20 Makanan yang Mengandung Vitamin D,B,A, dan E dengan Seribu Manfaat untuk Kesehatan

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 28 Februari 2020 08:39
20 Makanan yang Mengandung Vitamin D,B,A, dan E dengan Seribu Manfaat untuk Kesehatan
Tubuh perlu asupan makanan yang mengadnung vitamin agar kesehatan tetap terjaga.

“Kamu adalah apa yang kamu makan”. Ungkapan ini ada benarnya, karena makanan bukan sekadar pengisi perut. Makanan memberikan tubuh nutrisi dan vitamin yang dibutuhkannya agar bisa berfungsi serta dapat menentukan mood hari ini dan kesehatan tubuh di tahun-tahun mendatang. Apa saja jenis makanan kaya vitamin yang perlu kamu konsumsi?

1 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu vitamin yang memiliki fungsi penting seperti menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, vitamin D juga disebut-sebut bermanfaat dala meminimalisir risiko penyakit-penyakit serius seperti darah tinggi (hipertensi), depresi, serangan jantung, hingga kanker. Oleh karenanya, sangat penting bag kita untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Lalu apa saja contoh makanan yang mengandung vitamin D? berikut informasinya untukmu.

Jamur

Jamur Matsutake © Diadona

Jamur sering kita jumpai di berbagai olahan makanan, seperti pizza, cap cay, hingga jamur crispy. Di balik rasanya yang cukup lezat, jamur menjadai salah satu makanan yang megandung vitamin D karena memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan. Untuk setiap 100 mg jamur, terdapat 446 IU vitamin D di dalamnya.

Tiram (Oysters)

Dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung zinc, tiram ternyata juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin D, lho. Kandungan vitamin D pada tiram mencapai 272 IU per 86 gram, dan telah memenuhi 68% dari total angka kebutuhan vitamin D harian.

Kuning Telur

Ilustrasi Kuning Telur © Diadona

Kuning telur adalah makanan yang mengandung vitamin D. Satu butir telur diklaim mengandung 40 IU vitamin D. Kendati demikian, jangan konsumsi telur secara berlebihan, ya. Di balik manfaat yang dimiliki, kuning telur juga menyimpan 200 mg kolesterol. Normalnya, konsumsi telur dalam satu hari tidak boleh lebih dari 300 mg per hari, kecuali kamu ingin terkena serangan jantung.

Keju Cheddar

kamu suka keju cheddar? Keju cheddar adalah jenis keju yang diolah dari susu sapi dan telah mengalami proses pasteurisasi selama beberapa waktu. Berbahagialah karena selain rasanya yang lezat, keju cheddar ini menjadi salah satu pilihan makanan yang mengandung vitamin D. Mengapa? Karena keju cheedar memiliki kandungan vitamin D dan sejumlah vitamin lainnya seperti vitamin A, B12, E, dan K bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

Ikan Kod

Ilustrasi Ikan Kod © Diadona

Ikan kod menjadi makanan yang mengandung vitamin D selanjutnya yang patut kamu konsumsi. Untuk setiap 100 gram ikan kod, terdapat 48 IU kandungan vitamin D. Mengonsumsi ikan kod secara rutin mampu membantu menguatkan dan mencegah tulang dari berbagai risiko penyakit.

Tak hanya itu, ikan kod juga kaya akan protein dan rendah kalori sehingga cocok untuk dikonsumsi kamu yang tengah menjalani program diet menurunkan berat badan. Kandungan asam lemak omega-3 juga menjadikan ikan kod bermanfaat dalam mencegah penyakit serius seperti diabetes dan jantung.

Minyak Hati Ikan Kod

Selain dagingnya, minyak hati ikan kod juga memiliki manfaat yang tak kalah hebatnya. Bahkan, kandungan vitamin D pada minyak hati ikan kod mencapai 10.000 IU per 100 gram. Ini menjadikan minyak hati ikan kod sebagai makanan mengandung vitamin D paling tinggi. Minyak hati ikan kod umumnya kita temui dalam bentuk suplemen kapsul, pun suplemen cair.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin B

Ilustrasi Daging © Diadona

Vitamin B memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya dalam meningkatkan energi, fungsi otak, metabolisme sel tubuh, hingga mendukung sistem saraf. Oleh karenanya kamu harus selalu memenuhi kebutuhan vitamin B dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B berikut ini.

