9 Cara Membuat Pisang Goreng Aneka Kreasi, Mulai Kremes, Pasir dan Isian Coklat yang Lumer di Mulut

Food | Kamis, 21 Oktober 2021 14:27

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Di artikel ini kamu akan menemui cara membaut pisang goreng crispy, pasir, hingga pisang goreng isian coklat yang lumer banget

Meski terkesan mudah, namun kata kunci 'cara membuat pisang goreng' masih banyak dicari. Mungkin karena pisang goreng yang dibuat kerap tak berakhir sesuai dengan yang diinginkan.

Dalam cara membuat pisang goreng, bahan yang digunakan harus dalam komposisi yang pas. Selain itu tekniknya juga harus sesuai. Dan kini, pisang goreng telah diolah dengan berbagai kreativitas menghasilkan produk yang lebih bernilai jual tinggi meski diolah dari bahan murah meriah. Untuk kamu yang sedang mencari ide cemilan atau usaha makanan, Diadona menyajikan ragam resep dan cara membuat pisang goreng kekinian yang layak jual. Pantengin ya!

9 Cara Membuat Pisang Goreng Aneka Kreasi, Mulai Kremes, Pasir dan Isian Coklat yang Lumer di Mulut
2 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy

Cara Membuat Pisang Goreng CrispyCara Membuat Pisang Goreng Crispy © 2021 asianinspirations.com.au

Di antara jenis gorengan yang lain, pisang goreng merupakan camilan yang paling mudah dibuat. Bahannya mudah didapat serta bisa jadi penyelamat kala buah pisang sudah terlalu matang. Sayangnya, mendapatkan pisang goreng dengan hasil yang crispy tak semudah itu.

Bahan :

  • 1 sisir pisang kepok atau psiang lainnya sesuai selera
  • 1/sdt garam
  • 1/2 bungkus vanili bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 sdm tepung beras
  • 6 sdm tepung terigu
  • 200 ml air

Cara membuat:

  • Campur tepung terigu dan tepung beras, lalu masukkan air sedikti demi sedikit. Aduk sampai semuanya larut dan tidak bergerindil.
  • Tambahkan gula pasir, garam, vanili. Celupkan pisang ke adonan tepung, baluri hingga merata.
  • Goreng pisang di minyak panas dengan api kecil.

Tapi membuat pisang goreng pun ada tipsnya lho!

  • Pilih pisang yang cocok dengan kematangan yang sempurna
  • Belah pisag menjadi dua bagian agar tak terlalu tebal. Hasilnya adalah pisang goreng yang matang sampai dalam dengan tepung yang terbalut apik.
  • Tambahkan baking powder pada adonan basah. Tujuannya, untuk menghasilkan pisang goreng yang kriuk tahan lama.
  • Tambahkan sedikit campuran tepung beras ke tepung terigu. Terlalu banyak tepung beras bakalan membuat pisang goreng jadi keras.
  • Penambahan maizena dalam cara membuat pisang goreng menghasilkan pisang goreng yang renyah.
  • Susu dan santan memang bikin gurih, tapi ini nggak coock untuk pisang goreng.
  • Jaga kekentalan adonan tepung. Caranya, ambil sat sendok makan adonan lalu jatuhkan dari ketinggian. Bila adonan jatuh dengan lancar, maka kekentalannya cukup.
  • Goreng di minyak panas agar pisang goreng tak menyerap minyak berlebihan.
  • Saat sedang digoreng, tuang adonan di atas pisang agar lebih menempel. Ini bertujuan untuk membuat tekstur kulit pisang jadi renyah lebih lama.
3 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Kipas

Cara Membuat Pisang Goreng KipasCara Membuat Pisang Goreng Kipas © 2021 shutterstock.com/ Yogi Hadijaya

Disebut demikian karena cara membuat pisang goreng adalah dipotong sedemikian rupa sehingga membentuk lembaran kipas yang dibuka. Hasil ya adalah potongan pisang goreng yang tipis, lebar, kriuk dan gurih.

Bahan:

  • 13 buah pisang kepok, belah beberapa kali hingga membentuk lembaran kipas.

Bahan adonan kering:

  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt baking powder

Bahan adonan basah:

  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm mentega
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 butir telur
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  • Buat adonan basah terlebih dahulu dengan mencampur tepung terigu, tepung maizena, garam, vanili, baking powder, susu bubuk, mentega, gula pasir, dan telur.
  • Tuang air sedikit demi sedikit, aduk rata sampai mendapatkan kekentalan adonan yang pas. Lalu masukkan tepung terigu, tepung maizena, garam, vanili, dan baking powder ke dalam wadah untuk buat adonan kering
  • Celupkan pisang ke dalam adonan basah, kemudian gulingkan di dalam adonan kering sambil ditekan-tekan agar menempel merata.
  • Siapkan wajan di atas kompor, panaskan minyak dengan api sedang. Goreng pisang sampai matang kuning kecoklatan, angkat tiriskan. Pisang goreng kipas siap disajikan.
4 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Kremes

Cara Membuat Pisang Goreng KremesCara Membuat Pisang Goreng Kremes © 2021 instagram.com/kuehshaira/

Bukan cuman ayam goreng, kamu juga bisa menambahkan kremesan dalam cara membuat pisang goreng untuk cita rasa yang lebih gurih dan tekstur lebih kriuk.

