9 Cara Membuat Jamur Crispy yang Kriuk Tahan Lama beserta Tipsnya, Ternyata Simple Banget!

Food | Jumat, 15 Oktober 2021 11:14

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Meski menggunakan komposisi bahan yang pas, cara membuat jamur crispy tak boleh sembarangan karena bisa bikin jamur lembek dan berminyak.

Sering kali cara membuat jamur crispy yang tak benar membuat jamur jadi lembek setelah lama digoreng dan berbau langu. Selain itu, jamur juga bisa jadi berminyak dan tak menarik minta.

Jamur crispy adalah santapan yang nikmat sebagai lauk dan camilan. Rasanya renyah gurih, kontras dengan tekstur jamur di bagian dalam yang kenyal. Jamur juga merupakan bahan makanan dengan harga murah meriah. Meski begitu, nutris di dalamnya tak boleh diabaikan begitu saja.

Cara membuat jamur crispy sebenarnya bisa dilakukan dengan tepung bumbu serbaguna beragam merk yang bisa kamu temui dengan mudah di pasar. Namun siap atahu kamu ingin membuatnya dari tepung yang tersedia di dapur? Kepin resep dan cara membuatnya di artikel Diadona berikut ini ya!

9 Cara Membuat Jamur Crispy yang Kriuk Tahan Lama beserta Tipsnya, Ternyata Simple Banget!
2 dari 7 halaman

Cara Membuat Jamur Crispy ala Devina Hermawan

Cara Membuat Jamur CrispyCara Membuat Jamur Crispy © 2021 Youtube.com/ Devina Hermawan

Di kanal Youtubenya, chef Devina Hermawan membagikan resep dan cara membuat jamur crispy yang renyah nan garing lengkap dengan tipsnya. Nggak boleh kamu lewatin ya!

Bahan:

  • 300 gr jamur tiram

Adonan basah (bisa pakai tepung serbaguna):

  • ½ sdm bawang putih halus / garlic powder
  • ½ sdm bawang merah halus / onion powder
  • 5 sdm tepung terigu
  • 1 sdm maizena
  • 1 butir telur
  • 1 ½ sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt kaldu / penyedap
  • 50 ml air

Adonan kering:

  • 120 gr tepung terigu
  • 50 gr maizena
  • ½ sdm garlic powder
  • 1 sdt paprika powder, opsional
  • ½ sdt garam
  • ? sdt merica

Pelengkap:

  • Saus sambal

Langkah:

  • Taburkan sedikit garam ke dalam jamur, lalu remas-remas agar kandungan airnya hilang. Diamkan selama 5- 10 menit.
  • Bilas dengan air, lalu peras kembali sampai tidak ada lagi kandungan air. Peras satu arah bila menginginkan jamur crispy dengan bentuk lebih utuh.
  • Siapkan lap bersih, lebarkan jamur di atasnya, lalu tutup, tekan-tekan hingga jamur menjadi kering
  • Untuk adonan basah campur semua bahan menjadi satu, lalu tambahkan air dan telur, aduk rata. perhatikan konsistensinya agar tidak terlalu cair. Semakin kental adonan, maka tepungp pelapis akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya.
  • Untuk adonan kering, campur semua bahan menjadi satu, aduk rata
  • Masukkan jamur ke dalam adonan basah, lalu adonan kering, ulangi sampai jamur habis. Pastikan jamur terlapisi dengan baik.
  • Panaskan minyak, goreng jamur hingga kuning keemasan, lalu kecilkan api, goreng kembali sampai kering, angkat dan tiriskan
  • Sajikan jamur dengan saus sambal
3 dari 7 halaman

Cara Membuat Jamur Enoki Crispy

Cara Membuat Jamur CrispyCara Membuat Jamur Crispy © 2021 dapurkobe.com

Selain jamur tiram, jamur enoki juga cocok banget digoreng garing hingg acrispy loh! Bentuknya yang lebih tipis akan menghasilkan gorengan yang garing, namun rasa gurihnya dijamin ngak bakalan kalah.

Cara membuat jamur crispi dari jamur enoki membutuhkan kesabaran tingkat tinggi karena setiap helainya cenderung akan menempel satu sama lain. Tapi Benika's Delight bocorin salah resep dan cara membuat jamur kripsi dari jamur enoki andalannya nih, kepoin yuk!

Bahan

  • 100 gram jamur enoki
  •  minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan basah

  • 50 gram tepung terigu protein rendah (kunci)
  • 100 gram tepung beras
  • 10 gram tepung tapioka
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada hitam
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk (optional)
  • 90 ml air

Bahan kering

  • 100 gram tepung terigu protein rendah, merk Kunci Biru
  • 30 gram tepung tapioka
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica

Cara Membuat Jamur Enoki Crispy

  • Pertama cuci bersih dan potong jamur enoki. Suwir-suwir yah agar nggak menempel saat digoreng.
  • Campur kedua bahan kering dan basah trus aduk rata. Pada bahan basah, aduk sampai nggak ada gumpalan lagi dan cenderung cair.
  • Cara membuat jamur crispy selanjutnya yakni dengan memcelupkan jamur ke adonan basah, tiriskan sampai nggak ada yang menetes trus masukkan ke bahan kering. Lakukan secara hati-hati biar tepung nggak menggumpal.
  • Ketika semua jamur udah terlapisi tepung, panaskan minyak. Gunakan api sedang cenderung kecil trus masukkan jamur enoki.
  • Jangan menggoreng terlalu banyak ya biar jamur nggak terpisah dan tercerai berai, pun juga jangan diaduk terlalu keras. Kalau udah garing dan berwarna kuning keemasan,angkat jamur, tiriskan di tissue.
4 dari 7 halaman

Cara Membuat Jamur Crispy dengan Tepung Maizena

Cara Membuat Jamur CrispyCara Membuat Jamur Crispy © 2021 dapurkobe.com

Mengetikkan resep dan cara membuat jamur crispy di internet akan membuat kamu menemukan beragam kompoisis dan penggunaan tepung. Selain tepung terigu dan tepung tapioka, beberapa resep mungkin akan menyertakan tepung beras atau tepung maizena. Cobain aja yuk resep dari Rahayu Sartika berikut.

Bahan:

  • 250 gram jamur tiram

Bahan basah:

  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt kaldu jamur

Bahan kering

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung maizena
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 1 sdt garam
    Campur semua bahan jadi satu

Cara Membuat Jamur Crispy dengan Tepung Maizena

  • Langkah pertama adalah dengan membersihkan jamur dengan mencucinya sampai bersih trus peras agar airnya keluar.
  • Campur bahan kering, aduk rata. Lakukan hal yang sama pada bahan basah juga.
  • Selanjutnya, celupkan jamur ke bahan basah, trus masukkan ke tepung kering dan bolak-balikkan agar seluruh permukaan jamur tertutupi.
  • Bilas lagi dengan tepung kering sebelum masuk ke penggorengan. Goreng jamur di minyak panas dengan api sedang. Jangan dibolak-balik ya agar minyak nggak meresap ke jamur.
5 dari 7 halaman

Cara Membuat Jamur Crispy dengan Tepung Kanji dan Tepung Beras

Cara Membuat Jamur CrispyCara Membuat Jamur Crispy © 2021 Shutterstock.com/Ika Rahma H

Ada lagi nih versi cara membuat jamur crispy dari tepung kanji dan tepung beras yang duibagikan oleh chef Rudy Choirudin. Penasaran seperti apa?