Daging Sapi

Kaluau kamu sangat membutuhkan kandunga vitamin B, daging sapi bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang mengandung vitamin B. Daging sapi memiliki enam dari delapan kandungan vitamin B.

Vitamin B3-nya juga tinggi, dapat membantu menjaga sistem saraf dan kulit. Terdapat pula vitamin B1, B2, dan B6, dan B.

Hati Sapi

Ilustrasi Hati Sapi © Diadona

Bagian tubuh sapi lain yang bisa dijadikan sebagai makanan yang mengandung vitamin B adalah hati sapi.

Sepotong besar hati sapi (sekitar 100 gram) mengandung B2, B5, dan B3. Ada juga B9, B6, dan B yang berlimpah. Tak perlu makan banyak-banyak, cukup menambahkan hati sapi cincang ke dalam makananmu, kebutuhan vitamin B kamu sudah bisa tercukupi.

Biji Bunga Matahari

Pasti gak asing dengan makanan ringan yang satu ini, kan? Biji bunga matahari alias kuaci mengandung asam pantotenat (B5) yang cukup besar sehingga cocok dijadikan sebagai makanan yang mengandung vitamin B.

Meskipun sebenarnya pantotenat sering ditemukan di sebagian besar tanaman dan makanan hewani, tapi jumlahnya kecil dan bisa hilang selama pemrosesan.

Ikan salmon

Ilustrasi Ikan Salmon © Diadona

Makanan yang mengandung vitamin B selanjutnya adalah daging ikan salmon kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Dalam 85 gram salmon, terkandung sekitar 5 mcg vitamin B. Untuk mendapatkan manfaat kandungan salmon secara optimal, masaklah salmon dengan cara dipanggang.

Ikan Tuna

Yang terakhit, ada ikan tuna sebagai alternatif lain makanan yang mengandung vitamin B. Dalam 85 gram tuna, terkandung 2,5 mcg vitamin B. Mengonsumsi ikan tuna dalam jumlah tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan vitamin B harian kamu.

Selain itu, tuna mengandung vitamin D dan kaya akan asam lemak omega-3. Dalam tuna, terkandung pula eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) yang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang memiliki fungsi penting bagi tubuh, terutama berkaitan dengan penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan pertumbuhan sel. Oleh karenanya, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A agar kebutuhan vitamin A dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Lalu apa saja makanan yang mengandung vitamin A? Simak informasinya berikut ini ya.

Apel

Ilustrasi Apel © Diadona

Buah dengan kulit berwarna merah (ada juga warna hijau) ini memiliki kandungan vitamin A sebanyak 58 IU untuk setiap 100 gr-nya, oleh karenanya, cocok banget dijadikan sebagai pilihan makanan yang mengandung vitamin A yang bisa kamu konsumsi. Adanya kandungan vitamin A pada buah apel menjadikan buah satu ini berguna untuk merawat keseahatan tubuh, seperti mata dan kulit.

Selain itu, apel juga mengandung banyak antioksidan dan fito nutrient yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Anggur

Rasanya hampir semua orang menyukai buah yang satu ini. Dengan rasa yang manis asam dan menyegarkan, anggur juga merupakan salah satu jenis buah yang menjadi makanan mengandung vitamin A dan baik untuk kesehatan. Anggur yang dijuluki sebagai “ ratu buah-buahan” ini mengandung 66 IU vitamin A per 100 gr-nya.

Tidak hanya vitamin A, anggur ternyata mengandung sejumlah jenis vitamin lainnya seperti vitamin C, E, K, mineral, fitro nutrient, dan elektrolit.

Kiwi

Ilustrasi Kiwi © Diadona


Makanan yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah kiwi. Buah dengan daging berwarna hijau ini kandungan vitamin A-nya juga bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian kita. Setiap 100 gr buah kiwi mengandung 87 IU vitamin A.