Bahan:

  • 10 buah pisang kepok, belah 2 bagian
  • 125 gram tepung beras
  • 25 gram tepung sagu
  • 20 gram susu bubuk
  • 50 gram gula merah, sisir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 500 ml air
  • 1 butir kuning telur

Cara membuat:

  • Bikin adonannya dengan mencampurkan tepung beras, tepung sagu, susu bubuk, gula merah, garam, vanili, dan kuning telur.
  • Tuang air sedikit demi sedikit, aduk rata adonan sampai dengan kekentalan yang pas.
  • Panaskan minyak dengan api sedang hingga panas, goreng tepung secukupnya untuk membuat kremesan. Caranya, tuang adonan tinggi-tinggi ke wajan. Tunggu hingga setengah mengembang, sisihkan kremesan ke tepi wajan.
  • Celupkan pisang ke dalam adonan tepung lalu letakkan di atas kremesan yang setengah matang, lipat kremesan sampai menyelimuti pisang.
  • Kecilkan api, tunggu beberapa saat sampai pisang matang ddan kremesan kering, matikan api. Angkat tiriskan, pisang goreng kremes siap disajikan.
5 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Pasir

Cara Membuat Pisang Goreng PasirCara Membuat Pisang Goreng Pasir © 2021 instagram.com/susie.agung/

Bukan, bukan dengan penambahan pasir melainkan pisang goreng ini dibalut dengan tepung panir sehingga membuatnya terlihat seperti butiran pasir.

Bahan:

  • 10 buah pisang kepok, belah sebagian tidak sampai putus
  • 5 sdm terigu
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • sejumput garam
  • air secukupnya
  • tepung panir secukupnya

Cara membuat:

  • Campur terigu, tepung beras, vanili, gula pasir, dan garam.
  • Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil aduk rata adonan sampai dengan kekentalan yang pas.
  • Celupkan pisang ke dalam adonan, angkat, gulirkan ke tepung panir.Goreng di minyak panas dengan api sedang sampai matang dan berwarna kuning keemasan.
6 dari 10 halaman

Pisang Goreng Madu Wijen ala Willgoz

Cara Membuat Pisang Goreng Madu WijenCara Membuat Pisang Goreng Madu Wijen © 2021 Youtube.com/Willgoz Kitchen

Pisang yang sudah terlalu matang punya bentuk yang tak menarik. Tapi jangan dibuang ya karena justru pisang ini bisa jadi sajian yang lezat banget dengan cara membuat pisang goreng madu wijen ala Willgoz berikut. Pisang yang manis dan lembek di dalam namun kriuk dan legit manis di luar, cocok banget untuk camilan di kala senggang.

Bahan:

  • 7-9 buah pisang raja
  • 200 gram tepung terigu
  • 75 gram tepung beras
  • 1 sdt baking powder
  • 30 gram gula pasir
  • 3 sdt wijen
  • 1 tetes vanila ekstrak
  • 1 sdm madu
  • sejumput garam
  • 1 sdm santan instan
  • 200ml air

Bahan untuk campuran air dan madu:

  • 6 sdm madu
  • 10 sdm air
  • Sejumput garam

Cara membuatnya: 

  • Buat dulu campuran air dan madu dengan cara menuang madu yang sudah disediakan ke mangkuk, lalu tambahkan air dan garam.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  • Potong pisang dengan ukuran yang tidak terlalu tebal. Selanjutnya masukkan ke mangkuk yang berisi campuaran air dan madu dan diamkan selama 5 hingga 10 menit.
  • Tuang tepung terigu, tepung beras, gula, garam, baking powder, biji wijen, vanilla ekstrak, dan sedikit madu ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan santan dan air, aduk sampai merata. 
  • Selanjutnya masukkan pisang yang sudah direndam air madu ke dalam adonan tepung. Usahakan air madunya terpisah dari pisang. 
  • Panaskan minyak yang masih baru, lalu goreng pisang dengan menggunakan api sedang hingga setengah matang. 
  • Masukkan pisang setengah matang tersebut kembali ke dalam mangkuk campuran madu dan air, lalu goreng lagi hingga matang. 
7 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Keju

Ilustrasi Pisang Goreng KejuIlustrasi Pisang Goreng Keju © Cookpad.com/@Euis Tardiana

Menambahkan keju dalam sajian bisa bikin rasanya makin gurih nan creamy. Tapi bagaimana dengan pisang goreng keju? Tentu makin bikin nagih dong!

