5 Cara Membuat Bubble Drink Aneka Rasa, dari Pop Ice hingga Tea

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 9 Oktober 2020 22:46
5 Cara Membuat Bubble Drink Aneka Rasa, dari Pop Ice hingga Tea
Enak dan kenyal serta segar, tahu nggak sih kalau cara membuat bubble bisa dilakukan dengan tiga bahan aja.

Lagi hits di mana-mana, wajar kalau kamu kepo banget sama gimana cara membuat bubble drink yang segar nan kenyal itu. Sederhana banget kok, kamu bahkan bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Bubble tea adalah minuman yang berasal dari Taiwan, biasanya terdiri dari teh manis dengan susu ditambahkan bola-bola tapioka yang khas dan kenyal. Bola ini disebut dengan boba. Nggak dipungkiri, paduan keduanya emang segar banget kala dinikmati di cuaca panas.

Tapi kamu sering denger nggak sih kalau banyak kasus pasien lonjakan gula darah karena seringnya mengkonsumsi minuman ini? Yup, minuman bubble kayak begini nih punya kandungan gula yang tinggi. Selain bikin dompet menjerit, hati-hati dengan kesehatanmu lho!

Makanya, coba cara membuat bubble tea sendiri aja yuk di rumah. Selain hemat, kamu juga bisa menakar sendiri tingkat kemanisan bubble tea yang kamu konsumsi. Lagian kan kamu udah manis!

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Bublle Drink

Cara Membuat Bubble © Diadona

Bublle drink adalah sebutan untuk minuman berbagai rasa dan varian dengan tambahan bubble di dalamnya. Mulainya dari bubble tea, bubble brown, fresh milk bubble, dan masih banyak lainnya.

Kenalan sama cara membuat bubblenya dulu yuk!

Bahan yang diperlukan:

- 10 sdm tepung tapioka
- 2 sdm coklat bubuk/ nutrijel coklat/ pasta coklat
- 10 sdm gula aren
- Secukupnya air

Dikutip dari Ratih Absari, gini nih cara membuat bubble tea.

- Larutkan pasta coklat dengan air
- Masukkan tepung tapioka, coklat bubuk dan larutan pasta coklat dalam satu wadah
- Aduk sampai tercampur rata, air ditambahkan sedikit demi sedikit. Uleni, jangan ngoyo.
- Ambil adonan, bikin bulatan kecil-kecil. Biar nggak menempel satu sama lain, taburi dengan tepung tapioka. Biar nggak engket di tangan, basahi tangandengan air terlebih dahulu. Saat proses membentuk, adonan mungkin bakalan cepet kering. Tutup wadah adonan dengan lap lembab ya!
- Kalau udah selesai, rebus air dalam panci dan tunggu sampai mendidih. Masukkan bubble dan aduk biar nggak lengket kira-kira 20-30 menit.
- Tiriskan bubble menggunakan saringan. Trus cuci dengan air mengalir atau direndam sampa lendirnya hilang. Kalau udah selesai, bubble disimpan di kulkas tanpa dikasih air. Kalau mau disajikan, rendam dengan air hangat.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Bubble Tea

Cara Membuat Bubble © Diadona

Bubble tea juga nggak kalah enak kok. Cara membuat bubble tea cukup dengan menyeduh teh dan dicampurkan dengan bubble sebagai isian. Tambahkan dengan susu untuk cita rasa milk tea.

Cara Membuat Matcha Bubble Fresh Milk

Sama aja dengan cara membuat bubble di atas, kamu cuman perlu merebus green tea sampai mendidih trsu camprukan ke gula pasir, creamer, susu kentak manis dan aduk sampai seluruh bahan larut. Masukkan boba dan es balok dalam gelas, lalu tuangkan campuran thai green tea ke gelas.

Cara Membuat Es Bubble Aneka Rasa

Boba atau bubble juga enak banget kalau tersaji dalam minuman berikut ini.

Boba Brown Sugar

Yakni campuran antara susu, brown sugar, es batu dan juga boba. Rasa manis dari brown sugar cenderung kayak karamel, mantep banget saat bercampur dengan creamynya susu.

Cara Membuat Bubble Brown Sugar
- Tepung Tapioka - 135 gram
- Coklat bubuk - 1 sdm
- Brown Sugar - 50 gram
- Air - 150 ml

Sirup
- Air - 200 ml
- Brown Sugar - 300 gram

Susu cair full cream - 300 ml
Es batu - secukupnya

Langkah pembuatan:

- Campurkan air dan brown sugar dan masak sampai gula larut. Tidak perlu sampai mendidih, segera matikan api.
- Dalam wadah terpisah, campur tepung tapioka dan coklat bubuk, aduk rata hingga tercampur rata.
- Rebus lagi air gula dengan api kecil, canpurkan dengan seperempat adonan tepung dan coklat, aduk rata. Masukan lagi seperempat, aduk rata. Kemudian, masukan sisa adonan tepung dan aduk hingga kalis dan bisa dibentuk. Matikan kompor.
- Letakkan adonan boba di datas meja yang udah ditaburi sedikit tepung tapioka. Uleni sampai kalis. Masih lengkeh? Taburi lagi dengan tepung tapioka.
- Gulung adonan sedikit memanjang, trus potong-potong jadi beberapa bagian. Ambil satu potongan, trus gulung lagi memanjang. Trus potong kecil sekitar 0.7 cm.
- Bulatkan potongan adonan tersebut. Taruh dalam wadah yang udah dilumuri tepung tapioka.
- Rebus boba selama 30 menit sampai mengapung, sambil sesekali diaduk supaya tidak lengket. Boba yang udah matang ditandai dengan mulai tampak lapisan bening di bagian luar boba.
- Matikan api trus diamkan selama 25 menit dan tutup pancinya. Kalau duah 25 menit, aduk adonan biar nggak lengket. Angkatm saring dan letakkan ke air es biar nggak lengket.

Membuat sirup dilakukan dengan merebus bahan sampai mendidih trus masukkan boba. Masak sampai air menyusut dan mengental. Sajikan dengan tambahan susu.

3 dari 3 halaman

Beri Komentar