Bahan 1:

  • 200 g tepung beras
  • 75 g sagu/kanji
  • 1 ½ sdm ketumbar bubur
  • ¼ sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 ½ sdt garam

Bahan 2 :

  • 400 g jamur tiram putih yang segar
  • 8 sdm air es
  • 500 ml minyak goreng

Cara Membuat Jamur Crispy dengan Tepung Kanji dan Tepung Beras

  • Awali dengan mencampur bahan 1 sampai rata
  • Pisahkan sebagian tepung kering sebanyak 5 sdm ke dalam bowl kemudian beri 8 sdm air es aduk rata.
  • Celupkan jamur ke dalam larutan tepung basah kemudian gulingkan ke tepung kering hingga rata.
  • Panaskan minyak dan goreng jamur ke dalam minyak panas hingga kekuningan dan mulai mengering.
  • Angkat lalu tiriskan dan siap disajikan.
6 dari 7 halaman

Cara Membuat Jamur Crispy dengan Satu Kali Celup

Cara Membuat Jamur CrispyCara Membuat Jamur Crispy © 2021 shutterstock.com/Kristanti

Kalau resep dan cara membaut jamur crispy umumnya menggunakan kombinasi bahan basah dan bahan kering, Diah Didi membagikan cara yang lebih singkat. Menurutnya, hasilnya sama aja kok, yakni tetap segar dan fresh.

Bahan :

  • 150 gram jamur tiram
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sendok teh garam (sesuai selera )

Bahan tepung pelapis :

  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 3 sdm tepung maizena
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk ( optional )
  • Garam secukupnya
  • 1/4 sdt merica bubuk

Cara Membuat Jamur Crispy dengan Satu Kali Celup

  • Haluskan bawang putih , aduk dengan garam dan sedikit air
  • Cuci jamur, suwir kecil2, lalu campur dengan bumbu, tiriskan.
  • Dalam keadaan basah segera baluri dengan bahan tepung pelapis, sambil di cubit2.
  • Goreng hingga matang dan renyah.
  • Sajikan dengan saus sesuai selera.

Di laman blognya, Diah Didi menulis kalau mencuci jamur tiram tak perlu sampai meremas-remasnya karena justru akan membuatnya jadi lebih berair. Cukup siram jamur di bawah kran atau air mengalir lalu kibaskan dengan tangan agar airnya berkurang.

7 dari 7 halaman

Komposisi dan penggunaan bahan dalam cara membuat jamur crispy memangpenting, namun pahami juga tips berikut agar jamur crispy buatanmu sesuai dengan yang kamu idamkan.

Cuci dengan Garam

Beberapa orang nggak suka nengolah jamur tiram karena khawatir dengan baunya yang langu. Sebagian memilih untuk merebusnya atau mencucinya sebentar dengan air panas. Namun ada cara lain yang lebih simple yakni dengan menambahkan garam dalam proses pencucian jamur untuk menghilangkan aroma tanah. Remas sedikit mengikuti serat agar jamur nggak hancur.

Tiriskan Jamur

Selesai dicuci, jamur tiram ditiriskan biar nggak mengandung air. Kalau perlu keringkan dengan lap bersih atau tissue dan remas sedikit. Dalam cara membuat jamur crispy, proses ini penting untuk menghasilkan gorengan yang renyah.

Komposisi Tepung yang Pas

Ada banyak resep dan cara membuat jamur krispi yang menampilkan komposisi tepung yang berbeda. Ada yang menggunakan tepung terigu secara utuh, ada yang ditambahkan tepung maizena atau tepung beras dalam perbandingan tertentu. Sebagian yang lian memilih untuk menggunakan tepung bumbu nstan

Yang juga tak kalah penting adalah konsistensi atau kekentalan bahan pencelupnya. Buat bahan pencelup yang nggak terlalu kental agar nggak bikin tepung menggumpal dan adonankriuk jaid terlalu tebal. Selain itu, adonan basah juga jangan terlalu encer.

Goreng dengan Minyak Banyak

Hasil gorengan dengan metode deep frying atau menggoreng hingga semua bagian tenggelam, bakalan bikin jamur lebih krispi dan matang merata.

Cara membuat jamur crispy ternyata gampang banget kan? Simple, murah dan bergizi. Cobain yuk!

Join Diadona.id