa dikatakan bubur sop ayam adalah bubur ayam yang disajikan bersama kuah melimpah. Buburnya sendiri tidak terlalu encer, lebih mirip nasi tim yang dimasak dengan banyak air. Selain kuah yang melimpah, bubur sop juga disajikan dengan taburan bawang goreng, kacang kedelai, daun bawang, seledri, ampela, kol, soun, dan irisan ayam yang melimpah pula. Tak ketinggalan pula tauco dan kerupuk kanji untuk menambah tekstur renyah. Sarapan dengan makanan khas Cirebon yang satu ini dijamin bikin kenyang.

Es Cuwing

Ilustrasi Es Cuwing © Diadona

Cuwing atau cuing adalah sebutan untuk cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau hijau (Tiliacora triandra). Makanan khas Cirebon satu ini memiliki kuah santan yang lebih pekat dengan tambahan sirup dan gula merah. Kadang masih dilengkapi dengan 'pernak-pernik' seperti cendol sagu, kental manis, atau kelapa muda.

Sirup Tjampolay

Ilustrasi Sirup Tjampolay © Diadona

Sirup khas Cirebon ini menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang layak kamu bawa pulang. Konon, minuman manis ini menggunakan resep turun-temurun yang ada sejak tahun 1964. Karena rasa khas tersebut, Sirup Tjampolay kerap digunakan berbagai restoran hingga hotel di Cirebon.

Produk ini hadir dengan beragam pilihan rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ada Sirup Tjampolay rasa pisang susu, stroberi, kopyor, mangga gedong, melon, hingga leci. Harga satu botolnya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp27.500. tertarik membawanya pulang untuk dinikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta? Kamu bisa mengunjungi pusat produksinya langsung di Jalan Elang Raya K. 11 – 12.

4 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan khas Cirebon

Jika berbicara soal wisata di Jawa Barat, Kota Cirebon mungkin menjadi salah satu destinasi yang akan muncul di kepala kamu. Tak hanya kaya akan tempat wisata, Cirebon juga masih memiliki kebudayaan yang cukup kental. Beberapa keraton serta peninggalan sejarah bisa dengan mudah kamu temukan di sini.

Tingginya antusias wisatawan untuk berkunjung ke Kota Udang pun didukung dengan ragam Makanan khas serta oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang. Apakah kamu berencana untuk menjelajahi kota ini? Jika iya, ayo simak rekomendasi oleh-oleh Makanan khas Cirebon berikut ini!

Rengginang

Ilustrasi Rengginang © Diadona

Salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang menarik untuk kamu bawa pulang adalah rengginang. Penganan ini terbuat dari nasi atau ketan yang memiliki rasa gurih dan renyah. Biasanya, rengginang dijadikan camilan ataupun makanan pendamping untuk menambah cita rasa.

Di Kota Udang ini, rengginang dibuat dalam berbagai rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Ada rasa udang, keju, hingga terasi yang rasanya cukup unik. Ukuran rengginang pun beragam, mulai dari kecil, sedang, hingga besar. Tertarik untuk mencicipinya? Siapkan saja uang mulai dari Rp15.000 hingga Rp50.000.

Cirebon Sultana

Ilustrasi Cirebon Suitana © Diadona

Ketika menyambangi Kota Cirebon, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi dan membungkus kue kekinian untuk dijadikan oleh-oleh Makanan khas Cirebon. Kedai milik selebritas Indra Bekti ini sudah eksis di Cirebon sejak Maret 2017. Meski populer karena nama pemiliknya, cita rasa yang ditawarkan kue ini tak boleh kamu pandang sebelah mata.

Perpaduan puff pastry dan bolu pada penganan ini ditambah dengan toppingberbagai rasa. Mulai dari Sultana Blueberry, Sultana Mangga, hingga Sultana Choco Banana adalah beberapa jenis menu yang bisa kamu pilih. Daya tarik lain dari camilan manis ini juga ada pada kemasannya yang unik dan tentunya rapi. Untuk membawa pulang, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp50.000 –Rp70.000.

Kerupuk Lambak

Ilustrasi Kerupuk Lambak © Diadona

Cirebon memang terkenal dengan jajanan kerupuknya yang beragam, salah satunya adalah kerupuk lambak. Proses pembuatan Makanan khas Cirebon satu ini tergolong cukup panjang. Pertama, kulit sapi atau kerbau perlu dibersihkan dan digoreng dalam minyak bersuhu rendah. Kemudian, kulit kembali di goreng pada minyak panas hingga garing dan siap disantap.

Penganan yang kerap disebut sebagai kerupuk kulit ini biasanya menjadi hidangan pendamping saat menikmati makanan berkuah. Jadi, jangan heran jika kamu sering melihat kerupuk lambak tersedia di berbagai restoran empal gentong khas Cirebon.

Kerupuk Melarat

Ilustrai Krupuk Melarat © Diadona

Meskipun namanya melarat, Makanan khas Cirebon satu ini memiliki rasa yang gurih. Dinamakan demikian karena kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak goreng, melainkan dengan pasir melalui proses sangrai. Lalu, apakah aman untuk dikonsumsi? Tak perlu khawatir akan kebersihannya karena pasir yang digunakan sudah melalui proses pengayakan. Selain itu, pasir juga akan dipanaskan lebih dulu untuk menghilangkan segala bakteri.

Sesuai namanya, kerupuk ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp5.000 per bungkusnya. Kamu sudah pernah mencobanya?

Keripik Tempe Sagu

Ilustrasi Keripik Tempe Cirebon © Diadona

Bagi penyuka penganan gurih dan renyah, maka kamu tak boleh melewatkan keripik tempe sagu sebagai oleh-oleh Makanan khas Cirebon. Lalu, apa yang membedakan camilan ini dengan keripik lainnya? Lapisan sagu pada tempe adalah pembeda keripik ini. Alhasil, keripik ini memiliki tekstur yang lebih renyah. Kalau tertarik membawa keripik ini sebagai oleh-oleh, siapkan bujet sekitar Rp25.000 untuk membeli per satu kemasannya, ya.

Menariknya, kini keripik tempe sagu dibuat dalam berbagai varian rasa. Mulai dari rasa keju, pedas, hingga sapi panggang bisa kamu pilih sesuai selera. Tak hanya varian rasa, keripik tempe sagu juga diproduksi oleh banyak industri rumahan. Jadi, jangan salah pilih merek yang tak sesuai selera kamu ya!

Ingat ya, turut mencicipi makanan khas daerah di Inonesia juga sama dengan turut meledtarikan budaya Indonesia.

Beri Komentar