5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia, Ada yang Doyan Anakan Burung!

Food | Sabtu, 4 Juli 2020 14:35
5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia, Ada yang Doyan Anakan Burung!

Reporter : Inasa All Islamiya

Bahkan ada juga yang gemar makan olahan ulat pohon loh.

Sebelum jadi negara kesatuan seperti sekarang, wilayah Indonesia terdiri dari berbagai kerajaan. Mungkin yang masih eksis familiar hingga kini adalah Kerathon Yogyakarta.

Sampai saat ini pun Kerathon Yogyakarta adalah Daerah Istimewa yang dipimpin oleh Raja atau Sultan. Tapi selain Yogyakarta, masih banyak daerah lain yang memiliki warisan kerajaan yang masih eksis.

Nah, tapi kamu pernah penasaran gak sih kira-kira makanan favorit para raja zaman dulu itu apa ya? Secara kan tren kuliner dulu mungkin gak semasif sekarang.

Kira-kira mereka suka makanan yang mewah atau gimana ya. Tenang deh, kali ini redaksi diadona mengumpulkan deretan makanan favorit Raja-Raja di Indonesia yang masih belum banyak diketahui.

Tapi kali ini, dipilih makanan favorit yang gak lazim atau bahkan agak aneh kalau sampai dikonsumsi sama Raja-Raja. Nah ini dia makanan favorit Raja-Raja di Indonesia :

2 dari 6 halaman

1. Semur Piyik, Kesultanan Yogyakarta

 5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia © inibaru.id

Nah makakan unik yang menjadi favorit raja yang pertama adalah semur piyik. Konon, semur piyik ini adalah makanan kesukaan Sri Sultan HB VII.

Semur piyik adalah memu makanan yang menggunakan anakan burung sebagai bahan utamanya. Jadi anakan burung yang sebelumnya sudah digoreng lalu dituang siraman kuah kecap kental.

Wahh unik ya, bukannya suka makanan mewah, tapi malah suka kuliner anakan burung.

3 dari 6 halaman

2. Kidu Kidu, Kerajaan Karo

 5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia © pinterest/Anastasiya
Lalu makanan favorit raja yang kedua adalah kidu-kidu. Kalau kidu-kidu ini gak hanya unik, tapi cenderung ekstream. Soalnya nih ya, kidu ini adalah makanan yang terbuat dari ulat pohon.

Nah tapi bukan ulat pohon pada umumnya sih, kidu-kidu biasanya menggunakan ulat enau yang bentuknya murip ulat sagu. Kidu-kidu diolah menggunakan bumbu arsik yang kaya akan rempah-rempah.

Katanya, kidu-kidu ini adalah masakan favorit raja-raja di Karo loh.

4 dari 6 halaman

3. Nasi Jemblung, Kesultanan Solo

 5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia © gooflife.id

Kemudian ada nasi jemblung yang ternyata adalah makanan kesukaan Paku Buwono X, yang katanya jadi raja termasyur dari Keraton Surakarta Hadiningrat.

Nasi jemblung ini bentuknya unik, karena nasi dicetak dengan bentuk seperti donat yang bagian tengahnya berlubang. Nah bagian tengahnya itu diisi dengan bistik lidah sapi yang kaya rempah-rempah.

5 dari 6 halaman

4. Naniura, Sumatera Utara

 5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia © genpo.co

Ikan mas adalah bahan utama pembuatan Nainura. Makanan yang lazim ditemui di sekitar danau toba ini dulu katanya adalah makanan yang disajikan pada raja-raja loh.

Nainura sendiri adalah olahan ikan mas yang sebelumnya direndam dalam air asam jungga. Kemudian disiran dengan bumbu yang terbuat dari gabungan 10 rempah, termasuk andaliman dan kecombrang.

6 dari 6 halaman

5. Coto Makassar, Kerajaan Gowa

 5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia5 Makanan Favorit Raja-Raja di Indonesia © bataritours.com

Makanan kesukaan raja yang terakhir adalah Coto Makassar. Gak nyangka kan kalau Coto Makassar ternyata adalah makanan kesukaan raja? Iya soalnya coto Makassar ini bahan utamanya adalah jeroan sapi.

Namun nyatanya, coto Makassar dulunya adalah sajian kuliner mewah yang lazim disediakan di lingkungan Kerajaan Gowa loh. Coto Makassar ini dikenal mewah karena harus menggunakan 40 jenis rempah.

Wahh sedapnya langsung kebayang. Nah itu dia deretan makanan Raja-Raja Indonesia yang cukup unik. Boleh tuh kalau lagi mampir coba nyicipin ya.

Join Diadona.id