7 Makanan yang Tidak Akan Kedaluwarsa Jika Disimpan dengan Benar

Reporter : Galang
Senin, 21 Februari 2022 11:07
7 Makanan yang Tidak Akan Kedaluwarsa Jika Disimpan dengan Benar
Simpan makanan ini dengan benar, niscaya gak akan kedaluwarsa

Sangat umum ketika makanan memiliki masa simpan ideal atau kedaluwarsa, meskipun tidak semuanya. Ternyata ada pula makanan yang tak pernah kedaluwarsa, seperti garam dan madu.

Namun sebenarnya tidak semua produk makanan memiliki tanggal kedaluwarsa. Dilansir dari Times of India (16/2) beberapa makanan tidak mengenal istilah kedaluwarsa. Bahkan aman dikonsumsi meskipun sudah melewati masa kedaluwarsanya.

Meskipun tidak mengenal masa kedaluwarsa tetapi harus memperhatikan cara dan tempat penyimpanan yang baik. Kualitas makanan juga akan menurun jika tidak ditempatkan dalam wadah yang bersih.

Berikut 7 makanan yang tidak akan kedaluwarsa jika disimpan dengan benar:

1 dari 7 halaman

Garam

Ilustrasi Garam Laut Mati © Diadona

Garam adalah salah satu bahan pengawet alami, yang tidak pernah kedaluwarsa. Karena bersifat sebagai pengawet. Untuk menjaga kualitas garam agar tetap baik, maka simpanlah dalam wadah kering tertutup rapat dan tidak terkena matahari langsung.

2 dari 7 halaman

Madu

Ilustrasi Madu © Diadona

Madu disebut juga sebagai cairan emas karena kandungan nutrisi dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Cara terbaik menyimpan madu adalah dalam wadah tertutup rapat. Hal ini didukung madu yang mengandung sedikit air sehingga mikroba tidak cepat tumbuh.

3 dari 7 halaman

Kopi

Ilustrasi Kopi Bubuk © Diadona

Kopi instan aman dikonsumsi bahkan setelah melewati tanggal kedaluwarsa, ini karena kopi dibuat dengan mengeringkan campuran konsentrat kopi yang telah diseduh sebelumnya. Kopi instan diolah dengan cara dikeringkan menggunakan udara panas untuk mengubah cairan menjadi bubuk kopi yang halus.

4 dari 7 halaman

Kecap

Ilustrasi Kecap Manis © Diadona

Kecap yang dibuat secara alami tanpa tambahan zat kimia dan pengawet dapat disimpan hingga puluhan tahun. Cara paling tepat untuk menyimpan kecapa adalah dengan menempatkannya dalam suhu ruang dan tempat bersih.

5 dari 7 halaman

Gula

Ilustrasi Gula © Diadona

Gula putih dan gula merah dapat digunakan tanpa batas waktu jika disimpan dalam wadah kedap udara dan jauh dari cahaya serta suhu panas. Ketika gula disimpan dengan benar, gula tidak mengundang bakteri yang membuatnya membusuk dan rusak.

6 dari 7 halaman

Popcorn

Ilustrasi Popcorn © Diadona

Biji jagung popcorn juga termasuk makanan yang bisa dikatakan akan awet selamanya. Popcorn yang disimpan dalam wadah kedap udara, kering dan di suhu ruang akan bertahan hingga puluhan tahun.

7 dari 7 halaman

Cuka

Cuka putih yang disimpan dengan benar, tidak akan berubah seiring berjalanya waktu. Tetapi untuk jenis cuka lainnya seperti cuka anggur atau cuka sari apel dapat mengalami berubah warna. Perubahan ini tidak berdampak selain dari segi warna. Meskipun warnanya berubah, tapi cuka tetap aman digunakan.

Beri Komentar