25 Makanan Jepang yang Lezat dan Populer di Berbagai Negara, Udah Cobain Semua?

Reporter : Kurnia
Jumat, 6 Agustus 2021 13:33
25 Makanan Jepang yang Lezat dan Populer di Berbagai Negara, Udah Cobain Semua?
Selalu bikin ludah meleleh, auto ngiler

Makanan Jepang memang terkenal lezat dengan beragam cita rasa. Disebut nihoshoku atau washoku, makanan Jepang banyak yang berbahan dasar nasi, sayur, hingga seafood.

Bagi kamu pecinta kuliner, khususnya makanan Jepang pasti udah nggak asing lagi dong dengan berbagai olahan Jepang yang unik?

Miliki cita rasa yang khas dan mudah diterima oleh semua lidah membuat makanan Jepang banyak disukai dan beredar di berbagai Negara. Tapi, sudahkah kamu tahu dan mencobanya semua?

Dirangkum khusus buat kamu, ini lho 25 makanan Jepang yang lezat dan populer.

1 dari 5 halaman

Bagian Satu

SUSHI © Diadona

Sushi

Siapa sih yang kenal dengan sushi, makanan populer di dunia ini terbuat dari nasi dan bumbu cuka beras khas Jepang.

Dibentuk bulat dengan lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak sushi siap dimakan dan memanjakan lidah.

Sashimi

Sashimi adalah makanan khas Jepang berupa irisan ikan mentah segar atau daging yang diiris tipis-tipis. Sashimi sering disantap dengan kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.

Sukiyaki

Suki makanan Jepang atau juga dikenal dengan Sukiyaki merupakan hidangan dari Negara Sakura yang berisi irisan daging sapi, sayuran, dan tahu yang direbus di sebuah panci besi.

Shabu

Shabu sekilas mirip sukiyaki. Keduanya sama-sama disajikan dengan cara yang sama, direbus pada panci panas. Bedanya, shabu berisi irisan tipis daging sapi atau babi yang direbus bersama kuah kombu yang bening yang dicelupkan ke dalam ponzu atau saus wijen.

Karage

Karage merupakan potongan daging yang dimasak dengan teknik unik dengan bumbu mirin atau saus rendaman asin yang dibuat dari campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang.

2 dari 5 halaman

Bagian Dua

ilustrasi ramen © Diadona

Yakitori

Yakitori artinya ayam panggang. Ini adalah sate khas Jepang yang terdiri dari potongan daging ayam yang ditusuk lalu dibakar dengan saus, atau tara, anggur beras mirin, kecap, alkohol sake, dan gula.

Ramen

Ramen adalah makanan Jepang berupa mi yang terdiri dari mi gandum, kaldu gurih, topping daging rumput laut nori, daun bawang, rebung, dan lain-lain yang jadi favorit banyak warga di seluruh dunia.

Udon

Udon adalah sejenis mi tepung terigu kental yang sering digunakan dalam masakan Jepang yang disajikan dengan berbagai cara seperti dicampur ke dalam tumis, ditambahkan ke panci panas, disajikan dingin dengan basis sup tsuyu atau tentsuyu di samping untuk dicelupkan, tetapi paling sering digunakan dalam sup mie, di mana mereka disajikan dalam kaldu sup gurih.

Soba

Soba adalah salah satu dari tiga jenis mi yang paling sering dimakan di Jepang. Tidak seperti udon dan ramen, mi soba dengan topping daun bawang, serpihan agetama tempura, kue ikan kamaboko atau mochi panggan.

Tempura

Tempura bahkan sangat mudah dijumpai di Indonesia. Potongan atau irisan daging, ikan, dan/atau sayuran yang telah dibungkus dengan adonan tempura khusus dan digoreng hingga menjadi renyah dan berwarna emas pucat.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Chicken Katsu Mudah © Diadona

Chicken katsu, juga dikenal sebagai ayam panko, atau tori katsu adalah hidangan ayam goreng Jepang yang dibuat dengan remah roti panko dengan saus tonkatsu, saus cokelat berbasis buah vegetarian Jepang yang kental, atau saus tomat yang dibumbui.

Nasi kari

Nasi kari merupakan perpaduan makanan khas Jepang dan India dengan rasanya lebih manis, teksturnya lebih kental, dengan bawang bombay, wortel, dan kentang. Untuk daging, daging sapi, babi, dan ayam adalah yang paling populer.

Nasi Hayashi

Nasi Hayashi atau nasi daging sapi bawang bombay, dan jamur kancing, dalam saus demi-glace kental. Saus ini disajikan di atas atau di samping nasi kukus.

Donburi

Donburi merupakan makanan Jepang berupa rice bowl dengan berbagai daging, ikan dan sayuran dan disajikan di atas nasi kukus dalam mangkuk besar.

Onigiri

Onigiri merupakan olahan nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras.

4 dari 5 halaman

ilustrasi takoyaki © Diadona

Ebi Furai

Ebi furai merupakan makanan Jepang yang juga sangat populer di Indonesia dengan cita rasa yang gurih dan biasa dinikmati bersama cocolan saus.

Takoyaki

Takoyaki atau " bola gurita" adalah camilan Jepang berbentuk bola yang biasanya berisi gurita cincang. Terbuat dari adonan berbahan dasar tepung terigu dan dimasak dalam wajan bundar khusus dengan gurita cincang atau potong dadu, sisa tempura, acar jahe, dan daun bawang.

Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah hidangan gurih Jepang yang terbuat dari adonan tepung terigu dibuat dengan tepung, telur, parutan kubis, dan daging, dan topping dengan berbagai bumbu. Nama ini berasal dari kata okonomi, yang berarti " sesukamu" atau " apa yang kamu suka" , dan yaki yang berarti " dimasak" .

Tamagoyaki

Tamagoyaki adalah sejenis telur dadar Jepang, yang dibuat dengan menggulung beberapa lapis telur dadar. Tamagoyaki sering disiapkan dalam wajan telur dadar persegi panjang yang disebut makiyakinabe atau tamagoyakiki.

Natt?

Natt? merupakan makanan Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai dengan aroma kuat yang mirip dengan keju berjamur, serta tekstur lengket berlendir yang memiliki rasa asin dan gurih umami.

5 dari 5 halaman

Makanan Khas Jepang - Taiyaki © Diadona

Sup miso

Makanan Jepang populer selanjutnya adalah sup miso yang biasa dihidangkan sebagai lauk dengan sarapan, makan siang, dan makan malam bergaya tradisional Jepang. Sup miso berisi kombinasi pasta miso dan kaldu dashi.

Taiyaki

Taiyaki atau kue ikan adalah kue khas Jepang berbentuk ikan dengan isian cokelat, vla, keju, atau sosis. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah.

Dorayaki

Dorayaki merupakan makanan khas Jepang yang populer berkat serial Doraemon.

Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang. Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah.

Mochi

Makanan Jepang yang tak kalah populer adalah mochi. Mochi adalah kue beras Jepang yang terbuat dari mochigome, beras ketan japonica berbiji pendek, gula, dan tepung jagung. Mochi memiliki rasa yang kenyal dan sering berisi kacang merah atau isian lainnya.

Oden

Selain sup miso, olahan berkuah lainnya yang tak kalah nikmat adalah oden. Makanan Jepang ini berisi sayuran, termasuk kue ikan olahan, kue beras mochi, telur rebus, lobak lobak, konjak ubi dan tahu. Isi sup direbus dalam kaldu ringan yang dibumbui dengan kecap dan dashi.

Dari semua makanan khas Jepang di atas, mana nih yang belum pernah Diazens coba?

Beri Komentar