Di samping vitamin A, buah kiwi adalah buah yang mengandung sejumlah zat bergizi lainnya seperti vitamin C, E, K, mineral, dan fito chemical. Banyak-banyaklah mengonsumsi kiwi jika ingin mata kamu sehat.


Nangka

Sebagai buah tropis, nangka dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia. Nangka adalah makanan yang mengandung vitamin A dengan jumlah tinggi, yakni 110 IU per 100 gr. Mengonsumsi buah nangka secara rutin dapat merawat kesehatan mata dan kulit.

Nangka juga memiliki kandungan sejumlah zat bergizi lainnya, seperti kalsium, potasium, dan fosfor.

 

4 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sebetulnya ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin E di sekitar kamu. Dari mulai buah-buahan, sayuran-sayuran,biji-bijian, bisa kamu manfaatkan sebagai makanan yang mengandung vitamin E. Untuk kamu yang masih belum tahu tentang berbagai makanan yang mengandung vitamin E, simak contoh makanan yang mengandung vitamin E berikut ini ya.

Udang

Ilustrasi Udang rebus © Diadona

Kamu suka mengonsumsi udang? Jangan salah, makanan laut satu ini ternyata juga merupakan makanan yang mengandung vitamin E. Udang mampu memenuhi 18 persen kebutuhan vitamin E harian. Mengonsumsi udang secara rutin dapat membuat kamu merasakan berbagai manfaat vitamin E, seperti merawat kesehatan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, dan memperlancar peredaran darah.

Selain itu, udang juga memiliki zat antioksidan karotenoid yang bertugas untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh bebas dari kerusakan sel.

Brokoli

Brokoli wajib ada di antara daftar menu sehat kamu. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak sekali vitamin dan zat berigizi, termasuk menjadi makanan yang mengandung vitamin E. Kandungan vitamin E pada brokoli sanggup mencukupi 15 persen dari total kebutuhan vitamin E harian.

Manfaat brokoli bagi kesehatan mencakup detoksifikasi, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung.

inyak Zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun © Diadona

Jika selama ini kamu menggunakan minyak kelapa sawit untuk menggoreng masakan, cobalah untuk menggantinya dengan minyak zaitun. Kendati harganya lebih mahal dari minyak biasa, namun minyak zaitun cenderung minyak sehat dan memiliki banyak manfaat di dalamnya.

Hal ini karena minyak zaitun mengandung sejumlah vitamin, salah satunya vitamin E. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun mencapai 18 persen dari total kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak yang berasal dari buah zaitun ini. Minyak zaitun berkhasiat untuk menangkal stres oksidatif yang menjadi awal timbulnya sel kanker. Jadi jangan ragu lagi ya akalau minyak zaitun juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung vitamin E.

Labu

Jangan lupa juga untuk memasukkan labu ke dalam menu sehat makanan yang mengandung vitamin E. Mengonsumsi labu mampu memenuhi 6 persen asupan vitamin E harian kamu. Labu efektif dalam membantu tubuh menjaga oksidasi darah, menurunkan kadar LDL, dan memperlancar sistem pencernaan oleh karena labu juga kaya akan serat.

Tahu

Ilustrasi Tahu Putih © Diadona

Sebagai masyarakat Indonesia, tahu sudah jadi makanan yang hampir kita konsumsi sehari-hari. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini adalah makanan yang mengandung vitamin E, tepatnya 5,3 persen untuk setiap 100 gr-nya.

Mengonsumsi tahu secara rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kamu, seperti menangkal radikal bebas dan merawat kesehatan kulit.

Itu dia daftar makanan yang mengandung vitamin D,B,A, dan E untuk kamu ketahui. Perlu diingat juga bahwa asupan vitamin juga harus diimbangi oleh asupan zat berigizi lainnya. Selain itu, aktivitas olahraga dan istirahat yang cukup juga diperlukan guna memaksimalkan perawatan kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar