Aman Nggak sih Menyalakan Microwave dalam Keadaan Kosong?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 22 September 2020 15:20
Aman Nggak sih Menyalakan Microwave dalam Keadaan Kosong?
Meskipun ini adalah skenario yang jarang terjadi, hal ini sangat penting untuk kamu hindari!

Microwave atau oven adalah salah satu alat masak yang selalu ada dalam setiap dapur rumah tangga. Selain untuk membuat makanan yang dipanggang, microwave punya fungsi lain untuk menghangatkan makanan. Nggak heran kalau oven atau microwave adalah salah satu alat dapur favorit.

Namun pernah nggak sih kamu kelupaan memasukkan makanan yang hendak kamu oven, terus kamu langsung nyalaain oven dalam keadaan kosong? Ternyata, hal ini sangat berbahaya dan nggak boleh kamu lakukan, lho. Emang kenapa, ya? Yuk kita bahas.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Microwave © Diadona

Menyalakan oven atau microwave dalam keadaan kosong memang tidak direkomendasikan dalam dunia perkulineran. Melansir dari The Daily Meal, Gelombang yang dilepaskan oleh microwave membutuhkan media yang dituju, dalam hal ini, media tersebut adalah makanan itu sendiri.

Tanpa adanya makanan di sana yang bisa menyerap gelombang, gelombang microwave akan memantul satu sama lain dan sebagai gantinya adalah alat di sekitarnya yang akan memiliki dampak. Hal inilah yang bisa menyebabkan semua yang ada di dalam malah justru terbakar. Hal ini akan memungkinkan microwave justru rusak atau bahkan meledak. Tentu saja ini cukup berbahaya jika dilakukan di rumah, apa lagi ada anak kecil.

Ilustrasi Microwave © Diadona

Mengetahui dampaknya cukup berbahya, sangat disarankan kamu nggak teledor sampai lupa memasukkan makanan ke microwave dan menyalakannya. Lebih baik lagi hindarkan dari anak-anak agar tidak dimainkan oleh mereka.

Mungkin kamu melakukannya untuk memanaskannya sebelum digunakan? Boleh saja, asal tidak dalam suhu yang benar-benar panas dengan durasi waktu yang juga tidak terlalu lama.

2 dari 2 halaman

Hal Lain yang Nggak Boleh Kamu Lakukan kepada Microwave

Ilustrasi Microwave © Diadona

Selain menyalakannya dalam keadaan kosong, kamu sangat nggak disarankan untuk melakukan hal-hal seperti memasukkan wadah styrofoam ke dalamnya, menggunakan wada plastik, memanaskan cabai utuh, dan lain sebagainya.

Untuk selengkapnya kamu bisa baca di sini.

Semoga bermanfaat ya, moms.

Beri Komentar