Bahan:

  • 10 buah pisang kepok matang
  • 200 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung beras
  • 2 sdm margarin
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt vanili
  • 1 cangkir air hangat
  • 100 gr keju cheddar parut
  • Susu kental manis sesuai selera

Cara Membuat Pisang Goreng Tabur Keju

  • Iris pisang sesuai selera kamu.
  • Campurkan tepung terigu dan tepung beras lalu masukkan margarin, gula, vanili, dan air hangat hingga merata.
  • Celup pisang ke adonan tepung lalu goreng di minyak panas, angkat setelah kuning keemasan
  • Taburkan keju cheddar dan susu kental manis di atas pisang goreng dan siap dinikmati
8 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Coklat

 

Cara Membuat Pisang Goreng CoklatCara Membuat Pisang Goreng Coklat © 2021 instagram.com/luis_widarto/

Pecinta coklat juga tak boleh ketinggalan menjajal resep satu ini. Di tengah-tengah gigitan pisang goreng bakalan ada coklat masak yang lumer banget di lidah. Manisnya pisang, legitnya coklat dan gurihnya tepung pisang berpadu tak terkalahkan. Wah, jadi ngiler nih!

Bahan :

  • 10 buah pisang yang matang
  • 100 gram coklat untuk masak
  • 100 gram tepung terigu
  • secukupnya air es
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk
  • secukupnya campuran tepung panir dan tepung-roti

Cara membuatnya :

  • Aduk rata tepung terigu, gula, garam, vanili dan air es secukupnya hingga jadi adonan kental seperti adonan pencelup pisang goreng
  • Belah pisang jadi dua dan jangan sampai putus. Lalu isi dengan potongan coklat leleh, tangkupkan kembali sambil agak di tekan sampai rapat.
  • Celup pisang ke adonan pencelup basah
  • Lalu gulingkan ke tepung panir dan tepung roti
  • Selanjutnya, goreng di minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan lalu siap disajikan.
9 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Isi Coklat dan Keju

Cara Membuat Pisang Goreng isi Coklat dan KejuCara Membuat Pisang Goreng isi Coklat dan Keju © 2021 instagram.com/mega_dingding/

Lalu gimana kalau keju dan coklat dikombinasikan? Dalam cara membuat pisang goreng berikut, pisang dibelash menjadi dua lalu diisi dengan keju, mesems dan juga coklat leleh. Biar ada sensasi crunchy, ditambahkan juga Selai Choco Crunch. Udah kebayang nikmatnya? Intip resep dari Mega Ding Ding ini yuk!

Bahan :

  • Pisang Kepok, belah tengah, agak dibuka sedikit utk meletakkan isian
  • Tepung roti utk pelapis

Bahan tepung/ celupan:

  • 100 gr terigu protein sedang
  • 3 sdm gula
  • Sejumput garam
  • Vanilli
  • 180 ml air

Isian

  • Selai Choco Crunch
  • Keju
  • Meses atau coklat masak

Cara membuat :

  • Celup pisang ke adonan, balur ke tepung roti, goreng di minyak yg sudah dipanaskan hingga kuning keemasan, tiriskan.
  • Sesudah agak dingin, beri isian sesuai selera.
10 dari 10 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Churros

Cara Membuat Pisang Goreng ChurrosCara Membuat Pisang Goreng Churros © 2021 instagram.com/martinpraja/

Ada lagi nih kreasi cara membuat pisang goreng yakni pisang goreng churros ala Chef Martin Praja. Unik banget karena pisang digoreng dengan adonan churros.

Bahan:

  • 4 sampai 5 buah pisang raja atau uli ditusuk-tusuk dengan tusukan sate
  • 150 gram tepung terigu
  • 200 mililiter air
  • 80 gram butter/margarin
  • 2 telur- 3 sendok makan gula
  • 1/2 sendok teh vanilla essence
  • 200 gram melted chocolate
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  • Panaskan air dengan api kecil, lalu larutkan gula dan butter/margarin ke dalamnya. Sambil diaduk masukkan vanilla essence
  • Masukkan tepung terigu, aduk sampai rata dan masak dengan api kecil. Aduk sampai adonannya jadi kalis
  • Saat adonan sudah kalis, angkat, tuangkan ke mangkuk atau tempat lainnya. Sisihkan sebentar agar adonan tidak terlalu panas.
  • Lalu masukkan telur satu per satu. Aduk lagi sampai rata, tapi jangan terlalu cair ya
  • Siapkan pisang yang sudah ditusuk lalu selimuti dengan adonan tadi, sampai tertutup semua.
  • Lalu arsir atau bentuk dengan menggunakan garpu. Lakukan sampai habis. Sisihkan
  • Panaskan minyak untuk menggoreng dan goreng pisang yang sudah diselimuti adonan churos tadi hingga warnanya berubah menjadi golden brown. Gunakan api kecil saat proses penggorengan
  • Setelah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian celupkan setengahnya ke dalam melted chocolate
Join Diadona.id