5 Resep dan Cara Membuat Bakso Sapi yang kenyal dan Enak, Bisa Dibuat di Rumah nih!

Food | Senin, 18 Oktober 2021 13:00

Reporter : Arif Mashudi

Cara membuat bakso sapi ini mudah kok, bisa dipraktikkan di rumah untuk membuat menu makanan yang lebih variatif hehe~

Cara membuat bakso sapi yang kenyal dan enak ternyata bukan semata-mata milik mereka yang tiap hari membuat bakso loh, kamu bisa juga melakukan cara ini di rumah untuk menambah varian menu makanan. Ya kan lumayan biar masakan di rumah kamu biar nggak gitu-gitu aja. Selain itu kamu bisa membuat bakso sapi sesuai dengan selera kamu.

Jadi, cara membuat bakso sapi untuk dipraktikkan di rumah ini ternyata cukup mudah. Ya yang penting persiapkan semua bahan-bahannya dulu dan ikuti cara membuatnya di bawah ini hehe.

Diadona.id telah merangkum berbagai cara membuat bakso sapi ini dari berbagai sumber. Tentu saja semua ini lengkap dengan cara membuat kuahnya. Jadi kamu bisa langsung saja menyimak resep dan cara membuat bakso sapi di bawah ini, ya.

5 Resep dan Cara Membuat Bakso Sapi yang kenyal dan Enak, Bisa Dibuat di Rumah nih!
2 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakso Sapi Original dan Sederhana

Cara Membuat Bakso SapiCara Membuat Bakso Sapi © Shutterstock.com

Cara membuat bakso sapi yang pertama adalah untuk yang versi original atau sederhana. Dalam cara ini, kamu tidak membutuhkan bahan tambahan lain, cukup persiapkan bahan-bahan dasar di bawah ini.

Bahan-bahan:
-500 gram daging sapi tanpa lemak atau otot
-1 sendok makan bawang putih goreng, kemudian haluskan
-1 sendok makan bawang merah goreng, kemudian haluskan
-2 sendok teh garam
-1 sendok teh gula pasir
-1 sendok teh merica bubuk
-1 butir putih telur
-100 gram tepung tapioka atau sagu tani
-1/2 sendok teh peres baking -powder (opsional)
-150 gram es batu, lalu hancurkan

3 dari 8 halaman

Setelah menyiapkan berbagai bahannya, langsung saja simak cara membuat bakso sapi sederhana di bawah ini.

1. Cara membuat bakso sapi yang pertama adalah, potong daging kecil-kecil supaya lebih mudah dihaluskan. Kamu bisa menggunakan food processor untuk menggiling daging ini.

2. Kemudian, giling daging dengan menambahkan bawang putih goreng, bawang merah goreng dan sebagian es batu. Giling sampai daging halus dan lembut, warna daging setelah digiling masih tetap merah.

3. Masukkan garam secukupnya, kemudian giling daging kembali. Kali ini, harusnya daging akan terlihat lebih kesat dan kenyal.

4. Jika sudah demikian, kamu bisa mulai memasukkan gula pasir, merica bubuk, putih telur, tepung tapioka, dan baking powder. Lalu giling lagi daging sampai halus dengan menambahkan sisa es batu.

5. Sembari itu, kamu bisa mulai untuk memanaskan air di panci hingga mendidih dan matikan api.

6. Cara selanjutnya adalah bentuk bulatan bakso dan masukkan bakso ke dalam air panas dan lakukan hingga adonan habis.

7. Jika sudah, kamu bisa kembali menyalakan api sedang dan biarkan hingga bakso mengambang semua (jangan tutup panci)

8. Pastikan kamu merebus bakso hingga bakso terasa kenyal jika ditekan. Jika sudah matang, segera angkat bakso dan jangan merebusnya terlalu lama.

8. Tiriskan bakso, dan di sini bakso sapi sudah siap dinikmayi dengan kuah yang lezat serta bebagai menu bakso lainnya seperti tahu dan lain-lain.

9. Jika kamu ingin menyimpak bakso, kamu bisa memasukkan ke wadah makanan dan menutupnya dengan rapat dan kemudian simpan di freezer.

4 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakso Sapi Urat

Cara Membuat Bakso SapiCara Membuat Bakso Sapi © Pixabay/handikapinfo

Berikutnya, adalah cara membuat bakso sapi urat. Bakso sapi urat adalah bakso yang mempunyai tekstur kenyal dan ada sensai alot dari urat sapi yang enak banget.

Seperti biasa, cara membuat bakso sapi urat yang pertama adalah dengan menyiapkan berbagai bahan-bahan dasarnya di bawah ini.

Bahan-bahan:
- 500 gram daging sapi, digiling halus
- 300 gram urat sapi, gunting-gunting kasar
- 1 sdm bawang merah goreng
- 2 sdt bawang putih goreng
- 1/2 sdt baking powder
- 2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt lada bubuk
- 4 sdm tepung sagu
- 1 butir putih telur
- 120 gr es batu

Cara membuat bakso sapi urat:

1. Pertama-tama, campurkan daging sapi giling dengan bawang merah dan bawang putih. Giling kembali dengan food processor.

2. Tambahkan es batu pada adonan daging giling. lalu, giling lagi sampai tercampur rata.

3. Masukkan baking powder, garam, gula pasir, lada bubuk, dan tepung sagu. Giling sebentar.

4. Masukkan putih telur. Giling sampai semua bahan tercampur rata.

5. Setelah daging halus dan semua bahan sudah tercampur dengan rata, masukkan urat yang sudah dicincang tadi.

6. Panaskan air secukupnya, kemudian bulatkan adonan bakso dengan tangan atau dua buah sendok makan. Segera masukkan ke dalam rebusan.

7. Rebus bakso sampai padat dan mengapung. Jika sudah mengapung, rebus terus selama 5-10 menit lagi agar bagian dalamnya benar-benar matang.

5 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakso Sapi Keju Mozarella

Cara Membuat Bakso SapiCara Membuat Bakso Sapi © Shutterstock.com

Selanjutnya adalah cara membuat bakso sapi dengan isi keju. Kali ini keju yang digunakan adalah keju Mozarella hehe. Nggak usah lama-lama berikut ini adalah langkah-langkahnya

Sediakan bahan-bahan pokoknya:
- 500gr Daging sapi giling
- 75gr Tepung tapioka atau sagu
- 1 Putih telur
- Garam
- Lada
- 3 Siung bawang putih (iris dan goreng dan haluskan)
- 5 Siung bawang merah (iris dan goreng dan haluskan)
- Keju Mozarella potong dadu

Berikut adalah cara membuat bakso sapi dengan isian keju Mozarella:

1. Campur semua bahan bakso dan haluskan dengan food processor. Bila tidak memiliki food processor, gunakan chopper atau apa saja yang bisa menyatukan semua adonan.

2. Pastikan semua bahan tersebut tergiling dan tercampur dengan rata ya.

3. Sembari demikian, kamu bisa memasak air dengan api kecil ya.

4. Jika sudah, bentuk adonan bulat-bulat lalu pipihkan setiap bulatan, masukkan keju dan bulatkan kembali adonan. Lakukan sampai adonan habis.

5. Oh iya, adonan uang sudah bulat dan sudah ada isian kejunya langsung masukkan ke ke dalam air yang dimasak dengan api kecil tadi.

6. Jika bakso sudah mengapung, biarkan selama 5 menit dahulu biar matangnya sempurna hehe.

7. Sampai sini bakso sapi isi keju mozarella sudah bisa kamu nikmati dengan kaldu yang lezat serta makanan tambahan lainnya seperti bihun, tahu, somay, dan lain-lain.

6 dari 8 halaman

Cara Membuat Bakso Daging Sapi Tanpa Tepung

Cara Membuat Bakso SapiCara Membuat Bakso Sapi © Pixabay

Cara membuat bakso sapi ternyata juga bisa tanpa menggunakan tepung. Pastinya ini akan membuat daging sapinya semakin terasa dong. Yuk simak berbagai bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

- 1/2 kg daging sapi giling
- 3 putih telur
- 1 butir telur utuh
- 5 siung bawang putih, goreng dan haluskan
- 2 sdm bawang merah goreng dan haluskan
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt lada bubuk
- garam dan kaldu bubuk

Cara membuat bakso sapi tanpa tepung:

1. Semalam sebelum membuat bakso, bekukan daging dalam freezer.

2. Kemudian, sebelum membuat bakso, keluarkan daging dari dalam freezer dan biarkan setengah mencair.

3. Kocok lepas putih telur dan telur utuh jadi satu.

4. Cincang daging giling setengah beku.

5. Masukkan bawang putih, bawang goreng, kaldu bubuk, lada, dan garam serta baking powder dalam blender.

6. Tambahkan kocokan telur dan daging cincang. Pastikan, semua bahannya tercampur rata ya.

7. Lalu, bekukan kembali dalam freezer selama kurang lebih satu jam.

8. Panaskan air dalam panci dan kecilkan api kalau sudah mendidih.

9. Keluarkan adonan bakso dan buat bola-bola adonan bakso. Oh ya langsung masukkan ke dalam air yang sudah mendidih tadi ya.

10. Jika sudah mengapung, biarkan dulu selama kurang lebih 5 menit agar bakso matang secara merata.

11. Tiriskan bakso yang sudah matang dan bakso siap untuk dinikmati.

7 dari 8 halaman

Cara Membuat Kuah Kaldu Bakso Sapi yang Lezat

Cara Membuat Bakso SapiCara Membuat Bakso Sapi © Shutterstock.com

Kaldu bakso adalah hal tidak boleh terlewatkan dalam rangkaian cara membuat bakso sapi. Pasalnya, kadlu ini adalah bagian yang cukup penting dalam menentukan cita rasa sebuh bakso hehehe.

Nah, biar bakso sapi buatanmu lebih enak dan nikmat, berikut ini adalah cara membuat kaldu bakso sapi yang lezat istimewa. Yuk simak bahan-bahan serta cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan:
- 1.000 gram tulang sapi
- 5 liter air
- 5 tangkai seledri, ikat
- 4 batang daun bawang, ikat
- 10 siung bawang putih, goreng utuh, memarkan
- 3 sdm garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt penyedap rasa
- 50 gram bawang merah goreng

Cara membuat kuah kaldu bakso sapi:

1. Rebus tulang sapi di dalam air bersama seledri, dan daun bawang di atas api kecil sampai berkaldu. Saring.

2. Masukkan bawang putih goreng, garam, merica bubuk, gula pasir, dan penyedap rasa. Masak sampai mendidih.

3. Tambahkan bawang merah goreng yang sudah diremas-remas. Aduk rata. Jadi deh kuah baksonya.

Jadi, itu semua tadi adalah berbagai resep serta cara membuat bakso sapi yang enak dan kenyal. Tentu saja in ibisa kamu praktikkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Join Diadona.id